Contoh Pidato Narkotika Di Kalangan Remaja

Assalamualaikum, Wr.Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati, rekan rekan guru sekalian. Serta murid murid yang saya sayangi. Terima kasih yang besar karena memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato mengenai narkotika di kalangan remaja.


Murid murid yang saya sayangi,

Narkoba adalah istilah bahasa Indonesia untuk zat narkotika, psikotropika dan adiktif. zat psikotropika populer disebut Ecstasy dan Shabu-shabu dianggap favorit di kalangan pengguna kelas menengah dan atas. Namun, untuk peningkatan jumlah orang muda, obat pilihan adalah heroin kelas rendah, yang dikenal sebagai putaw, yang murah, banyak, tetapi berpotensi mematikan. Obat ini sudah tersedia di semua kota-kota besar, termasuk sekolah, lounge karaoke, bar, kafe, diskotik, klub malam, dan mereka bahkan menyebar ke desa-desa terpencil. Karena itu, tidak mengherankan bahwa pengguna narkoba terus meningkat dari tahun ke tahun.

Jutaan orang termasuk remaja telah menyia-nyiakan hidupnya karena obat terlarang ini. Remaja dengan kenakalan narkotika biasanya berasal dari keluarga broken home, atau berasal dari lingkungan yang kejam, ada juga akibat dari kebodohan dan rasa ingin mencoba yang besar. Diperkirakan bahwa sekitar 4 juta orang di Indonesia adalah sebagai pengguna narkoba, atau sekitar satu dari setiap 50 orang Indonesia adalah atau pernah mencicipi barang terlarang tersebut. Di ibukota Jakarta, diperkirakan 3 dari sepuluh orang anak muda adalah pengguna narkoba. Sebuah studi yang dilakukan oleh kantor (ILO) Organisasi Buruh Internasional di Indonesia menunjukkan bahwa sekitar empat persen pengguna narkoba di negeri ini adalah anak-anak di bawah 17 tahun. Dua dari sepuluh pengguna terlibat dalam perdagangan gelap. Beberapa remaja mulai terlibat dalam memproduksi obat-obatan dan yang memperdagangankannya antara usia 13 dan 15 tahun. Ketua Badan Koordinasi Narkotika Nasional mengatakan bahwa pengguna narkoba dan obat-obatan terlarang di negara ii berjumlah sekitar 7.000 siswa SMP, lebih dari 10.000 siswa SMU dan sekitar 800 siswa SD. Data yang begitu sangat memprihatinkan dan membuat kita cemas akan masa depan nanti, entah akan bagaimana kelak bila pengguna barang haram tersebut terus meningkat.

Masalahnya saat ini adalah penggunaan narkotika di kalangan remaja sudah sangat mengkhawatirkan. Dilaporkan bahwa sejumlah pedagang beroperasi di sekitar sekolah dengan menipu, memaksa atau memberi obat-obatan terlarang tersebut secara gratis kepada para siswa disekitar sekolah tersebut. Setelah siswa yang kecanduan, mereka kemudian pergi ke para pedagang untuk membeli obat-obatan terlarang. Jika mereka tidak punya uang, awalnya mereka terpaksa mencuri lalu terbiasa mencuri demi barang haram tersebut.

Nah, anak anakku yang kusayangi. Penting bagi kalian mengetahu apa dampak dari kecanduan narkotika ini. Awalnya ditandai dengan kompulsif, kadang-kadang tak terkendali, keinginan obat, mencari, dan menggunakan bertahan bahkan dalam menghadapi konsekuensi sangat negatif. Obat mencari menjadi kompulsif, sebagian besar sebagai akibat dari efek dari penggunaan narkoba yang berkepanjangan pada fungsi otak dan, dengan demikian, pada perilaku. Bagi banyak orang, kecanduan obat menjadi kronis, dengan kemungkinan kambuh bahkan setelah jangka waktu yang lama. Dengan mengetahui bagaimana seriusnya konsekuensi dari menggunakan Narkoba. Mudah-mudahan bisa menghindarkan kita dari jerat tersebut.

Marilah kita berlomba untuk menghindarkan diri kita dari jeratan barang haram tersebut dengan cara menjauhkan diri kita, keluarga dan lingkungan dari hal-hal yang akan memberi ruang dan jalan untuk masuknya barang haram tersebut.

Baca juga contoh pidato bahasa jawa

Sekian pidato dari saya, semoga membekas dan teringang di hati dan pikiran kita semua akan bahaya dari narkotika. Jika ada salah kata yang tidak saya sengaja, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum, Wr.Wb

Baca juga: Contoh pidato tentang narkoba

No comments for "Contoh Pidato Narkotika Di Kalangan Remaja"