Peserta Tak Lolos Tes Kesehatan Dilarang Ikut UTBK

46 sec read

Jakarta – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi bakal menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus korona (covid-19) saat Ujian Tulis Berbasi Komputer-Seleksi Bersama Masuk Peguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020. Calon peserta yang tidak lolos pengecekan medis covid-19 tidak diizinkan untuk mengikuti tes.

“Dan kalau itu tidak lolos screening kesehatan dan itu sudah ada disclaimer-nya. Tidak akan diizinkan (ikut UTBK),” kata Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetya dalam sosialisasi pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 di kanal Youtube LTMPT, Minggu, 31 Mei 2020.

Kebijakan ini, kata dia, merupakan kesepakatan panitia. Tujuannya, mencegah penularan covid-19 dan ujian tetap bisa berlangsung dengan standar protokol kesehatan.

Budi menyampaikan panitia memang tidak mewajibkan calon peserta membawa surat keterangan sehat dari covid-19. LTMPT hanya meminta calon peserta menggunakan masker selama ujian berlangsung, menjaga kebersihan, terutama tangan, dan menerapkan physical distancing.

“Minimal saat pelaksaan UTBK itu harus membawa masker, kalau hati-hati pelindung wajah, sarung tangan, silakan,” ujarnya.

Budi mengatakan, mereka yang tak lolos pengecekan medis dan tak bisa mengikuti ujian, tidak ada kesempatan pengganti. Makanya, ia mengingatkan pentingnya tetap menjaga kesehatan sampai pada hari ujian.

“Tidak ada waktu pengganti, pendaftaran di depan, kecuali force major, banjir, listrik mati,” ucapnya. UTBK-SBMPTN 2020 akan digelar pada 5 Juli sampai 12 Juli 2020. Terdapat 74 Pusat UTBK yang dapat dipilih. Sementara pendaftarannya, mulai besok. Pendaftar disarankan untuk memilih tempat tes terdekat dengan tempat tinggal saat ini.

PPDB KABUPATEN JOMBANG SUDAH DIBUKA, BURUAN SIAPKAN DIRIMU!

Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Jombang sudah dibuka untuk umum. Pemerintah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana guna memperlancar kegiatan tersebut. Mulai dari sistem...
Ima Ruhma
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *