Sujud Tilawah

Last Update May 6, 2020

Pengertian Sujud Tilawah

Secara bahasa, tilawah berarti bacaan. Sedangkan menurut istilah, sujud tilawah adalah sujud yang dikerjakan pada saat membaca maupun mendengar ayat-ayat “sajdah” dalam Al Quran.

Sujud tilawah pada dasarnya adalah untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT sekaligus pengakuan bahwa sesungguhnya kita hanyalah hamba-Nya yang tidak memiliki daya apapun selain pertolongan dari Allah SWT.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Jika anak Adam membaca ayat sajadah, lalu dia bersujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis. Setan pun akan berkata-kata: “Celakalah aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya syurga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku enggan, sehingga aku pantas mendapatkan neraka”

HR. Muslim

Hukum melakukan sujud tilawah adalah sunnah, namun apabila dalam shalat jama’ah makmum wajib mengikuti imam. Artinya jika imam membaca ayat sajadah lalu bersujud, maka makmum wajib ikut sujud. Tetapi jika imam tidak sujud, maka makmumpun tidak boleh sujud sendirian.

Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Nabi SAW pernah membaca al-quran yang di dalamnya terdapat ayat sajadah. Kemudian ketika itu beliau bersujud, kami pun ikut bersujud bersamanya sampai-sampai diantara kami tidak mendapati tempat karena posisi dahinya”.

HR. Bukhari dan Muslim

Syarat dan Cara Sujud Tilawah

Syarat sujud tilawah adalah sebagai berikut:

  1. Suci dari hadas dan najis, baik badan, pakaian maupun tempat
  2. Menutup aurat
  3. Menghadap ke arah kiblat
  4. Setelah mendengar atau membaca ayat sajdah

Tatacara Sujud Tilawah di dalam Sholat maupun di luar Sholat

Sujud Tilawah saat dalam keadaan sholat

Jika shalat sendirian, caranya yaitu ketika mendengar atau membaca ayat sajda dalam shalat, maka niat dan mengucapkana takbir untuk sujud. Kemudian sujud sekali dan membaca doa sujud. Mengucapkan takbir saat bangun dari sujud, lalu berdiri tegak meneruskan bacaan ayat tersebut dan meneruskan shalat. Namun apabila sholat berjamaah, makmum wajib mengikuti gerakan imam. Artinya jika imam melakukan sujud tilawah, maka makmum juga mengikutinya. Akan tetapi jika imam tidak melakukan sujud tilawah, maka makmum juga tidak boleh melakukan sujud sendirian.

Ketika di luar shalat

Begitu selesai membaca atau mendengar ayat sajdah, maka langsung menghadap kiblat dan niat melakukan sujud tilawah. Bertakbir (takbiratul ihram) dengan mengangkat kedua tangan. Kemudian takbir untuk bersujud, lalu sujud dan membaca doa sujud, setelah itu bertakbir untuk duduk kemudian salam (seperti salam dalam sholat biasa).

Niat dan Doa Sujud Tilawah

Nawaitu Sujudat Tilawati lillahi ta’ala

Artinya: Saya berniat sujud tilawah hanya karena Allah SWT.

Doa yang disunnah untuk dibaca ketika melakukan sujud tilawah yaitu:

Sajada Wajhi Lilladzi Kholaqohu wa sowwarohu wa saqqo sam’ahu wa basorohu bihaulihi wa quwwatihi fatabarokallahu ahsanul kholiqin

Artinya: “Wajahku bersujud kepada Penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta”. HR. Tirmizi

Sebab-sebab Sujud Tilawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *