RPP Kelas 2 Bahasa Indonesia Semester 1 dan 2

14 min read

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan komponen bagian dari administrasi pembelajaran yang sudah seharusnya dimiliki oleh guru sebagai pegangan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Pada umumnya, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rancangan kegiatan pembelajaran tatap muka untuk yang direncanakan pada satu pertemuan atau lebih.
Pengembangan RPP berdasarkan pada silabus yang bertujuan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesuai rencana dan pada akhirnya dapat mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Nah, berikut ini adalah beberapa contoh RPP untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SD Semester 1 dan 2.

Daftar Isi :
1. Mengenal ungkapan, ajakan, perintah, dan penolakan
2. Keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
3. Mengenal lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya
4. Mengenal lingkungan sehat dan tidak sehat serta cara menjaga kesehatan lingkungan
5. Puisi
6. Mengenal ungkapan permintaan maaf dan tolong
7. Tulisan tegak bersambung
8. Dongeng binatang (fabel)
9. Kata sapaan
10. Penggunaan huruf kapital










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 2/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
 4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun


D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
 Peserta didik mampu menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

E. Materi Pembelajaran
Mengenal ungkapan, ajakan, perintah, dan penolakan

F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

G. Media Pembelajaran
Cerita pendek

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam
 Guru mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
 Guru memotivasi peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menampilkan cerita pendek dipapan tulis
 Guru meminta beberapa peserta didik membaca cerita secara bergantian
Menanya
 Guru bertanya pada peserta didik tentang inti cerita tersebut
 Guru kembali membacakan cerita dengan lebih jelas disertai penjelasan

Mengeksplorasi
 Guru meminta peserta didik mencari kalimat yang berisi ungkapan, ajakan, perintah, penolakan, dan menuliskannya dibuku masing-masing
 Setelah selesai, guru meminta peserta didik menyebutkan kalimat yang ditemukannya
 Guru memberikan penjelasan singkat dan mengajak peserta didik mengucapkan kalimat tersebut bersama-sama
Mengasosiasi
 Setelah selesai, guru menjelaskan bahwa yang mereka buat hari ini adalah salah satu bentuk karya imajinatif dua dan tiga dimensi
 Guru menjelaskan lebih rinci tentang karya imajinatif dua dan tiga dimensi pada peserta didik
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru mengajak peserta didik bersama-sama membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran dan berdoa bersama 10 menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah

____________________ Guru

____________________
NIP. ________________ NIP. _______________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 2/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
 4.2 Melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
 Melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
 Peserta didik mampu melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

E. Materi Pembelajaran
Keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya

F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

G. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam
 Guru mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
 Guru memotivasi peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru membawa beberapa benda ke dalam kelas
 Guru meminta peserta didik memperhatikan benda-benda yang dibawa guru.
Menanya
 Guru bertanya pada peserta didik siapa yang bisa memainkan alat music
 Guru bertanya apakah benda-benda tersebut berbeda? Dan dimana letak perbedaannya?
Mengeksplorasi
 Guru lalu meminta peserta didik mengeksplorasi benda-benda yang ada diruang kelas tersebut.
 Apakah benda-benda tersebut berbeda dan dimana letak perbedaannya.
Mengasosiasi
 Guru melihat hasil eksplorasi masing-masing peserta didik
 Guru memberikan penjelasan singkat
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran dan berdoa bersama 10 menit

H. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda

Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah


____________________ Guru


____________________
NIP. ________________ NIP. _______________



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 2/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
 4.3 Melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
 Melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
 Peserta didik mampu melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

E. Materi Pembelajaran
Mengenal lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya

F. Media Pembelajaran
Gambar air, bumi, matahari

G. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam
 Guru mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
 Guru memotivasi peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menempelkan gambar air, bumi, matahari dipapan tulis
 Guru meminta peserta didik memperhatikan gambar-gambat tersebut
Menanya
 Apa yang terjadi bila daerah kita kekurangan air? Sebaliknya, apa yang terjadi bila air terlalu berlebih?
 Guru bertanya pada peserta didik bagaimana bila gunung meletus? Apa yang akan mereka lakukan?
 Apa yang mereka ketahui tentang matahari?
 Saat panas, apa yang kita pakai? Apa guna topi dan payung bagi anak-anak tersebut?
Mengeksplorasi
 Guru meminta peserta didik menjawab pertanyaan tersebut dibuku tulis
Mengasosiasi
 Guru menjelaskan pada peserta didik bahwa yang mereka pelajari tadi adalah salah alam
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran dan berdoa bersama 10 Menit



I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah

____________________ Guru

____________________
NIP. ________________ NIP. _______________




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 2/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.4 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
 4.4 Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
 Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
 Peserta didik mampu menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual

E. Materi Pembelajaran
Mengenal lingkungan sehat dan tidak sehat serta cara menjaga kesehatan lingkungan

F. Media Pembelajaran
Gambar lingkungan sehat dan tidak sehat

G. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam
 Guru mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
 Guru memotivasi peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menampilkan dipapan tulis gambar lingkungan sehat dan tidak sehat
Menanya
 Guru bertanya pada peserta didik bagaimana perasaan mereka melihat 2 gambar tersebut, dimana mereka lebih suka tinggal, mana lingkungan yang membahayakan mereka, dan pertanyaan lain untuk mengeksplorasi pikiran peserta didik
Mengeksplorasi
 Guru kemudian bertanya bagaimana cara menjaga lingkungan agar tetap sehat, dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu
 Guru bertanya hal sederhana apa yang dapat mereka lakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat
Mengasosiasi
 Guur memberikan penjelasan tentang lingkungan sehat dan tidak sehat
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran dan berdoa bersama 10 Menit


I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda

Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah

____________________ Guru

____________________
NIP. ________________ NIP. _______________



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 2/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.5 Mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan
 4.5 Membacakan teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan
 Membacakan teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri


D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan
 Peserta didik mampu membacakan teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri

E. Materi Pembelajaran
Puisi

F. Media Pembelajaran
Contoh puisi, lembar puisi belum sempurna

G. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam
 Guru mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
 Guru memotivasi peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menampilakn contoh puisi sederhana didepan kelas
 Guru meminta semua peserta didik memperhatikan deengan seksama
Menanya
 Guru bertanya siapa yang tahu apa itu puisi
 Guru menjelaskan secara sederhana apa itu puisi

Mengeksplorasi
 Guru memberikan lembaran puisi sederhana yang belum sempurna
 Guru meminta peserta didik untuk mengisi puisi tersebut sesuai dengan imajinasi dan perasaan mereka
Mengasosiasi
 Setelah selesai, guru meminta peserta didik membacakan puisi yang telah dilengkapinya didepan kelas
 Guru memberikan tugas membuat puisi tentang orang tua
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran dan berdoa bersama 10 Menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda

Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah

____________________ Guru

____________________
NIP. ________________ NIP. _______________



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 2/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia
 4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia
 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan


D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia
 Peserta didik berani menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan

E. Materi Pembelajaran
Mengenal ungkapan permintaan maaf dan tolong

F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

G. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam
 Guru mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
 Guru memotivasi peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru meminta peserta didik memperhatikan pelajaran dengan baik
Menanya
 Guru bertanya apa yang akan mereka lakukan jika melakukan kesalahan
 Guru bertanya apa yang akan mereka lakukan jika ingin meminta pertolongan
 Guru bertanya apa yang akan mereka lakukan jika telah mendapat pertolongan
 Bagaimana contoh ucapannya

Mengeksplorasi
 Guru meminta peserta didik untuk menuliskannya dibuku tulis
Mengasosiasi
 Guru menjelaskan pentingnya ucapan tolong, maaf, dan terima kasih
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran dan berdoa bersama 10 Menit

H. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda

Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah


____________________ Guru


____________________
NIP. ________________ NIP. _______________





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 2/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.7 Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
 4.7 Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
 Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
 Peserta didik mampu menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar

E. Materi Pembelajaran
Tulisan tegak bersambung

F. Media Pembelajaran
Lembar kertas bergaris dan teks sederhana

G. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam
 Guru mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
 Guru memotivasi peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru membagikan lembar kertas bergaris
 Guru meminta peserta didik menyiapkan pensil dan penghapus
Menanya
 Guru bertanya pada peserta didik siapa yang tahu apa itu huruf tegak bersambung
Mengeksplorasi
 Guru menampilkan teks sederhana dipapan tulis
 Guru memberikan contoh penulisan tegak bersambung
Mengasosiasi
 Guru meminta peserta didik menulis teks sederhana dipapan tulis dikertas yang telah dibagikan guru
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran dan berdoa bersama 10 menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda

Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah


____________________ Guru


____________________
NIP. ________________ NIP. _______________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 2/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
 4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri


D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
 Peserta didik mampu menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri

E. Materi Pembelajaran
Dongeng binatang (fabel)

F. Media Pembelajaran
Dongeng binatang (fabel)

G. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam
 Guru mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
 Guru memotivasi peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menyiapkan kelas
 Guru menampilkan cerita binatang (fabel) dipapan tulis
Menanya
 Guru bertanya pada peserta didik apa yang mereka ketahui tentang cerita binatang
 Guru meminta peserta didik menyebutkan contoh fabel
Mengeksplorasi
 Guru membaca cerita binatang dengan seksama
Mengasosiasi
 Guru mengajak peserta didik mencari makna tentang sikap hidup rukun
 Guru meminta peserta didik menuliskannya dibuku tulis
 Guru menjelaskan pada peserta didik pentingnya hidup rukun dengan teman
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran dan berdoa bersama 10 menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda

Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah

____________________ Guru

____________________
NIP. ________________ NIP. _______________




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 2/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.9 Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis
 4.9 Menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis
 Menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis
 Peserta didik mampu menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis


E. Materi Pembelajaran
Kata sapaan

F. Media Pembelajaran
Dongeng sederhana

G. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam
 Guru mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
 Guru memotivasi peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menampilkan dongeng sederhana dipapan tulis
Menanya
 Guru bertanya pada peserta didik siapa yang suka membaca dongeng
Mengeksplorasi
 Guru meminta peserta didik membaca dongeng yang ada dipapan tulis
 Guru lalu membacakan dan menjelaskan dongeng tersebut
Mengasosiasi
 Guru meminta peserta didik mencari kata sapaan dalam dongeng yang guru bacakan tadi
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran dan berdoa bersama 10 menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda

Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah

____________________ Guru

____________________
NIP. ________________ NIP. _______________







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 2/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.10 Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar
 4.10 Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar
 Menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar


D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan nama orang, nama agama) serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar
 Peserta didik mampu menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar

E. Materi Pembelajaran
Penggunaan huruf kapital

F. Media Pembelajaran
Gambar huruf A-Z (kapital dan kecil)

G. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam
 Guru mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti pelajaran
 Guru memotivasi peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menempelkan gambar huruf A-Z dengan bentuk kapital dan kecil
Menanya
 Guru meminta peserta didik memperhatikan

Mengeksplorasi
 Guru menampilkan kalimat sederhana dipapan tulis
 Guru meminta peserta didik menuliskan kalimat sederhana yang guru siapkan dibuku tulis dengan penulisan huruf kapital dan kecil yang benar
Mengasosiasi
 Guru menjelaskan tentang huruf kapital dan huruf kecil
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran dan berdoa bersama 10 menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda

Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah

____________________ Guru

____________________
NIP. ________________ NIP. _______________

SOAL IPA KELAS 5 TEMA 1

I. Pilihlah jawaban a, b, c, atau d dengan memberi tanda silang pada jawaban yang benar ! Karena … kelinci dapat meloncat dan bergerak...
Ima Ruhma
1 min read

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 6 TEMA 7

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar ! Perhatikan hal-hal pokok dalam naskah...
Ima Ruhma
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *