Keuntungan Kuliah Online bagi Mahasiswa di Masa New Normal

1 min read

Jakarta-Wabah virus COVID-19 mengubah banyak hal di dunia ini. Salah satunya mengubah metode pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa di Indonesia. Yang tadinya kuliah dilakukan secara reguler atau bertatap muka, sekarang mereka harus menyesuaikan diri dengan belajar secara online atau daring.

Meskipun banyak diperdebatkan, kuliah online memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan kuliah jarak jauh ini disampaikan dalam webinar “Pintek EduTalk with Pintaria: Program Kuliah Online untuk Tetap Efektif dan Produktif Belajar dari Rumah”, pada Jumat (29/5).

1. Tantangan Baru

Sebenarnya kuliah online sudah diterapkan sejak lama oleh beberapa perguruan tinggi yang memiliki fasilitas dalam melakukannya. Namun kuliah online santer terdengar saat pandemi COVID-19 akhir-akhir ini.

Salah satu penggagas kuliah online adalah Pintaria, portal yang menyediakan program pendidikan berkualitas bagi tenaga kerja. Sejak tahun 2018, Pintaria telah banyak merangkul universitas untuk menyediakan sistem pembelajaran online untuk memudahkan mahasiswa.

“Pintaria buka hanya sekadar platform tapi kita juga bekerjasama dengan banyak universitas. Kita melihat apakah kampus ini siap untuk menyediakan online learning. Kami juga punya kewajiban untuk mengedukasi pasar karena memang sekarang itu sudah sistemnya online,” ungkap Zaneti Sugiharti Head of Marketing & Communication Pintaria.

2. Lebih Fleksibel exels/Anna Shvets

Lantas apa, sih keuntungan dari sistem kuliah online dibandingkan reguler? Keuntungan pertama tentu terletak dari fleksibilitasnya. Kita bisa memilih jam belajar kapan saja. Oleh karena itu, sistem kuliah jarak jauh ini sangat digemari mereka yang punya waktu terbatas.

“Saya kan juga bekerja, jadi waktunya terbatas. Dengan kuliah online, saya bisa mendapat pendidikan formal sekaligus bekerja,” ucap Bramadi Jemia Ndoen, Karyawan Swasta sekaligus Mahasiswa TI, Universitas Krisnadwipayana.

Meskipun begitu, memang sistem kuliah online lebih minim pengawasan daripada kuliah reguler. Namun, hal ini justru mampu memicu rasa tanggung jawab belajar pada mahasiswa.

“Tantangannya mungkin manajemen waktu, ya. Tapi, supaya kuliah online tetap produktif intinya harus belajar bertanggung jawab akan diri sendiri. Jadi aku kadang di tengah istirahat kerja, buka materi kuliah,” lanjut Bram.

3. Bebas Memilih Gaya Belajar

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memiliki program Merdeka Belajar. Salah satu tujuan program ini adalah menumbuhkan minat belajar yang timbul karena motivasi sang pelajar itu sendiri. Memang selama ini, pendidikan di Indonesia terkesan kuno dan satu arah.

Kuliah online menawarkan mahasiswa untuk memilih minat belajar dan gaya belajarmu sendiri. Hal ini pun juga dilakukan oleh Pintaria.

“Kita tahu bahwa orang punya gaya belajar yang berbeda-beda. Jadi, kita menyediakan semua. Kalau yang suka visual bisa melihat video. Kalau yang lebih senang mendengarkan, ada versi podcast. Lalu, ada juga versi transkrip untuk yang lebih senang baca,” tutur Zaneti. 

4. Menyetarakan Pendidikan Di Seluruh Indonesia

Kendala dalam menempuh kuliah reguler selain waktu adalah ruang. Beberapa dari kita merasa kesulitan untuk mendapatkan pendidikan terbaik apabila universitas yang kita harapkan jauh dari tempat tinggal kita.

Berkat bantuan teknologi, kini semua orang bisa mengakses ilmu di mana pun tanpa terbatas ruang dan waktu. Hal ini kedepannya dapat membantu menyetarakan pendidikan di seluruh Indonesia.

“Melalui teknologi, kami ingin menciptakan kesempatan untuk seluruh masyarakat Indonesia sekaligus mendukung tercapainya program pemerintah yaitu Merdeka Belajar. Kami juga berharap, kondisi saat ini dapat memberikan motivasi kita untuk menjadi generasi yang tidak pernah berhenti belajar, atau yang kita kenal dengan lifelong learning melalui pembelajaran secara online,” ujar Zaneti.

PPDB KABUPATEN JOMBANG SUDAH DIBUKA, BURUAN SIAPKAN DIRIMU!

Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Jombang sudah dibuka untuk umum. Pemerintah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana guna memperlancar kegiatan tersebut. Mulai dari sistem...
Ima Ruhma
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *