Unpad Persiapkan Skenario Baru Menjelang New Normal

1 min read

Bandung –Menjelang penerapan dan penyelenggaraan new normal di universitas negeri maupun swasta, Universitas Padjadjaran (Unpad) tak ketinggalan untuk menyiapkan skenario pendidikan yang baru.  Ada tiga tahapan dalam penyelenggaraan new normal di wilayah kampus.

Rektor Unpad Rina Indiastuti mengatakan tahapan pertama masa disrupsi tanggap COVID-19 (Level C) dimulai dari Maret hingga Juli 2020.

“Pada tahap ini, Unpad menutup sebagian besar aktivitas di kampus dan mengganti metode pembelajaran dengan menggunakan daring,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (7/6/2020).

Jika masa pandemi ini berkurang dan berubah menjadi lebih baik lagi, maka akses kampus akan dibuka secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan. Tahap ini disebut dengan tatanan kampus (Level B) mulai Semester Ganjil 2020/2021. Laboratorium riset juga akan digunakan kembali. Selanjutnya untuk Pendidikan profesi dan pasca sarjana akan menerapkan metode pembelajaran kombinasi antara tatap muka dan daring.

“Pada level B kita melatih perubahan perilaku, perubahan cara, dan sikap produktif tetapi tetap aman dan sehat,” kata Rina.

Sementara itu pada tatanan kampus Level C, Universitas Padjadjaran (Unpad) akan membuka akses kampus sepenuhnya. Level ini diterapkan apabila terjadi kelonggaran dan penurunan dampak pandemi COVID-19. Civitas akademika kembali ke kampus dengan protokol kesehatan yang ketat dan perilaku normal baru. Layanan pendidikan tetap menggunakan metode kombinasi (tatap muka dan daring).

Disisi lain, Ketua Tim Satgas COVID-19 Unpad Setiawan menyampaikan tim satgas telah menyiapkan dua aplikasi. Pertama aplikasi pelatihan singkat (crash course) bersertifikat.

“Aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan ini rencananya akan menjadi sarana warga Unpad untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap COVID-19. Platformnya akan memanfaatkan aplikasi E-learning di Unpad. Kita ingin masyarakat kampus punya literasi yang baik,” kata Setiawan.

Menurutnya, aplikasi lain yang berguna untuk warga Unpad agar tetap aman dan sehat selama beraktivitas di kampus yaitu Amari. Melalui aplikasi ini pemantauan secara berkala terkait kondisi kesehatan dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan yang berkaitan dengan gejala COVID-19.

PPDB KABUPATEN JOMBANG SUDAH DIBUKA, BURUAN SIAPKAN DIRIMU!

Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Jombang sudah dibuka untuk umum. Pemerintah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana guna memperlancar kegiatan tersebut. Mulai dari sistem...
Ima Ruhma
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *