Jangan Lupa Belajar, Ada Soal Bahasa Inggris di UTBK

49 sec read

Jakarta: Beberapa soal dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan disajikan dalam bahasa Inggris. Hal itu disampaikan langsung oleh pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).


“Iya benar ada soal yang pakai bahasa Inggris. Ya sekitar 15 sampai 20 persen akan berbahasa Inggris,” kata Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo, dalam Live Instagram bertema UTBK-SBMPTN Era Pandemi, Senin 8 Juni 2020.
 
Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui sampai dimana kemampuan peserta dalam mempelajari bahasa internasional yang dipakai di berbagai belahan dunia. Hal ini juga merupakan sebuah tantangan baru untuk peserta agar lebih “greget” dalam belajar mempersiapkan UTBK.

“Bagaimana pun kita menghargai teman-teman atas apa yang didapatkan selama di SMA. Itu salah satunya pelajaran bahasa Inggris. Agar tidak keliru, sudah belajar Bahasa Inggriskok malah tidak ada soal yang berbahasa Inggris,” lanjut Budi. Sementara itu seluruh soal yang diujikan hanya model Tes Potensi Skolastik (TPS) dikerjakan dalam waktu 105 menit. Dalam TPS, pihaknya ingin mengukur kemampuan kognitif peserta.

TPS dibagi dalam empat sub tes. Mulai dari kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Dia memastikan empat sub tes tersebut akan mencerminkan kemampuan peserta. TPS dapat mengukur keberhasilan peserta untuk bertahan dalam menyelesaikan kuliah di prodi pilihannya.

“TPS itu kan berdasarkan kemampuan diri sendiri, tidak perlu belajar terlalu keras. Yang diperlukan adalah kondisi yang fit saat mengerjakan soal,” tutup Budi.

PPDB KABUPATEN JOMBANG SUDAH DIBUKA, BURUAN SIAPKAN DIRIMU!

Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Jombang sudah dibuka untuk umum. Pemerintah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana guna memperlancar kegiatan tersebut. Mulai dari sistem...
Ima Ruhma
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *