Contoh Pidato Singkat Tentang Perpisahan

contoh pidato, pidato singkat, contoh pidato singkat, contoh pidato perpisahan

Contoh Pidato Singkat Tentang Perpisahan

Wawasan Edukasi – Pidato perpisahan biasanya dilakukan pada acara-acara resmi seperti kelulusan, pindah tugas, pensiun, dan beberapa acara lainnya.

Buat kamu yang sedang belajar membawakan pidato di muka umum, beberapa hal mengenai bagian-bagian pidato yang harus kamu ingat adalah, bagian pembuka, isi dan penutup.

Bagian Pendahuluan atau Pembuka
Pada bagian pendahuluan berisi tentang ucapan salam, pembukaan, ucapan penghantar ke dalam bagian isi pidato atau topik utama yang akan dibicarakan. Pada umumnya, sesi ini diawali atau berdasarkan pada pertanyaan apa dan mengapa,

Bagian Isi Pidato
Bagian isi pidato merupakan hal-hal yang menjadi topik pembahasan yang hendak disampaikan kepada pendengar. Isi pidato pada umumnya berupa penjelasan mengenai suatu hal, baik itu seruan (dakwah), pesan dan kesan, harapan, kritik dan saran, atau juga pembacaan laporan.

Ketika menyampaikan pidato, usahakan selalu menggunakan bahasa dan kalimat yang jelas, suara yang lantang sehingga pendengar yang berada di paling belakang dapat mendengar (bila tidak menggunakan pengeras suara)

Bagian Penutup
Bagian penutup biasanya berisi doa, atau kalimat yang mengisyaratkan bahwa pidato yang kamu bawakan akan berakhir.

Penutup pidato biasanya berupa kesimpulan, permintaan agar pendengar melakukan sesuatu, ucapan terima kasih, pujian kepada pendengar, permohonan maaf, ungkapan terkenal, atau bahkan pantun. Tentunya semua hal tersebut haruslah sesuai dengan isi, tujuan, serta situasi yang dihadapi dalam berpidato.

Dan berikut ini adalah beberapa contoh pidato singkat tentang perpisahan

 

Contoh pidato perpisahan yang disampaikan oleh siswa

Assalamualaikum wr. Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMP ini.

Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.

Juga untuk teman-teman semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama-sama selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman-teman, doa saya menyertai teman-teman semua… Amin.

Wassalam.

 

Contoh Pidato Perpisahan dengan Sedikit Pantun di dalam pidato

 Assalamu`alaikum wr.wb.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ
(Alhamdulillaahil malikil haqqul mubiin. Alladii habana bil imaani walyaqiin.Allohuma shali `ala sayidina Muhammadin, khotami anbiayai walmursaliin. Wa`ala alihi thoyibin. Waashabihi akhyari ajma`in. Waman tabi`ahum biihsani illa yaumidiin. `Ama ba`du)

Segala puji hanya milik Allah semata, Dialah yang memberikan kita nikmat iman dan islam. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad  SAW, Nabi Akhir zaman, dan begitu pula pada keluarganya yang baik, kepada para sahabat pilihan, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat.

Bapak Kepala Sekolah beserta bapak/ ibu guru yang saya hormati dan rekan-rekan sekalian yang saya cintai, semoga Allah berkenaan memberikan kalian semua limpahan berkah dan rahmat-Nya sehingga kita menjadi hamba-hambanya yang selalu taat. Perkenankan, pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan pidato perpisahan kelas 6 SDN 3 Karet.

Waktu berlalu begitu cepat, hingga tidak terasa kita sudah sampai lulus dari sekolah kita tercinta ini. Rasanya baru kemarin bagaimana Bapak dan Ibu mengajarkan kita bagaimana cara membaca dan menulis. Mereka begitu sabar dan tidak pernah mengeluh apabila kenakalan kita sudah melewati batas.

Tahun berganti, kami pindah kelas. dimulai dari kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6. Bapak dan ibu guru dengan penuh kasih sayang membimbing kami, mengajarkan kami ilmu dan etika kehidupan. Tak sedikit kami membuat bapak dan ibu jengkel, namun dengan penuh kesabaran bapak/ibu membimbing kami.

Bapak/ibu maafkan kami yang selama ini membuat bapak/ibu jengkel. Kini kami sadar, ternyata sungguh berat bapak/ibu menghadapi kenakalan kami. Dibalik senyum bapak/ibu guru, mungkin tersimpan kejengkelan. Namun kami percaya, kejengkelan itu hanyalah sementara, karena di lubuk hati yang paling dalam di hati bapak/ibu guru tersimpan keihlasan dalam mendidik kami.

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa

Bapak ibu guru yang saya hormati
Kini kami telah tiba di penghujung waktu. Saatnya untuk segera meninggalkan sekolah yang penuh kenangan ini. Selama enam tahun kami belajar di sekolah ini, sungguh banyak kenangan yang tak kan lupa. Tak ada kata yang bisa kami ucapkan, hanyalah ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas keikhlasan Bapak/Ibu guru mendidik kami selama enam tahun.

Tak lupa kami ucapkan permohonan maaf dari hati yang paling dalam atas kenakalan kami selama ini. Semoga bapak/ibu guru selalu diberkahi Allah SWT dan senantiasa diberi kesabaran dalam menghadapi murid-murid di sekolah. Semoga hasil jerih payah bapak ibu guru menjadi bekal kami dalam kehidupan selanjutnya. Kami akan pergi meninggalakn kenangan indah ini. Selamat tinggal, selamat berpisah. Semoga satu saat kita bertemu lagi.

Hari yang indah kan berlalu
Saat berpisah tibalah
Suka ria hidup bersama
Kenangan manis tak terlupakan

Selamat jalan selamat berjuang
sepanjang hayatku kan ku kenang
Kudo`akan kebahagiaan
Tuhan melimpahkan

Rupanya sekian yang dapat kami sampaikan. Atas segala kekurangan kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya.

Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

 

Contoh Pidato Singkat Tentang Perpisahan Guru yang Pensiun

contoh pidato perpisahan guru pensiun

Assalamu ’alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh

Yth. Bpk Kepala Sekolah, beserta Bpk dan Ibu Guru terutama Ibu …., juga kepada teman-temanku dari kelas I s.d. VI yang saya cintai dan sayangi.

Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Alloh subhanahu wa ta’ala yang senantiasa melimpahkah karunia dan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di hari yang cerah ini tanpa ada suatu aral apapun, untuk mengikuti upacara bendera.

Sebelumnya izinkanlah saya mewakili teman-teman semua menyampaikan salam perpisahan kepada ….

Sebentar lagi, kita akan berpisah dengan sosok yang telah menjadi teladan dan juga panutan kita dalam mendidik para peserta didik. Meskipun terasa berat untuk berpisah tapi, perpisahan pasti akan kita jumpai dalam setiap kehidupan kita. Banyak orang bilang, bila ada perjumpaan pasti akan ada perpisahan.

Meski berat hati ini, kami harus merelakan …… berpisah dengan kami karena sudah purna tugas.

Pada kesempatan yang tidak akan terlupakan ini, kami ingin mengucap terimakasih yang sebesar-besarnya kepada …. yang telah sudi dan senang hati membimbing kami menjadi orang yang lebih baik.

Semenjak dari pertama kami diterima di sekolah ini, tanpa tahu apa-apa, tidak mengetahui artinya sekolah, kemudian dengan sabarnya Ibu menanamkan benih harapan dan tujuan untuk menerangi langkah kami dalam menuntut ilmu. Serta dengan penuh kesabaran dan keteladanan ibu membimbing dan menuntun kami yang sangat lemah sehingga menjadi sekarang ini. Sekarang ini, kami pun masih berharap bimbingan dan nasehat dari Ibu.

Tak lupa kami memohon maaf sebesar-besarnya atas perbuatan-perbuatan kami yang kurang berkenan di hati Ibu, selama mengajar dan mendidik kami di SD/SMP/SMA …. Kami berharap setelah kepergian Ibu nanti, tidak serta merta melupakan kami dan sekolah yang tercinta ini.

Dan yang terakhir , kami mohon doa restu semoga setelah kepergian Ibu, kami dan sekolah ini semakin sukses dan jaya. Kami akan selalu merindukan sosok Ibu, merindukan nasehatnya, senyumnya, candanya, dan merindukan untuk dimarahi oleh Ibu, karena marahnya Ibu adalah nasehat bagi kami.

Demikian sepatah dua patah kata yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat banyak kekeliruan , saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu ’alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh.

 

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Perpisahan memang suatu moment yang mengharukan bagi siapa saja yang memiliki kenangan di dalamnya. Seperti pada perpisahan siswa kelas 6, rasa haru terkadang muncul ketika melihat tingkah polah mereka yang masih polos dan lugu.

Berikut ini adalah salah satu contoh pidato perpisahan kelas 6

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah. Yang kami hormati bapak ibu guru yang selalu membimbing kami. Yang kami hormati Bapak/Ibu/Walimurid yang berbahagia. dan tak lupa teman – teman seperjuangan yang tercinta.

Sebelum kita memulai acara ini marilah kita panjatkan Puji Syukur Kita Kepada Allah Swt. karena berkat limpahan rahmat serta taufik hidayah Nya kita dapat berkumpul disini dalam keadaan yang sehat bahagia tanpa mengalami suatu kekurangan apapun.

Tak lupa kita sholawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan kita nabi agung Rasulullah Saw. yang telah membawa rahmat bagi alam semesta dan kita tunggu syafaatnya pada hari akhir nanti.

Hadirin yang berbahagia,

6 tahun sudah kita berkumpul untuk melaksanankan kegiatan belajar berama, bercanda gurau dengan teman dan bermain bersama di sekolah kita ini, dan 6 tahun itu bukanlah waktu yang singkat. oleh sebab itu pasti sulit bagi kita untuk berpisah. Tapi berpisah yang saya maksud bukan berpisah selamanya melainkan sebuah perpisahan karena kita akan segera lulus dari Sekolah Dasar ini dan akan masuk ke Sekolah Menengah Pertama atau sederajatnya.

Semoga dengan lulusnya kita tidak membuat kita lupa dengan apa yang pernah kita alami disekolah, tidak lupa dengan guru yang mengajar dengan kasih sayang, teman – teman yang selalu menemani saat kita senang maupun duka. Jangan sampai perpisahan ini membuat kita memutus ikatan satu sama lain, karena kita masih bisa saling mengunjungi untuk menjalin tali hubungan silaturahmi.

Para Hadirin,

Banyak sekali Dosa yang pernah saya dan teman – teman lakukan terhadap bapak ibu guru yang membimbing kami. Seringkali karena kenakalan kami membuat bapak/Ibu Guru marah terhadap kami. Oleh karena itu kami sebagai murid meminta maaf yang sebesar – besarnya, dan mohon kepada bapak ibu guru agar bersedia memaafkan.

Bapak/Ibu kamilah anak yang selama 6 tahun engkau bimbing dengan cinta dengan kasih sayang, dan selalu kau berikan ilmu yang bermanfaat bagi kami untuk kebaikan kami. kami sangat berterima kasih kepadamu sebab tanpa adanya engkau apa jadinya aku ini.

Untuk adik-adik kelasku semoga kalian juga bisa memaafkan kesalahan kami. dan kami doa kan semoga kalian bisa menjadi murid yang pintar, patuh pada guru, pada orang tua. Jadilah anak yang dapat membanggakan guru, orang tua, dan semua yang kalian sayangi. dan jangan pernah membuat guru kalian marah jangan lupa untuk belajar yang rajin untuk meraih cita-cita yang kalian impikan.

Para Hadirin yang berbahagia,

Sudah saatnya kita mengakhiri pertemuan kita pada kali ini, semoga saja dapat menjadi pelajaran, hikmah bagi kita semua. Dan tak lupa saya mohon maaf apabila ada kata – kata saya yang kurang berkenan dihati anda. mohon dimaklumi. wabilahi taufik wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr. Wb,

 

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP

Assalamualaikum WR.WB

Yang terhormat Bapak ……… selaku kepala sekolah SMPN 1 ……….

Yang kami hormati bapak ibu guru serta tamu undangan
dan yang berbahagia, teman-teman kelas 9 yang saya sayangi

Puji syukur atas rahmat tuhan sehingga kita dapat berkumpul dalam acara “pelepasam siswa siswi kelas 9” periode 2018-2019.

sebelum nya saya akan menyampaikan terimakasih atas waktu yang diberikan kepada saya selaku perwakilan dari kelas 9.

Dalam acara ini , maaf yang sedalam dalamnya dan sebanyak banyak nya kepada bapak ibu guru atas segala perilaku yang kami perbuat secara sengaja ataupun tidak kami sengaja selama menjadi siswa di smp 1 kuningan ini.tidak hanya permintaan maaf, rasa terimakasih yang tak terhingga juga kami curahkan , atas segala ilmu dan perhatian yang diberikan untuk kami sehingga dapat menjadi sosok yang pandai, cerdas , seperti yang sekarang ini dan mudah mudahan ilmu tersebut dapat berguna dikemudian hari , Tak lupa untuk adik adik kelas sekalian kaka berpesan, ukiran indah yang telah kaka berikan ukirlah kembali, ukir lah menjadi yang lebih indah lagi dan apabila ukuiran ukiran yang kurang indah atau ukiran ukiran yang rusak buanglah , dan jadikanlah itu sebuah pelajaran.jangan lupa untuk adik adiku sekalian , torehkan sejarah terindah dan terbaik untuk smp yang kita sayangi ini.

sebuah kenangan indah di smp ini akan menjadi tinta permanen dalam kehidupan untuk kami akan menjadi sebuah pelajaran berharga, dan kami tak akan melupakan semua yang telah menjadi goresan dalam kehidupan ini .

hanya itulah yang dapat saya sampaikan saya selaku perwakilan kelas sembilan , sekali lagi memohon maaf yang sebesar besarnya serta apabila ada kekurangan saya harap mohon dimaklum.

 

WabillahiTaufik Walhidayah Wassalamualaikum Wr.Wb

Selengkapnya baca pada contoh pidato singkat semoga dapat membantu. Untuk acara keagamaan, silahkan baca pada contoh pidato agama

Loading...

Pencarian Populer

  • contoh pidato yang isinya ucapan terima kasih untuk guru dan sampai jumpai untuk adik kelas

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *