Contoh Pidato Agama Tentang Tolong Menolong Dalam Kebaikan


Contoh Ceramah Pidato Singkat - Sudah menjadi tugas kita sebagai umat islam untuk selalu tolong menolong dalam hal kebaikan.

Tolong menolong pada intinya adalah memberikan kebaikan kepada orang lain, baik berupa jasa, ilmu, harta dan juga tenaga. Pada intinya yang penting adalah keikhlasan dalam memberikan pertolongan.

Saat ini, banyak orang yang menilai bahwa menolong atau meminta tolong itu harus menggunakan uang. Padahal, sejatinya bukanlah demikian.

Sebagai manusia, kita ditakdirkan untuk selalu membutuhkan orang lain, dan itu adalah fitrahnya manusia. Jadi, pada intinya kita hidup di dunia ini tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan atau meminta bantuan orang lain. Pasti suatu waktu kita membutuhkan bantuan dari orang lain. Maka dari itu, janganlah pernah pelit memberikan bantuan kepada orang lain. Di sinilah letak urgensi manusia yang beriman.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan contoh pidato singkat tentang tolong menolong dalam hal kebaikan. Semoga ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.


Contoh Pidato Singkat Tolong Menolong Dalam Kebaikan

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَـالَمِيْنَ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَـا وَالدِّيْنِ وَالصَّـلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ سَـيِّدِ المُرْسَـلِيْنَ مُحَـمٍّد وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ . رَبِّ اشْـَرحْ لِي صَـدْرِيْ وَيَسِّرْلِي أَمْـِريْ وَاحْلُلْ عُقْـدَةً مِنْ لِسَـانِي يَفْقَـهُ قَـوْلِي ...أَمَّـا بَعْد : قـال الله تعـالى في كتـابه الكريم أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم  وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ

Yang terhormat.....
Yang terhormat....

Hadirin dan hadirat yang di muliakan Alloh

Segala puji hanya milik Alloh, yang telah mengutus seorang rasul dengan membawa petunjuk dan agama yang hak. Shalawat dan salam mudah-mudahan tetap dilimpahkan depada junjunan kita Nabi Muhammad SAW. dan keluarganya, para sahabatnya serta pengikutnya sampai hari kiamat.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia

Sebelum saya berpidato dihadapan saudara-saudara sekalian, terlebih dahulu marilah kita memanjatkan rasa syukur ke hadirat Alloh SWT. Yang telah memberikan nikmatnya kepada kita semua yakni nikmat iman, islam, kesehatan, sehingga pada kesempatan ini kita bisa berkumpul dan bersilaturrahmi di tempat yang berkah ini. Selanjutnya tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada pembawa acara  yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berpidato dihadapan saudara-saudara sekalian. Adapun tema yang akan saya sampaikan kali ini adalah “TOLONG MENOLONG DALAM KEBAIKAN”.

Saudara seiman dan seakidah

Sesungguhnya agama islam memerintahkan kepada umatnya untuk berlaku adil dan selalu berbuat kebajikan kepada siapa saja. Sebaliknya islam melarang kepada umatnya berbuat zalim dan aniaya terhadap orang lain. Agama islam mendidik kepada setiap orang yang beriman dengan ajakan mentaati perintah-perintah Alloh dan selalu menjalankan kebajikan. Diperintahkan kepada setiap orang islam untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan melarang tolong menolong dalam kemaksiatan dan kejahatan. Alloh SWT berfirman:

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ

Artinya : “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran”.

Ayat ini menjelaskan kepada kita bahwa Alloh memerintahkan kepada hambanya  yang beriman agar saling tolong menolong dalam hal positif, dan melarang segala bentuk tolong menolong dalam hal negatif, seperti permusuhan yang pada akhirnya mendatangkan dosa. Ibnu Jarir berkata: “ Yang dinamakan dosa adalah meninggalkan sesuatu yang diperintah Alloh. Sedangkan arti permusuhan adalah melampaui batas yang telah digariskan oleh Alloh dalam agama dan melampaui apa yang telah diwajibkan  Alloh atas setiap individu.

Hadirin yang berbahagia

Nabi SAW. bersabda:

عن ابي عبد الرحمن وزيد ابن خالدالجهيني رضي الله عنه قال : قال النبي صلي الله عليه وسلم مَنْ جَهَزَ غاِزيًا ِفي سَــِبيْلِ اللهِ فَقَدْ غَزاَ وَمَنْ خَلَفَ غَاِزيًا فِيْ اَهْلِهِ بِخَيْرٍ فَقَدْ غَزَا . رواه البخاري ومسلم

Artinya : Dari Abdurrohman Zaid bin Khalid Al-juhaini ra. Ia berkata, sesungguhnya Nabi bersabda : “barang siapa mempersiapkan sesuatu untuk berperang di jalan Alloh, maka sesungguhnya ia telah berperang di jalan Alloh, dan barang siapa yang menjagakan hak milik orang yang sedang berjuang dengan baik berarti ia telah ikut berjuang”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Segala sesuatu yang menjadi keperluan dan kepentingan perjuangan di jalan Alloh, maka melaksanakannya termasuk dalam perjuangan, sebagaimana perjuangan membutuhkan ketenangan rumah tangga dan keluarganya. Oleh sebab itu orang yang membantu menjaganya dengan baik mendapat pahala sebagaimana pahala perjuangan tersebut.

Demikianlah ungkapan ajakan kepada kebaikan dan ketaatan yang mana di dalamnya memuat ajakan kepada orang Islam untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan ketaatan kepada Alloh serta saling menasehati antar sesamanya dalam hal kebaikan yang pada akhirnya  dapat menjadikan istiqamah dalam menjalankan perintah Alloh.

Demikianlah uraian dari saya, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Ada kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركـاته

Baca juga contoh pidato tentang agama yang lainnya pada artikel Contoh Pidato Agama

No comments for "Contoh Pidato Agama Tentang Tolong Menolong Dalam Kebaikan"