10 Contoh Pidato tentang Narkoba

Contoh Pidato Tentang Narkoba – Narkoba memang momok bagi setiap pelajar. Khususnya para pelajar yang baru memasuki usia remaja.

Salah pergaulan sedikit, bisa berakibat fatal. Terlebih bila sudah terlanjur ketagihan mengkonsumsi narkoba. Oleh karena itu, mari kita semua bersama-sama menggalakkan aksi stop narkoba.

Berikut ini adalah beberapa contoh pidato yang dapat Anda gunakan dalam menghimbau peserta didik dan masyarakat untuk tidak menggunakan narkoba.

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmatnya sehingga kita dapat berkumpul disini, kemudian tidak lupa sholawat berserta salam tidak lupa kita haturkan kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang Narkoba.

Dikarenakan jumlah pengguna narkoba di Indonesia semakin bertambah dan lemahnya penegakan hukum di Indonesia menyebabkan rakyat dan para pemuda bangsa banyak yang kehilangan masa depan dan cita-cita mereka. Maka hari ini saya juga akan menyampaikan beberapa bahayanya dari penggunaan narkoba.

Sebelum itu, saya juga akan jelaskan apa itu narkoba, narkoba yaitu secara umum suatu jenis bahan obat-obatan yang bila digunakan secara berlebihan dapat menyebebkan kerusakan jaringan tubuh manusia. Selanjutnya bahaya dari narkoba itu sendiri adalah secara umum dapat merusak kesehatan tubuh,perubahan perilaku, kriminalitas dan tindakan yang tidak terpuji lainnya.

Selanjutnya, tujuan pidato ini adalah saya ingin semua para pemuda-pemudi Indonesia bisa bebas dari narkoba, dan manfaat dari pidato ini adalah agar kita lebih memahami tentang apa itu narkoba dan bahayanya jika kita mengkonsumsi.

Jadi kesimpulan dari pidato saya adalah Narkoba dapat menghancurkan masa depan penggunanya. Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang cintai, hanya itu yang bisa saya sampaikan, saya berharap di Indonesia tidak akan ada lagi pengguna dan pengedar narkoba. Apabila ada salah kata mohon maaf dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum.Wr.Wb.

Contoh Pidato tentang Narkoba di Kalangan Pelajar

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat Ibu Guru

Dan teman-teman yang saya banggakan

Partama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini, untuk melaksanakan Ujian Praktek Pidato Bahasa Indonesia. Pada pertemuan ini, saya akan membahas tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

Penyalahgunaan narkotika serta obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda seusia kita kini kian meningkat. Padahal kita semua tahu bahwa obat-obatan terlarang tersebut tidak baik, tetapi banyak anak muda atau teman-teman kita yang menjadi korbannya. Bahkan bukan hanya remaja saja melainkan orang tua juga. Hal seperti ini sangat memprihatinkan bukan? Sehingga bakat atau potensi yang kita miliki akan menjadi sia-sia karena diri kita sendiri memanfaatkannya secara tidak baik.

Sebenarnya apa yang di maksud narkoba itu sendiri? Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang. Dan ada juga nafza. Nafza adalah singkatan dari narkotika, alkohol, dan zat adiktif lainnya. Zat adiktif sendiri ialah obat-obat terlarang yang berbahaya dan mengakibatkan seseorang mempunyai rasa ketergantungan terhadap obat-obat tersebut. Narkotika dan Nafza. Kedua istilah ini sering digunakan untuk istilah yang sama, meskipun istilah nafza lebih luas keselurahannya. Penyalahgunaan Narkoba sangat merugikan bagi yang menggunakan, karena tidak hanya mengakibatkan kerusakan fisik namun juga menyebabkan kerusakan mental.

Ketergantungan obat dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mendorong seseorang untuk mengonsumsi obat-obat terlarang secara berkali-kali. Jika tidak melakukannya pengguna tersebut akan merasa ketagihan yang mengakibatkan perasaan tidak nyaman bahkan diserta dengan rasa sakit yang sangat pada tubuh pengguna.

Biasanya orang-orang melakukan penyalahgunaan narkoba untuk bersenang-senang atau melampiaskan amarah dan berusaha melarikan diri dari tekanan hidup maupun tekanan batin. Dari informasi yang saya dapat, penggunaan narkoba di kalangan pelajar begitu sangat mengkhawatirkan. Sejumlah pengedar beroperasi di sekitar sekolah dengan cara memaksa, menipu bahkan sampai memberi obat-obatan terlarang itu secara gratis.

Hati-hatilah jangan sampai kita terjerumus karena sekali terjebak maka sulit untuk keluar. Para pencandu narkoba ini pada umumnya berusia produktif atau usia pelajar. Awalnya, pelajar yang mengonsumsi narkoba diawali perkenalannya dengan rokok. Merokok saat ini pun sepertinya sudah menjadi hal biasa di kalangan pelajar. Dari kebiasaan buruk inilah, terkadang teman-teman kita yang merokok ini dapat melampiaskan amarahnya dengan cara menghabiskan satu pack rokok bahkan lebih dengan waktu yang singkat.

Beberapa dampak negatif penyalahgunaan narkoba adalah:

– Perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian,

– Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran,

– Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah,

– Sering menguap, mengantuk, dan malas,

– Tidak memedulikan kesehatan diri,

– Suka mencuri untuk membeli narkoba.

Lalu bagaimana cara mengatasinya apabila sudah terlanjur menjadi korban dari Narkoba? Usaha pencegahan terhadap narkoba di kalangan pelajar seusia kita, sudah sebaiknya menjadi tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua kita, guru-guru, serta masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba.

Tetapi yang lebih menentukan bagaimana kita nantinya adalah diri kita sendiri, karena kitalah yang memilih hidup kita. Orang lain mungkin hanya memberi saran atau kritikan jangan sampai kita menjadi korban dari narkoba. Tetapi apabila kita telah lepas kontrol diri jangan sampai sembarangan dalam memilih teman bergaul.

Teman-temanku yang saya banggakan. Para pengedar Narkoba sedang mengincar kita kapan saja dan dimana saja. Mereka akan melakukan berbagai cara agar kita dapat tergoda untuk mencobanya. Apabila dengan mencobanya maka lambat laun kita akan ketagihan.

Mereka, para pengedar narkoba tersebut, tidak akan mau tahu bagaimana kita nantinya dan tidak pernah peduli dengan kehidupan kita dimasa depan. Pastinya mereka sedang memburu kita dan bersiap-siap menghancurkan masa depan kita. Tidak ada pilihan lain kecuali kita tetap waspada dan mampu membawa diri untuk tidak terpancing oleh rayuan mereka. Sayangilah diri kita, kasihanilah masa depan kita dan orang yang melahirkan dan membesarkan kita yaitu orang tua.

Yang tidak kalah penting ialah, pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada diri kita masing-masing. Karena salah satu penyebab terjerumusnya kita ke dalam hal negatif ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang kita serap.

Sehingga pada kesempatan ini saya mengajak teman-teman untuk bersama-sama lebih aktif dan peduli terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba. Marilah kita pergunakan waktu yang positif bagi masadepan kita dan masa depan bangsa kita. Secara tegas pikiran, ucapan, hati dan perilaku kita mengatakan KATAKAN TIDAK PADA NARKOBA pada dunia bahwa kita sebagai pemuda generasi penerus bangsa yang terpelajar dan bebas dari narkoba tidak akan pernah sekali pun menyentuh narkoba apalagi memakai barang haram tersebut.

Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat tuturkata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih. Selamat pagi.

Contoh Pidato Singkat tentang Bahaya Narkoba Bagi Remaja

Assalamualaikum Wr. Wb.

Syukur Alhamdulilah semoga tetap kita haturkan kepada Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah SWT senantiasa memberikan kita nikmat yang tidak dapat kita hitung berapa jumlahnya. Sebagai hamba Allah, sudah kewajiban kita untuk selalu tunduk dan mengesakan Allah karena telah memberikan kita nikmat yang tiada tara jumlahnya.

Sholawat serta salam semoga terus tercurah kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita jalan kebenaran sebagaimana yang dikehendaki oleh Allah SWT.

Hadirin Hadirat yang saya mulyakan,

Ir. Soekarnya pernah berkata, “berikan kepadaku 1000 orang tua, aku akan sanggup memindahkan kutub utara dan keselatan, akan tetapi berikan kepada 10 pemuda aku akan sanggup mengubah wajah bangsa”.

Kira-kira begitulah kalimat yang diucapkan oleh Ir. Soekarno sewaktu berorasi mencoba membangkitkan semangat para pemuda waktu itu. Tujuannya adalah untuk kemerdekaan Negara kita tercinta ini.

Para proklamator kita, Soekarno dan Hatta, adalah orang-orang hebat yang menjauhi hal-hal negatif seperti memakai ganja, meminum alkohol, dan lainnya. Oleh karenanya, mereka memiliki pemikiran yang cemerlang sehingga bisa menyatukan seluruh pemudia yang ada di semua pulau sehingga akhirnya kemerdekaan kita peroleh seperti sekarang ini,

Kita, sebagai pemuda masa kini, atau orang bilang jaman Z, sudah seharusnya menjaga dan merawat kemerdekaan itu dengan hal-hal positif. Banyak cara dan banyak macam hal yang dapat kita lakukan selain menggunakan narkoba, sabu, miras dan lain-lain.

Sebagai seorang muslim, seharusnya kita sudah bahwa alkohol itu diharamkan. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Q.S. Al-Maidah ayat 90.

تُفْلِحُونَ لَعَلَّكُمْ فَاجْتَنِبُوهُ الشَّيْطَانِ عَمَلِ مِنْ رِجْسٌ وَالْأَزْلَامُ وَالْأَنْصَابُ وَالْمَيْسِرُ الْخَمْرُ إِنَّمَا آَمَنُوا الَّذِينَ أَيُّهَا يَا

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah [434], adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”

Hadirin Sebangsa Dan setanah air

Jika merujuk pada ayaat di atas, maka sudah jelas bahwa khamar itu diharamkan bagi kita umat islam.

Bila kita kaji lebih dalam, kalimat اِنّما dari segi balaghoh merupakan اداة القصر yang berfunggsi untuk menspesifikasikan. Hal ini menunjukan bahwa mengkonsumsi khamar betul-betul merupakan perbuatan yang paling jelek diantara perbuatan syetan.

Syitan oleh Allah SWT di naskan sebagai makhluk yang segala perbuatannya itu paling buruk. Ketika kita merujuk pada ayat di atas, maka sudah dapat dipastikan bahwa kita adalah orang yang lebih buruk perbuatannya dari syitan.

Mengapa Allah mengharamkan khamar bagi kita umat islam? karna khamar baik dalam bentuk serbuk, pil, maupun minuman merupakan psychotropic substance, mengandung zat-zat yang dapat merusak jiwa dan mental manusia yang mengkonsumsinya.

Jika kita mengkonsumsi khamar, berat badan akan terus menurun, selain itu, akal, dan mental kita juga akan ikut rusak bersamaan dengan khamar yang masuk ke dalam tubuh kita.

Seorang pemuda pecandu narkoba bukan memiliki mental pelopor, tetapi memiliki mental mental pengekor, kemana-mana maunya naik motor, padahal kerja cuma molor, disiplin hanya waktu dibagi honor.

Mental semacam inilah yang merupakan perbuatan atau amalan-amalan yang setiap hari dilakukan oleh syitan.Oleh karna itu ayat tersebut mengisyaratkan kepada kita untuk dapat menjauhi perbuatan syaitan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Lalu bagaimana kalau mengkonsumsi nya dalam jumlah yang sedikit yang tidak membuat mabuk ?? jawabannya adalah terdapat dalam hadits :

كل مسكرخمروكل مسكرحرام

Artinya : Setiap zat yang memabukkan itu kmar dan setiap zat yang memabukkan itu haram.(HR. Abdullah Ibnu Umar)

Hadirin Rahimakumullah
Masalah tentang penyalahgunaan narkoba pada dasarnya bukanlah hal yang baru bagi kita semua. Ini merupakan masalah lama yang sulit diatasi. Oleh karena itu, kita harus tetap mewaspadai sekecil apapun celah yang dapat merusak generasi muda kita.

