Bacaan Doa Qunut Lengkap Disertai Arab, Latin dan Artinya

Doa Qunut - adalah doa yang pada dasarnya diucapkan pada waktu sholat subut setelah rukuk di rokaat ke dua.

Terkait doa qunut ini, terdapat perbedaan pendapat beberapa ulama. Ada yang mewajibkannya ada pula yang menganggap doa qunut adalah sunnah. Yang artinya boleh dilakukan boleh tidak.

Pada artikel ini, kita tidak akan membahas perbedaan tersebut. Kita akan membahas mengenai bacaan doa qunut, latin dan juga artinya.

qunut

 

Bacaan Doa Qunut


Bacaan Doa Qunut Latin

"Bismillaahirrahmaanirrahiim"
Allaahumahdinii fiiman hadait, 
Wa aafinii fiiman aafait, 
Watawallani fiimangtawallait, 
Wabaariklii fiimaa a' toit, 
Waqini birahmatika syaramaa qadhait, 
Fainnakataqdhi walayuqdha alaik, 
Wainnahu layadzillu mawwalait, 
Walaya izuman aadait, 
Tabarak tarabannaa wata aalait, 
Falakal hamdu alamaa qadhait, 
Astagfiruka wa atuubu ilaik, 
Washallalloohu ala sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ala aalihi washahbihi wasallam,
 

Arti Bacaan Doa Qunut

Ya allah semoga engkau memberikan petunjuk kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan petunjuk, Dan semoga engkau memberikan keselamatan kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan keselamatan, Dan semoga engkau memberikan pertolongan kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan pertolongan, Dan semoga engkau memberikan berkah kepadaku dari hay yang telah engkau tetapkan, Dan semoga engkau memeriksa kami dari rahmatmu dari keburukan yang telah engkau tetapkan, Dan sesungguhnya engkaulah yang maha menghukumi dan tidak ada yang bisa menghukummu, Dan sesungguhnya engkau tidak bisa hina, orang yang engkau sayang, Dengan tidak memulyakan orang yang di satru olehmu, Dan maha tinggi Allah maka tetap segala puji bagimu, Oleh hal yang sudah engkau hukum, Aku memohon pengampunan dan taubat kepadamu Dan semoga engkau menambahkan rahmatnya kepada muhammad yang menjadi nabi, Dan semua umat kanjeng nabi muhammad Dan para sahabatnya, Semoga allah menambahkan keselamatan. 

Macam-macam Doa Qunut

Qunut Nazilah

Nazilah, memiliki artian "petaka" atau musibah yang menimpa seseorang. Jadi bisa diartikan bahwa, qunut nazilah merupakan doa qunut untuk seseorang yang sedang mengalami musibah atau petaka.
 
Pada saat ini, kita sedang menghadapi wabah virus corona, maka sudah sepantasnya kita senantiasa melakukan doa qunut nazilah ini. 
 
Anda bisa membaca doa qunut nazilah ini dalam setiap waktu sholat Anda dan juga saat sholat witir. 
 

 Tata Cara Doa Qunut Nazilah 

Tata cara melakukan qunut nazilah bisa dilihat dalam hadits riwayat Ahmad, “Rasulullah SAW melaksanakan qunut nazilah selama sebulan secara berturut-turut di dalam Shalat Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya' dan Shubuh. Setiap kali usai mengucapkan: "Sami'allahu liman hamidah" Dari raka'at terakhir, mendo'akan kejelekan atas mereka, yaitu perkampungan Ri'il, Dzakwan dan 'Ushayyah dari Bani Sulaim. Sedangkan orang-orang dibelakangnya mengucapkan "Aamiin". (HR. Ahmad)

0 Response to "Bacaan Doa Qunut Lengkap Disertai Arab, Latin dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel