Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan komponen bagian dari administrasi pembelajaran yang sudah seharusnya dimiliki oleh guru sebagai pegangan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Pada umumnya, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rancangan kegiatan pembelajaran tatap muka untuk yang direncanakan pada satu pertemuan atau lebih.
Pengembangan RPP berdasarkan pada silabus yang bertujuan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesuai rencana dan pada akhirnya dapat mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Daftar Isi
Contoh RPP Matematika SD Kelas 1
Nah, berikut ini adalah beberapa contoh RPP untuk mata pelajaran Matematika Kelas 1 SD Semester 1 dan 2.
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/1
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Mempelajari makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
Memahami bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mempelajari makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
Peserta didik memahami bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
E. Materi Pembelajaran
Bilangan cacah
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi
G. Media Pembelajaran
Kertas bergambar angka dan benda
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
Guru menempelkan beberapa gambar angka 1 – 20
Menanya
Guru mengajak peserta didik untuk mengikutinya membaca angka-angka tersebut (diulang beberapa kali)
Mengeksplorasi
Guru meminta perserta didik secara bergantian membaca angka yang ada dipapan tulis tanpa panduan dari guru
Mengasosiasi
Guru kemudian menempelkan beberapa gambar yang didalamnya terdapat gambar benda dengan jumlah yang berbeda (Contoh : 10 topi)
Guru memberi tebakan pada peserta didik berapa jumlah benda yang ada digambar pertama dan seterusnya
Mengomunikasikan
Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 menit
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________ Guru
____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/1
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Memahami bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik memahami bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
Peserta didik mampu menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
E. Materi Pembelajaran
Menuliskan bilangan 1 sampai 20
F. Media Pembelajaran
Kertas berisi bentuk angka 1-20 dengan titik-titik
G. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
Guru membagikan kepada peserta didik kertas berisi bentuk angka 1-20 dengan titik-titik
Menanya
Guru meminta peserta didik menyambungkan titik-titik tersebut agar membentuk angka yang benar dan lengkap
Guru memberi waktu 20 menit
Mengeksplorasi
Setelah selesai, guru meminta peserta didik menyalin tulisan angka 1-20 di buku tulis masing-masing
Mengasosiasi
Guru mengajak peserta didik menyebutkan angka-angka yang sudah mereka tulis
Guru menghimbau peserta didik untuk mempraktikkannya kembali dirumah
Mengomunikasikan
Guru memberikan kesimpulan tentang apa saja yang telah dipelajari pada hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 menit
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________ Guru
____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/1
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
Peserta didik mampu mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
E. Materi Pembelajaran
Mengurutkan bilangan 1 sampai 20 dari terkecil sampai terbesar
F. Media Pembelajaran
Gambar angka 1-20
G. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
Guru menempelkan gambar angka 1-20 dipapan tulis
Menanya
Guru bertanya kepada peserta didik apakah sudah daapat membedakan angka-angka tersebut
Guru menguji kemampuan peserta didik membedakan angka-angka tersebut
Mengeksplorasi
Guru mengacak peletakan angka dipapan tulis
Guru meminta peserta didik secara bergantian maju kedepan dan mengurutkan angka dari yang terkecil sampai yang terbesar
Mengasosiasi
Guru mengajak peserta didik lain untuk mengoreksi pekerjaan perserta didik yang maju
Guru mengarahkan jawaban peserta didik sambil menjelaskan
Mengomunikasikan
Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________ Guru
____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/1
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
Peserta didik mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
Peserta didik mampu menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
E. Materi Pembelajaran
Penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 99
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi
G. Media Pembelajaran
• Gambar simbol +, -, dan = dipapan tulis
• Gambar benda
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
Guru menempelkan gambar simbol +, -, dan = dipapan tulis
Guru memperkenalkan arti penambahan dan pengurangan
Guru memperkenalkan simbol +, -, dan =
Menanya
Guru juga menempelkan beberapa gambar benda yang lain dipapan tulis
Mengeksplorasi
Guru bertanya pada peserta didik tentang penjumlahan dan pengurangan dengan melibatkan media yang ada dipapan tulis
Guru meminta peserta didik maju satu persatu untuk menjawab soal yang dia berikan
Mengasosiasi
Guru memberi motivassi peserta didik
Mengomunikasikan
Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________ Guru
____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/2
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mengenali pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
Peserta didik mampu memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
E. Materi Pembelajaran
Membilang banyak benda
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi
G. Media Pembelajaran
Gambar benda
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
Guru menempelkan gambar-gambar bermacam benda dipapan tulis
Guru meminta peserta didik memperhatikan dengan seksama
Menanya
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pemahaman mereka terkait jumlah benda
Mengeksplorasi
Guru meminta peserta didik untuk menghitung berapa gambar benda yang ada dipapan tulis
Guru membimbing peserta didik menhitung bersama-sama
Mengasosiasi
Setelah selesai, guru meminta peserta didik maju satu persatu ke depan kelas untuk menghitung gambar-gambar benda (guru mengacak dan memberi tebakan)
Mengomunikasikan
Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________ Guru
____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/2
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
Peserta didik mampu mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret
E. Materi Pembelajaran
Mengenal bangun ruang dan bangun datar
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi
G. Media Pembelajaran
Gambar bangun ruang dan bangun datar
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
Guru menempelkan contoh gambar bangun ruang dan bangun datar
Menanya
Guru bertanya kepada peserta didik apakah sudah pernah melihat benda-benda tersebut
Mengeksplorasi
Guru memperkenalkan kepada peserta didik bangun ruang dan bangun datar
Mengasosiasi
Guru juga meminta peserta didik untuk menjelaskan benda tersebut seperti apa
Guru meminta peserta didik mengelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan kemiripan
Mengomunikasikan
Guru menjelaskan dan memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________ Guru
____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/2
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
3.7 Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
4.7 Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
Peserta didik mampu menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan
E. Materi Pembelajaran
Mengenal bangun datar untuk membentuk pola pengubinan
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi
G. Media Pembelajaran
Gambar pola pengubinan segi empat
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati lantai kelasnya.
Guru meminta peserta didik mengamati bentuk dan jumlah ubin yang ada di kelasnya.
Guru meminta peserta didik mengamati area tempat duduknya.
Guru meminta peserta didik menghitung jumlah ubin di sekitar area tempat duduknya.
Menanya
Guru menjelaskan bahwa lantai ruang kelas ditutupi dengan ubin yang memiliki bentuk dan ukuran sama. Dengan demikian ketika disimpan bersebelahan, ubin tersebut dapat menutupi lantai tanpa celah
Guru membagi peserta didik menjadi empat kelompok. Setiap kelompok mendapat satu lembar tempat untuk pengubinan dan potongan bangun datar untuk melakukan pengubinan.
Kelompok satu bertugas melakukan pengubinan menggunakan bangun datar persegi, kelompok dua menggunakan bangun persegi panjang, kelompok tiga menggunakan lingkaran, dan kelompok empat menggunakan segitiga.
Mengeksplorasi
Peserta didik mengamati hasil pengubinannya. Apakah bangun datar yang dimilikinya dapat memenuhi semua permukaan tanpa celah.
Peserta didik membandingkan hasil kerja dengan kelompok lainnya.
Peserta didik diminta menyebutkan bangun datar mana saja yang bisa menutupi lahan yang diberikan secara penuh tanpa celah.
Mengasosiasi
Guru juga meminta peserta didik untuk berlatih melakukan pengubinan sesuai dengan latihan yang ada pada buku siswa
Mengomunikasikan
Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________ Guru
____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/2
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Mengenal panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
Menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik Mengenal panjang man berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
Peserta didik mampu menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
Peserta didik mampu melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret
E. Materi Pembelajaran
Pengukuran panjang dan berat
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi
G. Media Pembelajaran
Timbangan kecil
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
Guru memperkenalkan arti panjang dan berat pada peserta didik
Guru memperkenalkan alat ukur tidak baku dan baku dari pengukuran panjang
Menanya
Guru mengajak peserta didik mengukur panjang papan tulis dengan alat ukur tidak baku
Kemudian guru mengajak peserta didik mengukur panjang papan tulis dengan alat ukur baku
Mengeksplorasi
Guru memperkenalkan alat ukur berat, yaitu timbangan
Guru mengajak peserta didik mengukur berat penghapus papan tulis
Mengasosiasi
Guru memberikan motivasi dan penjelasan kepada peserta didik
Mengomunikasikan
Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________ Guru
____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/2
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
4.9 Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Mengenal panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mengenal panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
Peserta didik mampu membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
Peserta didik mampu mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu
E. Materi Pembelajaran
Mengenal panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi
G. Media Pembelajaran
Jam dinding
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
Guru membawa jam dinding dan menampilkannya didepan kelas
Guru memperkenalkan waktu pada peserta didik
Menanya
Guru bertanya kepada peserta didik siapa diantara mereka yang sudah dapat membaca waktu pada jam
Guru memperkenalkan arti jarum yang ada pada jam dinding
Mengeksplorasi
Guru menjelaskan dalam sehari semalam, jam berputar penuh sebanyak 2 kali
Guru menjelaskan cara membaca jam menggunakan waktu 24 jam
Mengasosiasi
Guru memberikan contoh soal kepada peserta didik
Guru mengarahkan jawaban peserta didik
Mengomunikasikan
Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________ Guru
____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
Rpp Matematika
Contoh RPP Matematika Kelas 1
Contoh RPP Matematika Kelas 2
Contoh RPP Matematika Kelas 3
Contoh RPP Matematika Kelas 4
Contoh RPP Matematika Kelas 5
Contoh RPP Matematika Kelas 6