Rangkuman Materi Tema 1 Kelas 6 (IPA)

5 min read

MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TEMPAT HIDUPNYA

  1. Ciri ciri khusus beberapa jenis hewan

Hewan yang ada di sekitar kita beraneka ragam. Keanekaragaman hewan meliputi bentuk tubuh, jenis makanan, dan lingkungan tempat tinggalnya.

Apakah hewan yang tempat hidupnya di udara dengan di tanah kering memiliki bentuk penyesuaian diri yang sama? Tentu saja tidak. Hewan memiliki ciri-ciri khusus sesuai lingkungan tempat hidupnya. Mari kita pelajari bersama ciri khusus beberapa jenis hewan.

  1. Cicak memiliki kaki lengket dan autotomi

Mengapa cicak itu tidak jatuh saat merayap?

Cicak memiliki telapak kaki pelekat.Begitu pula dengan tokek. Telapak kaki memiliki
bantalan pelekat yang berfungsi untuk menggenggam permukaan benda ketika
memanjat. Sisik di bagian telapak kaki membentuk bantalan lebar yang dilengkapi
dengan rambut-rambut halus. Telapak kaki tersebut memiliki daya isap yang kuat sehingga cicak dapat menempel di permukaan dinding.

Cicak mampu memanjat permukaan yang tegak lurus, seperti dinding dan langit-langit rumah dengan kaki pelekatnya.Cicak mengangkat jari-jari kakinya dari arah depan untuk melepaskan telapak kakinya.

Selain memiliki kaki pelekat, cicak sendiri akan memutuskan ekornya untuk mengelabui musuhnya jika dalam keadaan terdesak. Walaupun ekor cicak putus, nanti akan dapat tumbuh kembali. Kemampuan cicak dalam memutuskan ekornya ini disebut dengan nama autotomi.

  • Kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi

Kelelawar adalah satu-satunya hewan menyusui yang dapat terbang. Kelelawar memiliki sayap yang terbentuk dari membran di samping tubuhnya. Membran ini menghubungkan jari-jari tangannya yang panjang hingga ke kaki belakang, bahkan ada yang sampai menutupi ekornya. Kelelawar mampu terbang hingga jarak 60 km dari tempat bertengger dengan sayap membrannya. Kebanyakan kelelawar membentuk kelompok besar di tempatnya bertengger.Kelelawar mencari makan pada malam hari.

Bagaimana cara kelelawar mencari makan di malam hari agar tidak menabrak benda saat terbang?

Kelelawar aktif di malam hari. Matanya sangat kecil dan tidak berkembang dengan baik. Namun, kelelawar memiliki telinga yang sangat sensitif dan berukuran cukup besar dibandingkan dengan ukuran kepalanya. Satu hal yang sangat unik dari telinga kelelawar adalah kemampuannya menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk mengetahui keadaan lingkungan sekitar disebut juga kemampuan ekolokasi.

Bagaimana kekelawar dapat melakukan ekolokasi?

Ini karena telinga kelelawar mampu menerima getaran ultrasonik dengan frekuensi lebih dari 20.000 Hz, yang dikeluarkan dari pangkal tenggorokannya.Apabila getaran ultrasonik ini menyentuh suatu benda, maka gema yang ditimbulkan akan diterima oleh telinganya. Gema ini memberikan informasi tentang benda yang ada di hadapannya. Itulah sebabnya kelelawar dapat terbang mencari makan di malam hari tanpa menabrak benda di hadapannya.

  • Unta memiliki punuk

Unta adalah hewan yang hidup di padang pasir. Tinggi badan unta dapat mencapai 3 m. Telinganya kecil, namun matanya memiliki bulu mata yang panjang. Ketika terjadi badai pasir, unta berlutut di atas bantalan lutut yang tebal, merapatkan telinganya, menutup mata, dan mengatupkan mulut rapat-rapat. Hal ini dilakukan agar unta tidak terlalu banyak menghirup pasir.

Sejak dulu, unta digunakan untuk membawa orang menyeberangi padang pasir. Unta dapat berjalan jauh tanpa makan dan minum. Unta memiliki punuk berisi lemak di punggung. Punuk adalah daging yang tumbuh di bagian tengkuk.Punuk tersebut juga digunakan sebagai cadangan cairan. Saat berada di tempat dengan makanan berlimpah, unta mengisi perutnya yang besar dengan rumput dan air.

Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada pula yang memiliki dua punuk. Unta berpunuk satu lebih langsing daripada unta berpunuk dua. Unta berpunuk satu hidup di Arab dan sebagian wilayah Afrika, sedangkan untuk unta berpunuk dua hidup di wilayah Asia Tengah.

  • Bebek memiliki selaput dikaki

Bebekhidup di tanah yang berlumpur. Selain itu, bebek juga mencari makan denganberenang di air tawar. Tahukah kamu mengapa bebek ddapat berenang dengan baik?Kaki bebek yang berselaput berfungsi untuk menapak di tanah berlumpuragar kakinya tidak tenggelam. Selain itu, kakinya yang berselaput digunakanuntuk mendayung sehingga bebek mampu berenang di air.

  • Ular memiliki organ pembau

Ular termasuk dalam kelompok hewanmelata. Ular memiliki tubuh panjang dan
bergerak dengan perutnya. Gerakan ular yangcepat disebabkan oleh sisik perut yangdipijakkan pada tempat yang tidak rata ataukasar.

Ular memiliki indra penciuman yangtajam. Ular tidak menggunakan hidung untuk
mencium bau mangsanya, tetapi menggunakan lidahnya. Ular memiliki organ pembau
yang khusus di langit-langit mulutnya yangdisebut organ Jacobson. Saat ular menjulurkanlidahnya, ia mengumpulkan partikel-partikelkimia dari udara. Partikel tersebut dihantarkan ke sel-sel saraf di organ Jacobson sehinggaular itu dapat merasakan bau mangsanya.

  • Burung hantu memiliki penglihatan dan pendengaran tajam

Burung hantu adalah burung pemangsayang berburu pada malam hari. Burung hantumemiliki pendengaran dan penglihatan yangtajam.Mata burung hantu besar dan berada didepan muka. Pupil matanya dapat menyerapseluruh cahaya di malam hari. Burung hantudapat melihat ke segala arah dengan jelas.Penglihatan matanya yang tajam sangat bergunauntuk menangkap mangsa pada malam hari.

Burung hantu memiliki bulu yang menjulangke atas di bagian kepala yang menyerupai dauntelinga. Bagian ini berguna untuk mengarahkansuara masuk ke telinganya.

Burung hantu dapat mengeluarkan suarayang dapat membuat binatang lain takut danakan membuat gerakan. Pada saat yang itulah,burung hantu secara diam-diam dapat denganmudah menangkap mangsa dengan pendengarannya yang tajam. Burung hantu memiliki bulu-bulu yang halus di sekujur tubuhnya. Bulu yanghalus membantunya terbang tanpa suara.

  • Bunglon memiliki lidah panjang dan kemampuan mimikri

Bunglon adalah kadal yang mempunyaikemampuan mengubah warna kulitnya.
Bunglon biasa hidup di pepohonan. Makananbunglon berupa serangga.Bunglon bertengger diam di dahan pohonmenunggu adanya serangga untuk dimangsa.Ekornya yang kuat melingkar di dahan pohon.Sementara itu, matanya yang bulat besar dan
menonjol keluar bisa berputar melihat mangsadari dua arah yang berbeda pada saat yangbersamaan.Ketika saatnya tiba, ada serangga yangmendekat, lidah bunglon yang panjang melesatkeluar menangkap mangsanya. Gerakan lidahyang dilakukan oleh bunglon sangat cepat.

Jangkauan lidah bunglon dapatbertambah sesuai dengan jarak mangsanya.Pada kondisi tertentu, bunglon dapat mengubah warna kulitnya menjadihijau, kuning, cokelat, atau bintik-bintik. Perubahan warna sesuai dengan kondisilingkungannya ini disebut mimikri.

Di bawah kulit bunglon terdapat sel-sel yang dapat berubah warna sesuaidengan sekelilingnya sehingga bunglon sulit terlihat. Bunglon mengubah warnakulitnya ketika marah, takut, dan terjadi perubahan suhu serta cahaya. Selainitu, mimikri juga berhubungan dengan kemenangan atau kekalahan dalampersaingan antarbunglon. Dengan kemampuan tersebut, bunglon mampumenghindari pemangsa dan mengelabui mangsanya.

  • Ciri ciri khusus beberapa jenis tumbuhan

Tumbuhan juga memiliki ciri khusus sesuai dengan keadaan lingkungantempat hidupnya. Mengapa kaktus dapat bertahan hidupdi padang pasir yang panas dan tandus? Apakah kaktus memiliki ciri khususyang membuatnya mampu hidup di padang pasir? Mari kita pelajari uraianberikut ini!

  1. Kaktus memiliki batang penyimpanan air dan duri

Bagaimana kaktusmampu bertahan di padang pasir?

Kaktus memiliki batang sukulen. Batangkaktus mampu menyimpan cadangan air. Ketikahujan turun, kaktus menyerap air sebanyakmungkin. Akar kaktus yang panjang dan tersebardi tanah berfungsi sebagai penyerap air dan zathara. Kaktus menyimpan air di dalam batangnya.

Batang air terlihat menggembung. Ketika musimkemarau tiba, batang kaktus mulai mengerutkarena cadangan air terpakai. Kandungan airdalam batang kaktus dapat digunakan selamadua tahun musim kering.

Tumbuhan kaktus tampaknya tidak berdaun,tetapi sebenarnya kaktus memiliki daun yangmengalami perubahan bentuk (modifikasi) menjadi duri. Bentuk daun yangdemikian berguna untuk mengurangi penguapan.

  • Teratai memiliki batang berongga dan stomata di permukaan atas daun

Teratai termasuk kelompok tumbuhan air.Teratai memiliki daun yang berbentuk bundar danbiasanya terapung di permukaan air.Daun teratai memiliki stomata di permukaanatas daun. Stomata yang demikian memudahkanpengeluaran uap air ke udara. Teratai juga memilikipermukaan daun yang lebar. Permukaan daun yanglebar bertujuan untuk mempercepat penguapan.

Akar teratai terbenam dalam lumpur atau terapung di badan air. Bunga
teratai memiliki bentuk seperti cawan.Teratai memiliki batang yang berongga. Rongga-rongga ini digunakansebagai jalan udara. Oleh karena itu, teratai tetap dapat bernapas meskipunberada di dalam air.

  • Kantung semar memiliki corong penangkap serangga

Kantung semar memiliki corong yang pada dindingnya menghasilkan cairan manis berbau madu. Cairan ini menarik serangga untuk mendekatinya. Kantung semar tumbuh di daerah rawa yang kandungan nitrogennya sedikit. Tumbuhan kantung semar mencerna serangga untuk memperoleh nitrogen. Oleh karena itu, kantung semar juga disebut tumbuhan insektivora.

Bagaimana cara kantung semar menangkap dan mencerna serangga?

Dinding corong kantung semar yang mengandung cairan manis menarik serangga untuk datang mendekat. Dinding corong licin dan berlapis lilin. Serangga yang mendekati cairan manis akan tergelincir jatuh ke dalam dan tidak dapat menapak, sehingga tenggelam dalam cairan. Di dalam corong terdapat cairan yang dapat mencerna bagian hewan lunak menjadi cairan yang kaya zat makanan. Zat makanan itu kemudian diserap oleh dinding bagian dalam dan dibawa ke seluruh bagian tumbuhan.

  • Bunga bangkai memiliki bau busuk

Bunga bangkai adalah sebutan bagibunga raksasa Amorphophalus titanium.
Bunga ini mempunyai diameter hingga 50cm dengan berat bunga lebih dari 50 kg.
Tumbuhan ini tumbuh dari umbi. Baubusuk yang dikeluarkan bunga bangkai
menarik hewan seperti lalat, kumbangkotoran, dan kumbang bangkai untuk
datang mendekatinya. Serangga-seranggaitu membantu penyerbukan bunga bangkai
Amorphophalus.

Selain Amorphophalus, bunga yang jugamengeluarkan bau busuk yaitu bunga raksasaRafflesia arnoldii. Bunga Rafflesia tumbuh parasite pada tumbuhan inangdan tumbuh dengan mengorbankan tanaman itu. Bau busuk Rafflesiamenarik lalat untuk datang mendekatinya. Lalatdan kumbang dapat membantu penyerbukanbunga Rafflesia. Bunga ini termasuk langka danhampir punah karena terjadinya kerusakanpada habitatnya di hutan hujan tropis di daerahSumatera.

Fungsi Sentriol

Wawasan Edukasi
3 min read

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 6 TEMA 4

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar ! Teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya...
Ima Ruhma
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *