Tips Cara Mencari dan Menentukan Judul Skripsi

cara membuat judul skripsi


Apakah yang dimaksud dengan judul skripsi?

Jika merujuk pada KBBI, "Judul" memiliki arti nama buku atau bab yang menyiratkan isi dari buku atau bab tersebut. 

Dalam suatu acara seminar, judul acara seringkali digunakan untuk menggambarkan apa saja isi pembahasan dalam seminar tersebut. 

Apabila dalam skripsi, berarti judul skripsi adalah suatu bahasan yang akan dijabarkan dalam penulisan skripsi tersebut. Jadi jika isi skripsi tidak sesuai dengan judul skripsinya, biasanya Anda akan diminta untuk merivisi. Revisi judul atau revisi skripsi ^_^.

Memilih dan menentukan judul skripsi berbeda dengan menentukan judul buku bacaan. 

Menentukan judul buku bacaan tidak serumit menentukan judul skripsi. Bagi kalian yang merupakan seorang peneliti, mungkin tidak akan terlalu kesulitan jika diminta untuk menentukan judul skripsi. Berbeda dengan peneliti pemula yang pasti masih merasa bingung dalam menentukan judul skripsi. 

Cara Menentukan Judul Skripsi

Bagaimana cara menentukan judul skripsi? Dalam menentukan judul skripsi, ada beberapa cara / langkah yang harus diperhatikan oleh calon peneliti pemula yaitu
  1. Masalah Penelitian
  2. Identifikasi masalah
  3. Batasan masalah
  4. Rumusan Masalah
  5. Judul Penelitian
Masalah penelitian adalah dasar dari seorang peneliti ketika hendak menentukan judul skripsi. Masalah merupakan munculnya kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang terjadi. Masalah dapat diartikan penyimpangan yang terjadi antara teori dengan praktek yang terjadi dilapangan (Sugiyono, 2009: 52).

Sebagai seorang peneliti pemula, kita dapat mencari sumber masalah dari beberapa referensi atau tempat berikut

  • Pengalaman Pribadi. Setiap orang pasti memiliki pengalamnnya masing-masing. Baik pengalamna secara personal, ataupun pengalaman dalam dunia akademik. Dari pengalaman atau kejadian-kejadian yang kita jumpai, kita dapat melakukan analisis mana permasalahan yang dapat dijadikan sebagai calon judul skripsi kita nanti.

  • Penelitian lanjutan. Sebagai peneliti pemula yang sudah memasuki tahap akhir kuliah yaitu menyusun skripsi, maka saran terbaik adalah sering-seringlah membaca skripsi yang terdahulu. Pada skripsi terdapat saran yang dituliskan oleh si penulis. Dari situ kalian akan memperoleh ide terkait masalah yang akan kalian jadikan fokus penelitian nanti.

  • Jurnal penelitian, laporan penelitian. sama halnya dengan poin di atas, dengan membaca jurnal penelitian, laporan penelitian, kalian akan memperoleh banyak masukkan yang diberikan penulis dalam jurnal dan laporan penelitiannya. Di situ, mereka akan memberikan saran bagi pembaca terkait apa yang harus disempurnakan dalam karyanya tersebut. Dari situ anda bisa mencari dan menentukan mana masalah yang cocok untuk anda ambil.

  • Forum ilmiah. Mengikuti forum dan kajian ilmiah merupakan cara terbaik dalam menemukan masalah. Dalam forum tentunya akan dihadiri oleh peneliti senior yang sudah berpengalaman dalam bidang penelitian. Manfaatkanlah waktu tersebut untuk bertanya terkait masalah apa yang cocok dijadikan fokus penelitian.

  • Observasi. Observasi atau pengamatan secara langsung juga dapat anda gunakana sebagai sarana mencari sumber masalah yang akan dijadikan fokus penelitian. Buatlah daftar inventaris ketika melakukan observasi terhadap permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat. 

  • Fenomena yang terjadi di lingkungan. Hal ini berkaitan dengan kegiatan melakukan observasi di atas. ketika kita melakukan observasi tentu kita akan menjumpai fenomena-fenomena yang selama ini belum kita ketahui. Baik dari dunia pendidikan maupun non kependidikan. Dari situ, bisa kita jadikan sebagai acuan dalam menentukan judul skripsi nanti.
Terkait masalah penelitian, selengkapnya dapat anda baca pada artikel pengertian masalah penelitian.

Setelah menemukan permasalahan yang akan dijadikan fokus penelitian diperoleh, langkah selanjutnya adalah menentukan rumusan masalahnya.

Apa itu rumusan masalah?




Selengkapnya baca pada artikel bentuk-bentuk rumusan masalah

Sebagai contoh 





 

No comments for "Tips Cara Mencari dan Menentukan Judul Skripsi"