Komponen-komponen Dalam Proses Belajar Mengajar

1 min read

Komponen Belajar Mengajar – Belajar mengajar adalah suatu interaksi antara guru dan peserta didik yang memiliki nilai edukatif. Jika disamakan dengan proses memasak, pendidikan juga sama seperti memasak, dibutuhkan beberapa komponen mulai dari masakan itu masih berbahan mentah sampai dengan menjadi sebuah masakan yang nikmat untuk disantap.

Komponen yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar diantaranya sebagai berikut:

  1. Tujuan
  2. Bahan Pelajaran
  3. Metode
  4. Alat / Media Pembelajaran
  5. Evaluasi

Setiap proses belajar mengajar pastilah sebuah lembaga yang menaungi berlangsungnya proses belajar mengajar itu memiliki tujuan diakannya kegiatan pembelajaran.

Secara khusus setiap lembaga yang mengadakan kegiatan pembelajaran memiliki tujuan yang berbeda-beda antara instansi satu dan yang lainnya. Tujuan pembelajaran secara umum adalah melakukan perubahan yang diharapkan terjadi pada peserta didik.

Perubahan yang bersifat normatif yang mampu merubah peserta didik menjadi lebih baik dari sebelum mengikuti pembelajaran. Mengubah pemahaman peserta didik dari yang sebelumnya tidak memahami menjadi paham atau lebih dikenal dengat istilah hasil belajar / prestasi belajar.

Komponen Belajar Mengajar

Nah berikut kami sajikan tentang komponen-komponen yang telah disebutkan di atas.

Tujuan Belajar

Setiap guru yang mengajar, sebelum memasuki kelas, atau bahkan sebelum tahun ajaran baru dimulai, tentu sudah memiliki angan-angan atau gagasan tentang tujuan belajar yang ingin dicapainya di tahun ajaran baru.

Jika Anda tidak memiliki hal tersebut, bisa dipastikan Anda bukan termasuk ke dalam guru profesional yang mempersiapkan segala sesuatunya di awal. Karena sejatinya, peran guru dalam kegiatan belajar mengajar adalah sebagai fasilitator untuk setiap peserta didik

Bila Anda sudah terbiasa tidak mempersiapkan tujuan belajar di awal, Anda pasti akan mengalami kesulitan ditengah perjalanan.

Dengan mempersiapkan segala sesuatunya di awal, Anda akan dapat mengantisipasi kemungkinan kendala-kendala yang muncul ditengah-tengah semester.

Pada umumnya, tujuan belajar dituangkan dalam pembuatan RPP atau dalam pembuatan bahan ajar yang akan di gunakan.

Bahan Ajar

Bahan ajar adalah alat penunjang bagi setiap guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didiknya.

Meskipun pada kenyataannya tidak ada satupun bahan ajar yang dapat mencakup semua kebutuhan peserta didik.

Walaupun demikian, bukan berarti bahan ajar tidak dapat kita gunakan dalam mempercepat transfer ilmu ke peserta didik.

Bila Anda membuat bahan ajar dengan baik, hal itu akan sangat membantu Anda dalam menyampaikan beberapa materi yang bersifat abstrak. Contohnya dalam pelajaran IPA, terdapat beberapa materi yang memang membutuhkan bahan ajar. Tujuannya agar peserta didik terhindar dari pemahaman konsep yang keliru (miskonsepsi).

Untuk mengatasi hal-hal semacam itu, Anda bisa membuat beberapa media pembelajaran seperti halnya modul, handout atau beberapa media lain baik yang berupa gambar ataupun video.

Teks Ulasan adalah

Sebagai seorang akademisi, mahasiswa ataupun pelajar sekalian, tentu dituntut untuk banyak membaca karya-karya ilmiah untuk menambah wawasan kita. Tidak hanya sekedar membaca, kita juga...
Wawasan Edukasi
26 sec read

Contoh Pidato Narkotika Di Kalangan Remaja

Assalamualaikum, Wr.Wb Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati, rekan rekan guru sekalian. Serta murid murid yang saya sayangi. Terima kasih yang besar...
Wawasan Edukasi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version