Contoh Pidato Singkat Tentang Perpisahan

contoh pidato, pidato singkat, contoh pidato singkat, contoh pidato perpisahan

Wawasan Edukasi - Pidato perpisahan biasanya dilakukan pada acara-acara resmi seperti kelulusan, pindah tugas, pensiun, dan beberapa acara lainnya.

Buat kamu yang sedang belajar membawakan pidato di muka umum, beberapa hal mengenai bagian-bagian pidato yang harus kamu ingat adalah, bagian pembuka, isi dan penutup.

Bagian Pendahuluan atau Pembuka
Pada bagian pendahuluan berisi tentang ucapan salam, pembukaan, ucapan penghantar ke dalam bagian isi pidato atau topik utama yang akan dibicarakan. Pada umumnya, sesi ini diawali atau berdasarkan pada pertanyaan apa dan mengapa,

Bagian Isi Pidato
Bagian isi pidato merupakan hal-hal yang menjadi topik pembahasan yang hendak disampaikan kepada pendengar. Isi pidato pada umumnya berupa penjelasan mengenai suatu hal, baik itu seruan (dakwah), pesan dan kesan, harapan, kritik dan saran, atau juga pembacaan laporan.

Ketika menyampaikan pidato, usahakan selalu menggunakan bahasa dan kalimat yang jelas, suara yang lantang sehingga pendengar yang berada di paling belakang dapat mendengar (bila tidak menggunakan pengeras suara)

Bagian Penutup
Bagian penutup biasanya berisi doa, atau kalimat yang mengisyaratkan bahwa pidato yang kamu bawakan akan berakhir.

Penutup pidato biasanya berupa kesimpulan, permintaan agar pendengar melakukan sesuatu, ucapan terima kasih, pujian kepada pendengar, permohonan maaf, ungkapan terkenal, atau bahkan pantun. Tentunya semua hal tersebut haruslah sesuai dengan isi, tujuan, serta situasi yang dihadapi dalam berpidato.

Dan berikut ini adalah beberapa contoh pidato singkat tentang perpisahan

Contoh pidato perpisahan yang disampaikan oleh siswa
Assalamualaikum wr. Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMP ini.

Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.

Juga untuk teman-teman semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama-sama selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman-teman, doa saya menyertai teman-teman semua… Amin.

Wassalam.

Contoh Pidato Perpisahan dengan Sedikit Pantun di dalam pidato
 Assalamu`alaikum wr.wb.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ
(Alhamdulillaahil malikil haqqul mubiin. Alladii habana bil imaani walyaqiin.Allohuma shali `ala sayidina Muhammadin, khotami anbiayai walmursaliin. Wa`ala alihi thoyibin. Waashabihi akhyari ajma`in. Waman tabi`ahum biihsani illa yaumidiin. `Ama ba`du)

Segala puji hanya milik Allah semata, Dialah yang memberikan kita nikmat iman dan islam. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad  SAW, Nabi Akhir zaman, dan begitu pula pada keluarganya yang baik, kepada para sahabat pilihan, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat.

Bapak Kepala Sekolah beserta bapak/ ibu guru yang saya hormati dan rekan-rekan sekalian yang saya cintai, semoga Allah berkenaan memberikan kalian semua limpahan berkah dan rahmat-Nya sehingga kita menjadi hamba-hambanya yang selalu taat. Perkenankan, pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan pidato perpisahan kelas 6 SDN 3 Karet.

Waktu berlalu begitu cepat, hingga tidak terasa kita sudah sampai lulus dari sekolah kita tercinta ini. Rasanya baru kemarin bagaimana Bapak dan Ibu mengajarkan kita bagaimana cara membaca dan menulis. Mereka begitu sabar dan tidak pernah mengeluh apabila kenakalan kita sudah melewati batas.

Tahun berganti, kami pindah kelas. dimulai dari kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6. Bapak dan ibu guru dengan penuh kasih sayang membimbing kami, mengajarkan kami ilmu dan etika kehidupan. Tak sedikit kami membuat bapak dan ibu jengkel, namun dengan penuh kesabaran bapak/ibu membimbing kami.

Bapak/ibu maafkan kami yang selama ini membuat bapak/ibu jengkel. Kini kami sadar, ternyata sungguh berat bapak/ibu menghadapi kenakalan kami. Dibalik senyum bapak/ibu guru, mungkin tersimpan kejengkelan. Namun kami percaya, kejengkelan itu hanyalah sementara, karena di lubuk hati yang paling dalam di hati bapak/ibu guru tersimpan keihlasan dalam mendidik kami.

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa

Bapak ibu guru yang saya hormati
Kini kami telah tiba di penghujung waktu. Saatnya untuk segera meninggalkan sekolah yang penuh kenangan ini. Selama enam tahun kami belajar di sekolah ini, sungguh banyak kenangan yang tak kan lupa. Tak ada kata yang bisa kami ucapkan, hanyalah ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas keikhlasan Bapak/Ibu guru mendidik kami selama enam tahun.

Tak lupa kami ucapkan permohonan maaf dari hati yang paling dalam atas kenakalan kami selama ini. Semoga bapak/ibu guru selalu diberkahi Allah SWT dan senantiasa diberi kesabaran dalam menghadapi murid-murid di sekolah. Semoga hasil jerih payah bapak ibu guru menjadi bekal kami dalam kehidupan selanjutnya. Kami akan pergi meninggalakn kenangan indah ini. Selamat tinggal, selamat berpisah. Semoga satu saat kita bertemu lagi.

Hari yang indah kan berlalu
Saat berpisah tibalah
Suka ria hidup bersama
Kenangan manis tak terlupakan

Selamat jalan selamat berjuang
sepanjang hayatku kan ku kenang
Kudo`akan kebahagiaan
Tuhan melimpahkan

Rupanya sekian yang dapat kami sampaikan. Atas segala kekurangan kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya.

Wassalamu`alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Contoh Pidato Singkat Tentang Perpisahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel