Pidato Nasihat

6 min read

PIDATO NASIHAT KESABARAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang mana telah memberikan kita anugerah berupa kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di sini.

Shalawat serta salam mari kita junjung kepada Rasulullah SAW yang telah memberikan bimbingannya kepada umat muslim dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang benderang.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan pidato atau ceramah singkat mengenai kesabaran. Kata sabar sendiri berasal dari bahasa arab yakni sabaro yasbiru yang artinya adalah menahan. Menahan segala sesuatu yang dapat merusak iman dan ketakwaan kita sebagai umat muslim.

Kesabaran adalah sesuatu yang sangat sulit untuk didapatkan. Butuh latihan ekstra dan berkelanjutan. Maka dari itu tidaklah semua orang bisa memiliki kesabaran layaknya Nabi Muhammad SAW. Beliau seorang mukmin sejati, dihina, diserang, difitnah dan bahkan sering kali diolok olok sepanjang jalan. Apa yang dilakukan oleh Beliau? Yakni sabar. Sabar yang tiada batas serta selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT agar senantiasa diberi perlindungan di dunia dan di akherat.

Allah sendiri dalam firman di Al Quran surat Al Baqarahh 153, “Hai orang orang yang beriman, jadikan shalat dan sabar sebagai pelindungmu, sesungguhnya Allah SWT, senantiasa bersama orang-orang yang sabar.”

Berdasarkan ayat di atas, kita seharusnya menjaga iman kita dengan selalu shalat dan sabar. Agar perlindungan Allah selalu diberikan untuk kita.

Sabar merupakan sebuah ujian bagi manusia. Ujian tersebut memang sangatlah tidak mudah. Akan tetapi Allah juga menjanjikan selalu ada “kemudahan” dan “kemudahan” berikutnya setelah kepayahan. Maknanya adalah selalu ada dua pintu kemudahan bersama sebuah kesulitan. Yakinlah seperti itu wahai saudaraku sekalian.

Saudaraku sekalian,

Allah menguji hambanya melalui berbagai macam cobaan dalam hidup. Allah ingin tahu seberapa kuat hambanya menahan godaan dan ujian yang diberikan. Salah satu kunci keberhasilan dalam melewati ujian Allah adalah tetap sabar, selalu berpikir positif kepada Allah. Bahwa Allah adalaha zat yang dapat membolak balikkan keadaan. Detik ini seseorang berada di atas sedetik kemudian bisa saja Allah menggulingkannya ke bawah tanpa.

Itulah segelintir gambaran mengenai sabar dalam islam. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan kata dari saya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca juga: 30 contoh pidato singkat tentang agama

PIDATO NASIHAT TENTANG RASA SYUKUR

Assalamualaikum Wr.Wb

Pertama marilah kita ucapkan rasa syukur atas kehadirat Allah SWT atas rahmat yang telah diberikan sehingga kita semua dapat berkumpul dan bertemu di tempat ini dengan keadaan sehat. Segala puji bagi Allah yang memberikan sebaik-baiknya nikmat hidup yang jika dibeli sangatlah mahal harganya, yakni sebuah kesehatan.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato nasihat mengenai pentingnya rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

Kata syukur memiliki makna berterima kasih dan menerima dengan sepenuh hati anugerah atau nikmat yang Allah berikan.

Andai bisa berhitung, niscaya kita tidak akan mampu menghitung nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita selama hidup di dunia ini. Mari sedikit kita sebutkan nikmat yang telah diberikan kepada kita. Ada nikmat sehat, nikmat iman, nikmat fikir, nikmat rohani, dan begitu banyak lagi nikmat nikmat yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Namun, mengapa kita tidak bisa bersyukur akan semua nikmat yang telah diberikan Allah? Mengapa kita cenderung berpikir bahwa nikmat dan rejeki itu erat kaitannya dengan uang.

Pemikiran seperti itu hendaknya kita jauhi dan hilangkan, karena pemikiran semacam itu adalah pemikiran golongan orang yang kufur. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah,” Jikalau may bersyukur akan nikmat Allah maka akan Allah tambah nikmat kepadamu. Namun jika kamu kufur akan nikmat Allah, sungguh adzab Allah sangat pedih.” Maka dari itu hendaklah kita menjauhi sifat kufur dengan banyak banyak bersyukur.

Ada begitu banyak manfaat bersyukur untuk kita, diantaranya yaitu”

  1. Menyadarkan diri bahwa semua adalah milik Allah
  2. Mengikis sifat sombong dan takabur
  3. Menyadarkan diri bahwa kita sudah jauh lebih beruntung dari orang lain di luar sana. Bahwa di luar sana masih banyak yang lebih diuji dari kita.

salah satu tips dari saya agar selalu bersyukur adalah jangan selalu memandang ke atas. Sekali kali pandanglah keadaan orang di bawah kita. Dengan begitu kita akan lebih bersyukur atas keadaan yang menimpa kita.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah.

Demikian pidato singkat saya mengenai nasihat rasa syukur atas nikmat Allah. Terimakasih atas perhatiannya. Sekian dari saya mohon maaf apabila ada salah kata.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Baca juga: kultum singkat tentang bersyukur

PIDATO NASIHAT TENTANG KEJUJURAN

Puji syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua. Kemudian shalawat serta salam senantiasa kita limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul teladan umat Islam.

Saya selaku ketua acara pada peringatan Maulid Nabi, kali ini akan sedikit mengulas tentang pentingnya kejujuran pada hidup ini. Jujur merupakan salah satu sifat yang bersinar dari Nabi Muhammad SAW yang perlu kita teladani. Muhammad remaja sudah mengikuti pamannya berdagang ke berbagai daerah di tanah Arab. Muhammad adalah seorang contoh pedagang dengan kejujuran yang sangat tinggi. Maka dari itu Nabi Muhammad SAW menjadi seorang pedagang yang sukses dengan banyak pelanggan yang mengagumi dan menghormatinya.

Dalam Al Quran, Allah SWT menyebutkan betapa agungnya sifat jujur yang dimiliki Rasullah hingga beliau mendapat julukan Al Amin. Dari cerita Rasulullah kita harus dapat mengambil pelajaran bahwa sifat jujur mesti diterapkan dengan baik, bukan hanya diucapkan. Karena kejujuran dalah modal yang sangat berharga dalam perdagangan Rasulullah.

Di zaman modern yang serba canggih seperti ini, sulit sekali menemukan orang yang benar benar jujur baik dalam ucapan, sifat maupun perbuatannya. Sering kali beberapa orang setelah beranjak dewasa mengatakan kebohongan dari pada kejujuran hanya demi sebuah keuntungan materi belaka.

Hadirin sekalian yang saya mulyakan.

Pendidikan kejujuran haruslah dimulai sejak dini. Pondasi terkuatnya adalah pada sebuah keluarga. Keluarga yang baik dan mengerti akan nilai dari kejujuran akan mengajarkan putra putrinya untuk selalu berkata dan bersikap dengan jujur mulai dari hal yang paling kecil. Jika dari hal kecil saja seseorang tidak dapat berlaku juju apalagi untuk sesuatu yang lebih besar.

Cara efektif untuk menerapkan pola asuh yang jujur pada anak adalah dengan memberikan contoh penerapan kejujuran di kehidupan sehari hari oleh orang tua. Anak akan lebih mengingat dan merespon hal hal baik yang dilakukan oleh orang tuanya.

Hadirin sekalian,

Demikian pidato saya mengenai kejujuran yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya. Jika ada salah kata yang menyakiti baik saya sengaja atau tidak. Saya mohon maaf yang sebesar besarnya.

Wassalamualaikum, Wr.Wb

Baca juga: ceramah singkat tentang jujur

PIDATO NASIHAT TENTANG PENTINGNYA ILMU DALAM KEHIDUPAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hadirin yang dirahmati Allah SWT…

Sebuah ilmu pengetahuan adalah ibarat sebuah jalan yang harus kita lalui agar kita sampai di suatu titik yang bernama kedamaian dan kebahagiaan hidup. Dengan ilmu pengetahuan manusia akan dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan ilmu pengetahuan manusia juga lebih memahami tugas seorang insan di muka bumi ini sebagai makhluk ciptaan Allah. atas dasar inilah Allah mengangkat manusia sebagai makhluk yang mulia karena memiliki akal dan pikiran yang membedakannya dengan makhluk lainnya.

Dalam Alquran disebutkan bahwa “Allah akan mengangkat posisi dan derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang menuntun ilmu dengan beberapa derajat”

Hadirin yang dirahmati Allah SWT…

Ilmu memegang peranan penting dalam kehidupan di dunia ini. Tanpa ilmu manusia tidak akan mencapai kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Maka marilah kita gunakan ilmu yang kita miliki dengan benar dan tepat sasaran. Jangan sampai ilmu yang kita miliki malah digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan tuntunan agama. Sebab ilmu itu laksana pelita dallam kegelapan. Di mana jika ilmu diberikan kepada orang yang tepat maka akan tercipa sesuatu yang akan sangat berguna dan bermanfaat. Dalam aktifitas sehari-hari berbagai macam tindakan duniawi, akan menjadi lebih sempurna dan berguna bila di dasarkan pada ilmu. Maka tentu kita akan memperoleh keselamatan sekaligus apa yang kita kerjakan akan mendapatkan balasan yang setimpal oleh Allah swt. Begitupun sebaliknya orang yang bekerja tanpa ilmu mereka akan sering jatuh dalam lubang kesalahan. Hal seperti ini yang sering kali terjebak manusia jatuh kedalam tindakan yang aneh-aneh. Itu di sebabkan oleh kebodohan mereka. Oleh karena itu, peranan ilmu ternyata sangat penting di alam kehidupan manusia.

Sebagaiman di riwayatkan dalam hadist: seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah “ ya Rasulullah perbuatan amal apakah yang paling mulia? Rasulullah menjawab “ILMU” kemudian bertanya lagi ya Rasulullah sesungguhnya aku bertanya tentang suatu amal perbuatan (belum sampai pertanyaan itu) Rasulullah menjawab Allah tidak akan mau menerima amal perbuatan manusia kecuali yang di landasi pada ilmu.

Hadirin sekalian yang berbahagia….

Sekali lagi ilmu sangatlah penting dalam menuntun manusia melakukan segala hal. Bahkan ada pepatah mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Agar kelak kau bahagia.

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai pentingnya ilmu dalam kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.

Sekian dari saya. Maafkan jika ada perkataan saya yang menyinggung hati hadirin sekalian.

Wassalamualaikum, Wr.Wb.

Baca juga: kultum tentang keutamaan orang berilmu

PIDATO NASIHAT PERNIKAHAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak ibu hadirin dan mempelai berdua yang berbahagia. Marilah kita panjatkan syukur kita yang tiada tara atas rahmat Allah sehingga kita dapat bertemua di acara resepsi pernikahan ini. Mudah-mudahan pernikahan ini adalah pernikahan yang akan menjadi sakinah mawadah dan warahmah. Aamiin.

Rasanya tiada sekian banyaknya mulai tadi hingga jalannya resepsi yang lagi senyum-senyum manis dan juga, bertambah manis kecuali kedua mempelai. Kita lihat saja antara kedua mempelai yang satu yakni yang perempuan dan laki-laki tidak saling melihat akan tetapi saling melirik, ah begitulah kebahagiaan yang dirasakan oleh mempelai berdua. Mudah-mudaban kebahagiaan tersebut bisa menyertai sepanjang massa khususnya mempelai berdua yang lagi asyik di hadapan kita semua. Tiada, seindah pemandangan pagi ini kecuali mempelai berdua yang dihiasi dengan janur kuning. Senyum-senyum simpul masih menyelimuti keduanya.

Para undangan serta kedua mempelai vang berbahagia. Saudara mempelai haruslah tahu akan hak dan kewajiban masing-masing. Jangan hanya menuntut haknya saja, akan tetapi kewajibannya diabaikan. Bagi laki-laki hendaklah menjadi suami yang baik. bertanggungjawab untuk mempunyai istrinva, keluarganya dengan sebailk mungkin.

Sedangkan sebagai istri harus juga tahu segala kewajiban yang harus dilakukan. Jadi saya pesan kepada mbak Maimunah jadilah istri yang baik, benar-benar taat dan patuh terhadap suami, selama suami memerintahkan kepada kebaikan. Janganlah suami istri yang hanya menuntut haknya saja, sementara kewajibannya dihiraukan, kalau hal semacam ini sampai terjadi, maka akan membawa bencana dalam rumah tangga.

Jika ada yang bertanya ibadah apakah yang paling lama. Jawabannya adalah menikah. Ibadah menikah adalah ibadah seumur hidup berdua dengan pasangan. Yang nantinya pasangan tersebut akan mendapatkan anggota keluarga baru lagi. Dimana hal tersebut merupakan sebuah rezeki dan sebuah ujian. Dikatakan sebagai rezeki karena hadirnya seorang anak adalah pelengkap sebuah pernikahan. Dan dikatakan ujian karena kadang kita herus sabar merawat dan membesarkan anak berdua. Diingat ingat untuk dua mempelai. Tugas rumah tangga itu harus dilakukan berdua agar salah satu pihak tidak merasa terbebani lebih berat.

Para hadirin dan mempelai pengantin yang berbahagia.

Demikian nasihat yang bisa saya berikan. Semoga menjadi sedikit bekal untuk menjalani ibadah seumur hidup. Aamiin.

Sekian dari saya bila ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar besarnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh

BAARAKALLAHU LAKA WABAARAKA ‘ALAIKA WAJAMA’A BAINAKUMAA FIIKHAIRI.

Contoh Pidato Narkotika Di Kalangan Remaja

Assalamualaikum, Wr.Wb Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati, rekan rekan guru sekalian. Serta murid murid yang saya sayangi. Terima kasih yang besar...
Wawasan Edukasi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *