Komponen-komponen Dalam Proses Belajar Mengajar

30 sec read

Komponen Belajar Mengajar – Belajar mengajar adalah suatu interaksi antara guru dan peserta didik yang memiliki nilai edukatif. Jika disamakan dengan proses memasak, pendidikan juga sama seperti memasak, dibutuhkan beberapa komponen mulai dari masakan itu masih berbahan mentah sampai dengan menjadi sebuah masakan yang nikmat untuk disantap.

Komponen yang perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar diantaranya sebagai berikut:

  1. Tujuan
  2. Bahan Pelajaran
  3. Metode
  4. Alat / Media Pembelajaran
  5. Evaluasi
Setiap proses belajar mengajar pastilah sebuah lembaga yang menaungi berlangsungnya proses belajar mengajar itu memiliki tujuan diakannya kegiatan pembelajaran. Secara khusus setiap lembaga yang mengadakan kegiatan pembelajaran memiliki tujuan yang berbeda-beda antara instansi satu dan yang lainnya. Tujuan pembelajaran secara umum adalah melakukan perubahan yang diharapkan terjadi pada peserta didik. Perubahan yang bersifat normatif yang mampu merubah peserta didik menjadi lebih baik dari sebelum mengikuti pembelajaran. Mengubah pemahaman peserta didik dari yang sebelumnya tidak memahami menjadi paham.

Motivasi Belajar

Motivasi Belajar – Kesadaran diri untuk belajar pada anak usia muda sangatlah minim. Banyak diantara mereka tidak memiliki dorongan untuk belajar yang muncul dari...
Wawasan Edukasi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *