Langkah-langkah Penyusunan RPP

45 sec read

Langkah-langkah Penyusunan RPP

Menyusun RPP yang baik adalah penyusunan yang dijabarkan dari silabus yang sudah disepakati oleh sekolah. Pembuatan RPP bagi seorang pengajar bertujuan untuk mengupayakan dalam setiap kegiatan pembelajaran mencapai KD (Kompetensi Dasar) yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah melalui kurikulum. Jadi pada intinya penyusunan RPP bukan semata untuk memenuhi administrasi yang harus dilakukan bagi setiap guru, melainkan agar kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan secara rapi dan sistematis.

Dengan adanya rpp, seorang guru dapat mengevaluasi diri ketika role mengajar sudah mulai menyimpang dari tujuan utama.

Langkah-langkah yang harus dilakukan bagi setiap pengajar dalam menyusun RPP menurut Niron (2009) seperti berikut:

  1. Mengisi kolom identitas
  2. Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
  3. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun.
  4. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SI, KD, dan Indikator yang telah ditentukan (lebih rinci dari KD dan Indikator. Pada Kurikulum 2013 rumusan indikator sama dengan tujuan pembelajaran, karena indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat dijabarkan lagi).
  5. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/pembelajaran yang terdapat dalam silabus. Materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran.
  6. Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
  7. Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Langkah-langkah pembelajaran berupa rincian skenario pembelajaran yang mencerminkan penerapan strategi pembelajaran termasuk alokasi waktu setiap tahap.

KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS

Panas adalah salah satu bentuk energi. Salah satu sifat panas adalah dapat berpindah tempat, yaitu dari sumber panas ke tempat lain yang lebih dingin....
Fari Tita
3 min read

Pelestarian Makhluk Hidup

Melestarikan kekayaan alam merupakan tugas kita sebagai generasi penerus bangsa. Alam memberikan kita banyak manfaat agar kita bisa mengambilnya secara gratis. Akan tetapi, apabila...
Fari Tita
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *