Contoh Pidato tentang Pentingnya Moral Bagi Remaja

Assalamualaikum, Wr.Wb.

Bapak ibu guru yang saya hormati serta teman teman yang saya sayangi. Marilah kita bersyukur atas rahmat dan hidayah Allah SWT yang diberikan kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dengan sehat. Berdirinya saya di sini adalah untuk menyampaikan pidato mengenai pentingnya moral bagi remaja.

Baca : pembukaan pidato shalawat serta salam

Bapak ibu guru beserta teman-temanku sekalian.
 
Seperti yang kita ketahui pendidikan adalah bagian terpenting dalam  kehidupan kita. Pendidikan merupakan pondasi dalam segala pembangunan. Namun ada satu hal yang tidak kalah penting yakni moral. Moral adalah segala sikap yang diperbuat oleh seseorang terhadap orang lain baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Generasi muda saat ini perlu mendapatkan pendidikan moral agar terhindar dari kenakalan remaja. Dengan pondasi moral generasi muda akan lebih berakhlak mulia, jujur dan bertanggung jawab tinggi. Pendidikan moral merupakan salah satu modal bagi kita untuk memperbaiki kondisi bangsa ini. Kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi akan menjadi tiang dan pondasi keutuhan bangsa ini

Bapak ibu guru beserta teman teman sekalian.

Keterpurukan sebuah bangsa salah satunya disebabkan oleh rusaknya moral generasi muda. Banyaknya kenakalan remaja yang dibiarkan begitu saja membuat hal tersebut membesar menjadi kriminalitas baik dalam skala kecil maupun skala besar. Sedangkan fakta tentang runtuhnya etika kejujuran yang dikhawatirkan akan terus berlanjut, sudah menjadi berita yang tak asing lagi didengar, seperti : korupsi, penyuapan, hilangnya supremasi hukum, dsb

Hal ini bisa ditanggulangi dan dicegah dengan menerapkan pendidikan moral sedini mungkin terhadap generasi muda. Baik melalui keluarga, sekolah dan masyarakat. Perang orangtua dalam hal ini sangatlah utama karena madrasah pertama dan utama ada pada keluarga. Sedangkan peran sekolah adalah meneruskan pendidikan moral yang tertanam dalam keluarga sekaligus memperbaiki jika ada yang tidak baik dalam moral siswa.

Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita, terutama para orang tua dan pendidik, untuk memperhatikan pendidikan generasi masa depan bangsa. Tidak hanya pendidikan umum saja, tetapi yang lebih penting pendidikan moral dan pembinaan keimanan dan ketakwaan kepada Sang Pencipta agar generasi penerus bangsa berkepribadian luhur dan memiliki idealisme tinggi. Dengan demikian, kemajuan dan kesejahteraan bangsa diharapkan dapat segera terwujud.

Bapak ibu guru beserta teman-temanku sekalian.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar besarnya.

Wassalamualaikum, Wr.Wb

Baca juga: pidato tentang kenakalan remaja

No comments for "Contoh Pidato tentang Pentingnya Moral Bagi Remaja"