Pada masa Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang bersumber dari Abu Hurairah. Bahwa ketika Rosulullah SAW pergi ke Madinah, di dapatnya kaumnya suka minum arak dan makan hasil judi, kemudian mereka bertanya kepada Rosulullah tentang hal itu, untuk memberikan jawaban atas pertanyaan itu, maka turunlah Surat Al-Baqarah ayat 219. Allah berfirman

يُنْفِقُونَ مَاذَا وَيَسْأَلُونَكَ نَفْعِهِمَا أَكْبَرُ مِنْ وَإِثْمُهُمَا لِلنَّاسِ وَمَنَافِعُ كَبِيرٌ إِثْمٌ فِيهِمَا قُلْ وَالْمَيْسِرِ الْخَمْرِ عَنِ يَسْأَلُونَكَ
تَتَفَكَّرُونَ لَعَلَّكُمْ الْآيَاتِ لَكُمُ اللَّهُ يُبَيِّنُ كَذَلِكَ الْعَفْوَ قُلِ

Artinya: mereka bertanya kepada-mu (Muhammad) tentang khomr dan judi. Katakanlah. “pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar dari pada manfaatnya” dan mereka bertanya kepadamu (tentang)apa yang (harus) mereka infakkan. Katakanlah, “kelebihan (dari apa yang diperlukan)”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu berfikir ”

Jama’ah Syarhil Qur’an Rohimakumullah

Ayat 219 Surat Al-Baqarah ini, menunjukkan bukti yang otentik bahwa sejak dulu hingga sekarang, minum-minuman keras, judi, dan penyalahgunaan narkoba kegemaran dan kebanggaan yang senantiasa menegakkan umat. Ketiganya nampak seperti bermanfaat, namun hakekatnya, aslinya sangat berbahaya dan terlaknat, karena tidak hanya mengandung unsur yang memabukkan, tetapi membuat pecandunya ketagihan kemudian lumpuh serta mati akal pikiran dan jiwanya. Sedangkan mabuk karena judi, membuat selalu penasaran, yang kemudian stress dan gila jiwanya. Lalu menjangkitlah penyakit “hubbuddunya wa karohhiyatul maut”. Cinta dunia dan takut dengan mati oleh karena itu Allah mengharamkannya.

Pendeknya, bentuk apapun narkoba itu, merupakan kumpulan dan gabungan racun dan bius pembunuh serta pembantai akal pikiran dan jiwa seluruh jenjang generasi, sejak generasi yang gagah berotot, sampai ke generasi kakek nenek yang sudah bongkok. Begitulah ganasnya narkoba itu sebagai penyakit masyarakat yang maha bahaya. Oleh karena itu, dalam rangka menanggulangi bahaya, maka harus memutuskan rantai peredaran penyalahgunaan narkoba. Mampu menegakkan hukum bagi para pengguna, pengedar, dan prosedur dengan se adil-adilnya tidak pandang bulu. Tak peduli dia rakyat atau pejabat, tak peduli mereka kuli atau polisi, berpangkat tinggi, pengamen atau bahkan presiden.

Hadirin rahimakumullah.
Pernah diungkapkan oleh salah satu lembaga bonafid Amerika”The National Institute of Drugs Abuse, melaporkan bahwa masyarakat Amerika merupakan draugs orientied society. Suatu masyarakat yang berorientsi pada narkotika, alcohol, psikotropika dan zat aditif yang dinamakan Napza sehingga satu dari enam pelajar Amerika tenggelam kedalam penyalah gunaan Napza. Fenomena tersebut kini telah menjadi epidemic bagi masyarakat Indonesia terutama bagi kalangan remaja dan pemuda, Prof.Dr.H.Dadang Hawari mengatakan, 68% masyarakat Indonesia terjerumus kedalam penyalah gunaan Napza tidak sedikit anak-anak pemuda kita terjerumus kedalam mabuk mabukkan, tenggak wishky, brendy, KTI, bird an lain sebagainya Tidak sedikit anak-anak muda kita terjerumus kepada budaya telan bk, nivam, megadon, cimeng, heroin, kokain, x tasi, sabu-sabu.

Bahkan tidak sedikit anak-anak muda kita yang mati diujung lidahnya hanya dua kata yang terucap : ganja, morfin, ganja, morfin. Merintih, memohan, memanggil ganja dan morfin sampai dia mati,tanpa iman. Naudzubillah hi min dzalik.

Lalu hadirin bagaimana generasi muda kalau sudah terjerumus dengan narkoba mau dibawa kemana bangsa kita saat ini? Padahal di negri tercinta ini sejak tahun 1908 masa Kebangkitan Nasional sampai menjelang detik-detik proklamasi dikumandangkan para pemuda pendahulu kita, mereka berjuang menjadi The Grand Old Man istilah bung karno, menjadi Stoot Geber, bahkan The Founding Father. Pendiri peggerak yang mampu merebut kemerdekaan, jika tanpa pemuda mustahil Republik ini merdeka. Demikian pengakuan Bung Karno yang diabadikan dalam sejarah bangsa

Sejarah tersebut mengajarkan kepada kita, saya, saudara-saudara generasi muda saat ini dan generasi generasi yang akan datang agar memiliki semangat juang yang tinggi serta tanggung jawab yang penuh terhadap kelangsungan Nusa Bangsa dan Agama yang kita anut. Sebab شبّان اليوم رجال الغد the young to day is leader tomorrow, pemuda hari ini adalah jago-jagonya pemimpin dimasa yang akan datang.

Hadirin sebangsa dan setanah air.
Dengan demikian mari kita bersama-sama menjaga keutuhan bangsa dengan cara meningkatkan ukhuwah basyariyah, ukhwah wathoniyah dan ukhuwah Islamiyah untuk mengantisipasi keharaman Napza, Miras dan Judi, Insya Allah negra kita menjadi Negara yang baldatun Toyyibatun warabbun Gofur mari kita hadirin semuanya bersama-sama bekerja sama baik aparatur pemerintah, masyarakat pemuda dan kiat sebagai pelajar untuk memberantas narkoba di bumi Indonesia tercinta ini khususnya di Banten yang berlandasan Iman dan Taqwa, demikianlah yang dapat kami sampaikan Trimakasih atas segala perhatianya, mohon maaf atas segala kekurangan.

Akhir kalam. Billahitaufik walhidayah warridho walinayah.
Wassalamualaikum.wr.wb

 

Contoh Pidato untuk Tugas Bahasa Indonesia tentang Bahaya Narkoba

Assalamu’alaikum Wr Wb

Salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat kepala sekolah

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru ….

Dan teman-teman yang saya cintai

Marilah kita senantiasa panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang tiada henti memberikan nikmat-Nya kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul disini dengan keadaan sehat walafiat.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan secara singkat mengenai bahaya narkoba bagi generasi penerus bangsa.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, dan bila belum mengetahui saya akan beritahukan. Narkoba adalah suatu istilah penyebutan untuk zat narkotika, psikotropika dan adiktif.

zat psikotropika populer disebut Ecstasy dan Sabu-sabu dianggap favorit di kalangan pengguna kelas menengah dan atas.

Namun, untuk peningkatan jumlah orang muda, obat pilihan adalah heroin kelas rendah, yang dikenal sebagai putaw, yang murah, banyak, tetapi berpotensi mematikan.

Semua jenis obat ini sudah tersedia di semua kota-kota besar, termasuk sekolah, lounge karaoke, bar, kafe, diskotik, klub malam, dan mereka bahkan menyebar ke desa-desa terpencil. Karena itu, tidak aneh bila setiap tahun pengguna narkoba terus meningkat dan akan semakin meningkat jumlahnya.

Dengan mengkonsumsi obat-obatan ini, berarti mereka telah menyia-nyiakan hidup mereka, masa muda mereka dengan hal-hal yang tidak berguna dan justru akan merusak dirinya sendiri.

Kebanyan alasan dari mereka yang memakai ini adalah karena lingkungan yang mereka anggap kejam, kondisi keluarga yang tidak harmonis, adanya perceraian dari kedua orang tua, dan ada juga yang sekedar ingin coba-coba.

Di Indonesia, diperkirakan kurang lebih 4 juta penduduk di Indonesia merupakan pengguna narkoba atau sekitar satu dari setiap 50 orang Indonesia adalah atau pernah mencicipi barang terlarang tersebut. Di ibukota Jakarta, diperkirakan 3 dari sepuluh orang anak muda adalah pengguna narkoba. Sebuah studi yang dilakukan oleh kantor (ILO) Organisasi Buruh Internasional di Indonesia menunjukkan bahwa sekitar empat persen pengguna narkoba di negeri ini adalah anak-anak di bawah 17 tahun. Dua dari sepuluh pengguna terlibat dalam perdagangan gelap.

Bahkan, beberapa diantara mereka mulai memproduksi sendiri obat-obatan terlarang ini. Mereka juga merekrut remaja-rema usia 13-15 untuk ikut memperdagangkannya.

Ketua Badan Koordinasi Narkotika Nasional mengatakan bahwa pengguna narkoba dan obat-obatan terlarang di negara ii berjumlah sekitar 7.000 siswa SMP, lebih dari 10.000 siswa SMU dan sekitar 800 siswa SD. Data yang begitu sangat memprihatinkan dan membuat kita cemas akan masa depan nanti, entah akan bagaimana kelak bila pengguna barang haram tersebut terus meningkat.

Orang biasanya menggunakan obat-obatan terlarang untuk bersenang-senang atau melarikan diri dari tekanan hidup. Pengguna narkoba di kalangan siswa sangat mengkhawatirkan. Dilaporkan bahwa sejumlah pedagang beroperasi di sekitar sekolah dengan menipu, memaksa atau memberi obat-obatan terlarang tersebut secara gratis kepada para siswa disekitar sekolah tersebut. Setelah siswa yang kecanduan, mereka kemudian pergi ke para pedagang untuk membeli obat-obatan terlarang. Jika mereka tidak punya uang, mereka mencurinya dari anggota keluarga mereka atau orang lain.

Fakta-fakta di atas menunjukkan kepada kita bagaimana akrab “Narkoba” dikalangan generasi muda kita. Hal yang harus kita ketahui sebagai pegangan kita agar terhindar dari bujuk rayu para mafia narkoba. Pertama kita harus tahu apa arti dari kecanduan obat? kecanduan obat adalah penyakit otak yang kompleks. Hal ini ditandai dengan kompulsif, kadang-kadang tak terkendali, keinginan obat, mencari, dan menggunakan bertahan bahkan dalam menghadapi konsekuensi sangat negatif. Obat mencari menjadi kompulsif, sebagian besar sebagai akibat dari efek dari penggunaan narkoba yang berkepanjangan pada fungsi otak dan, dengan demikian, pada perilaku. Bagi banyak orang, kecanduan obat menjadi kronis, dengan kemungkinan kambuh bahkan setelah jangka waktu yang lama. Dengan mengetahui bagaimana seriusnya konsekuensi dari menggunakan Narkoba. Mudah-mudahan bisa menghindarkan kita dari jerat tersebut.

Marilah kita berlomba untuk menghindarkan diri kita dari jeratan barang haram tersebut dengan cara menjauhkan diri kita, keluarga dan lingkungan dari hal-hal yang akan memberi ruang dan jalan untuk masuknya barang haram tersebut. Marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Pidato Presiden tentang Narkoba di Hari Anti Narkoba

Hari ini, kita masyarakat dunia, memperingati Hari Anti-Narkoba, hari di mana kita meneguhkan perlawanan terhadap kejahatan luar biasa yang masih menjadi tantangan negara-negara di dunia, termasuk kita di indonesia.

Di dalam negeri kita, jumlah pengguna terus meningkat. Tahun 2015 diperkirakan angka prevalensi penggunaan narkoba mencapai 5,1 juta orang. Dan angka kematian akibat penyalahgunaan narkoba, tadi Kepala BNN menyampaikan kepada saya, setiap hari 40 sampai 50 [orang] generasi muda kita mati karena narkoba.

Kerugian material diperkirakan kurang lebih Rp 63 triliun, yang menyangkut kerugian akibat belanja narkoba, kerugian akibat biaya pengobatan, kerugian akibat barang-barang yang dicuri, dan kerugian akibat biaya rehabilitasi dan biaya-biaya lainnya.

Dan lebih mengkhawatirkan lagi, kejahatan luar biasa ini sudah merengkuh berbagai lapisan masyarakat. Tadi sudah disampaikan Kepala BNN, anak di TK sudah ada yang terkena narkoba, anak di SD juga sudah ada yang terkena narkoba. Dan tidak hanya di desa, di kampung, tidak hanya di kota.

Tidak hanya orang dewasa, remaja, anak, bahkan yang tadi saya sampaikan yang di TK pun sudah terasuki narkoba. Tidak hanya orang biasa tapi juga ada aparat, ada pejabat yang ini seharusnya menjadi panutan, terkena narkoba.

Para pengedar narkoba terus bergerak dan menemukan cara-cara baru untuk mengelabui kita, mengelabui aparat hukum kita. Mereka sudah mulai memanfaatkan orang-orang yang tidak dicurigai, anak digunakan, wanita digunakan, dimanfaatkan untuk menjadi kurir narkoba dan adanya modus baru dalam penyelendupan narkoba ke dalam mainan anak dalam kaki palsu dan lain-lainnya.

Semua itu harus dihentikan, harus dilawan dan tidak bisa dibiarkan lagi. Kita tegaskan perang melawan narkoba di Indonesia.

Saya ingin ingatkan kepada kita semua, di kementerian, di lembaga di aparat-aparat hukum kita, terutama di Polri. Saya tegaskan sekali lagi kepada seluruh Kapolda, jajaran Polda, kepada jajaran Polres, Polsek, semuanya kejar mereka, tangkap mereka, hajar mereka, hantam mereka, kalau UU memperbolehkan dor mereka.

Ingat, bapak-ibu sekalian, 40 sampai 50 generasi muda kita mati karena narkoba. 5,1 juta. Untungnya UU tidak memperbolehkan itu, kalau memperbolehkan, akan saya perintahkan langsung Kapolri dan Kepala BNN.

Hadirin yang saya hormati, saya ingatkan semua harus bersinergi, pesanteran, universitas, kementerian, lembaga, kabupaten/kota, provinsi, semuanya.

Kita kadang-kadang hanyut dalam rutinitas harian kita, padahal kalau ini dibiarkan, ini bisa kemana-mana. Bisa memakan sendi-sendi kita berbangsa bernegara. Kalau sudah desa, sudah sampai kampung, sudah sampai TK, SD ini perlu kita ingatkan betul betapa sangat bahayanya narkoba itu.

Dan kata-kata sudah tidak diperlukan lagi, kita memerlukan tindakan-tindakan yang konkrit, tindakan-tindakan yang nyata.

Saya perlu ingatkan semua harus bersinergi mulai BNN, Polri, kementerian, lembaga, LSM, masyarakat, semua harus betul-betul melakukan langkah-langkah yang terpadu untuk melawan narkoba, langkah-langkah yang progresif yang mengalahkan kelicikan para pengedar narkoba. Dan tidak kalah penting semua harus menghilangkan ego masing-masing, ego sektoral.

Dengan kekuatan dan kecerdasan kita bersama sekali lagi, kita kejar, kita tangkap, kita hajar para pengedar narkoba, baik yang besar, sedang, kecil sampai kita kuatkan lagi jaringan sosial dan budaya yang bisa menjadi benteng mencegah menjamurnya narkoba.

Di manapun ada narkoba di Indonesia, saya perintahkan seluruh sumber daya pemerintah untuk hadir dan memberantasnya di lapas, di sekolah, di perbatasan, di bandara, di pelabuhan, kantor-kantor, instansi pemerintah, dimana pun, sekali lagi dimana pun ada narkoba kita harus berantas.

Negara kita, Indonesia, tidak boleh dijadikan lalu lintas peredaran dan perdagangan narkoba lagi. Apalagi menjadi tempat produksi barang-barang tersebut. Sekali lagi saya ingatkan saatnya kita melawan narkoba.

Terima kasih.



Itulah beberapa contoh pidato singkat tentang narkoba yang dapat Anda gunakan untuk mengingatkan generasi muda kita agar tidak terjerumus. Semoga pidato singkat ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

No comments for "10 Contoh Pidato tentang Narkoba "