Nadiem Diminta Buat Protokol Pendidikan Situasi Darurat

57 sec read

Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Demokrat Bramantyo Suwondo meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim membuat protokol pendidikan di tengah situasi darurat.

“Setelah pandemi ini selesai saya harap Kemendikbud bisa membuat rancangan protokol bila mana di kemudian hari atau masa depan ada situasi mendorong adjustment seperti saat ini,” tuturnya pada Rapat Dengar Pendapat Komisi X dengan Mendikbud melalui konferensi video, Rabu (20/5).

Ia menyatakan protokol pendidikan tersebut dibuat untuk mempersiapkan situasi bencana daerah, bencana nasional, pandemi hingga perang di masa depan.

Bramantyo menilai langkah ini perlu dipersiapkan berkaca pada kendala dan situasi pendidikan selama pandemi virus corona (Covid-19). “Kita harus punya protokol langkah-langkah yang harus kita laksanakan selama bencana dan pengurangan dana yang bisa dilakukan,” tambahnya.

Sebelumnya Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) juga menyerukan agar Kemendikbud memetakan panduan atau kurikulum darurat selama pandemi. FSGI menyatakan kurikulum ini dibentuk bukan untuk mengubah kurikulum normal. Melainkan untuk mengatur materi pelajaran yang wajib dan tidak wajib disampaikan guru selama kondisi darurat.

Hal ini dinilai penting mengingat banyak kendala yang didapati selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah corona. Salah satunya terkait ketidakpahaman guru soal pencapaian kurikulum dan pencapaian belajar selama pandemi.

Kemendikbud sendiri baru mengeluarkan panduan rinci terkait pembelajaran jarak jauh melalui Surat Edaran Sekretaris Jenderal No. 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Surat tersebut mengatur berbagai aspek belajar dari rumah. Mulai dari PJJ dalam jaringan dan luar jaringan, sampai panduan untuk pemerintah daerah, kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua murid. Pada bagian terakhir surat edaran, juga diatur terkait panduan kegiatan pembelajaran ketika satuan pendidikan sudah kembali beroperasi.

PPDB KABUPATEN JOMBANG SUDAH DIBUKA, BURUAN SIAPKAN DIRIMU!

Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Jombang sudah dibuka untuk umum. Pemerintah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana guna memperlancar kegiatan tersebut. Mulai dari sistem...
Ima Ruhma
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *