Globalisasi

4 min read

salaman, jabat tangan

Pengertian Globalisasi

Apa itu globalisasi? Kata globalisasi sudah sering kita dengar di berbagai kesempatan dan di berbagai tempat. Globalisasi identik dengan sebuah kecanggihan ilmu dan teknologi di era sekarang ini. Kata globalisasi berasal dari kata Globalization. Dimana Global berarti dunia, sedangkan lization berarti proses. Dapat simpulkan globalisasi adalah suatu proses dimana manusia berkembang dengan lebih modern daripada sebelumnya untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik lagi.

Ada berbagai referensi mengenai pengertian globalisasi baik dari tata bahasa ataupun dari para ahli. Berikut adalah rangkuman yang kami simpulkan untuk Anda:

Pengertian Globalisasi Secara Etimologis

Dalam bahasa Inggris, globalisasi berasal dari kata global yang berarti luas. Serta liztion yang berarti sebuah proses. Proses ini merupakan akibat hubungan internasional baik dalam bidang perdagangan atau kerjasama lainnya.

Anthony Giddens

Menurut Anthony Giddens, globalisasi adalah suatu hubungan yang mendunia yang kemudian terhubung satu sama lain sehingga mampu menimbulkan dampak di berbagai tempat.

L. Neyman

Globalisasi adalah sebuah pertumbuhan suatu hal yang berlangsung dengan cepat. Proses ini muncu akibat ketergantungan negara satu dengan negara yang lain pada perdagangan atauoun keuangan.

Scholte

Scholte mengatakan bahwa globalisasi merupakan sebuah proses pertumbuhan yang cepat yang disebabkan ketergantungan suatu negara agar negaranya dapat mempertahankan keadaan.

Selo Soemardjan

Globalisasi menurut Selo Soemardjan adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sebuah sistem secara universal.

Tom G. Palmer

Pengertian globalisasi menurut Tom G. Palmer adalah sebagai penyusutan dan penghapusan batasan negara. Kemudian diberlakukan sistem lintas batas secara internasional.

Contoh globalisasi yang sering kita rasakan saat ini adalah mudahnya kita mendapatkan informasi di belahan bumi lain dengan waktu yang cepat. Ataupun kita dapat bepergian ke suatu negara lain yang jauh dengan waktu yang singkat karena ada alat transportasi yang modern.

Baca : Pengertian kewirausahaan

TEORI GLOBALISASI

Ada beberapa jenis teori globalisasi yang diungkapkan oleh Cochrane yaitu:

  1. Teori Globalisasi Globalis

Para pendukung globalis berpendapat bahwa dengan adanya globalisasi akan membawa dampak secara langsung dalam kehidupan di dunia ini. Bahwa akan ada pada masanya suatu budaya yang homogen yang akan mewabah di seluruh dunia. Misalkan tari Gang Nam Style yang ditirukan di berbagai negara lewat akun youtube.

Namun ada kekurangan dari globalisasi menurut para Globalis yakni adanya serangan diam-diam dari negara adidaya untuk menggerus budaya asli suatu negara.

  • Teori Globalisasi Para Tradisionalis

Untuk penganut ajaran tradisionalis, yaitu mereka menganggap apa yang sedang terjadi saat ini adalah dampak dari kejadian masa lalu. Tidak ada sebutan globalisasi untuk mereka. Yang ada hanyalah sebuah dampak kejadian masa lalu.

  • Teori Globalisasi Para Transformalis

Orang-orang Transformalis menganggap globalisasi adalah sesuatu terjadi itu diberitakan secara berlebihan. Atau mereka berpikiran bahwa globalisasi adalah sesuatu yang dilebih-lebihkan.

CIRI-CIRI GLOBALISASI

Globalisasi memiliki berbagai macam ciri yang dapat kita kenali dan pelajari. Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari globalisasi:

  1. Perubahan Konsep Ruang dan Waktu

Dalam era globalisasi manusia manapun mampu mengakses informasi dari segala penjuru dunia melalui internet. Kecepatan dalam memperoleh informasi ini tidak memiliki batasan ruang ataupun waktu. Hanya dalam sepersekian detik kita dapat mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Tanpa harus jauh-jauh datang ke sumber informan.

  • Ketergantungan dalam Bidang Ekonomi

Munculnya ketergantungan ini diakibatkan oleh adanya perdagangan internasional dan aktivitas yang dominan dari organisasi seperti WTO. Dalam bidang perdagangan WTO memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku pasar.

  • Peningkatan Interaksi

Dikatakan menjadi globalisasi karena terdapat peningkatan interaksi masyarakat di segala penjuru dunia. Masyarakat dengan mudah dapat melakukan interaksi lewat media sosial seperti Instagram, facebook, Whatsapp, Twitter dan lain sebagainya.

  • Adanya Peningkatan Masalah Bersama

Dengan kecepatan masyarakat mendapatkan informasi dengan mudah. Mereka akan mudah pula membicarakan masalah atau isu yang sedang hangat. Misalkan saja kasus pengangkatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh Presiden Jokowi yaitu Nadiem Makarim. Terdapat pro dan kontra dalam masyarakat sehingga itu menjadi masalah bersama yang sering dibicarakan pada beberapa waktu.

  • Menularnya sebuah Kebudayaan

Adanya pertukaran informasi, ataupun produk dari suatu negara ke negara lain, hal itu menjadikan suatu budaya mudah masuk dan meresap pada masyarakat. Pertukaran budaya itu dapat berupa film, bahasa, pakaian, seni musik dan lain sebagainya.

Baca: pengertian HAM

FAKTOR PENYEBAB GLOBALISASI

Berbagai hal telah menyebabkan munculnya globalisasi di dunia ini. Berikut adalah beberapa faktor penyebab globalisasi yang ada:

  1. Kerjasama Internasional

Kebutuhan yang saling melengkapi membuat banyak terbentuknya kerjasama internasional di antara dua negara atau lebih. Hal ini membuat adanya aktivitas keuangan yang mengalir pada negara tersebut. Sebagai dampaknya banyak produk luar negeri yang masuk di sebuah negara.

  • Kemajuan Teknologi Informasi

Perkembangan IPTEK membuat berbagai sarana dan prasarana menjadi mudah dan lebih cepat. Hal ini juga berlaku pada transaksi keuangan di seluruh belahan dunia. Banyak sekali kemudahan dan kemajuan dalam transaksi keuangan dewasa ini. Dengan adanya kecepatan dan kemudahan tersebut muncullah globalisasi.

  • Kemudahan Transportasi

Banyak transportasi dengan model terbaru yang memudahkan manusia berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Walaupun berjarak cukup jauh, hal ini tidak menghambat manusia untuk menempuh perjalanan dengan waktu yang cukup singkat.

  • Ekonomi Terbuka

Pemberlakuan ekonomi terbuka di berbagai negara membuat banyaknya produk dan barang bertukar dari satu tempat ke tempat yang lain. Pertukaran tersebut melewati proses perdagangan global yang melibatkan berbagai negara di dalamnya.

Masuknya suatu barang tersebut mau tidak mau pasti membawa sebuah unsur budaya dari negara asal. Yang kemudian masuk dan digunakan di negara tujuan. Ditambah lagi pertukaran barang di dalam negeri yang menimbulkan banyaknya aktivitas transfer uang dalam skala besar.

Intinya terjadinya globalisasi adalah karena adanya aktivitas ekonomi yang semakin terbuka di berbagai negara. Hal ini memudahkan berbagai negara untuk saling berinteraksi dan menjalin kerjasama dagang.

Baca juga: pengertian psikologi pendidikan

DAMPAK GLOBALISASI

Dengan adanya globalisasi muncullah berbagai dampak di sekitar kita yang sering dirasakan. Dampak tersebut ada yang positif dan negatif. Berikut adalah globalisasi yang dapat kami rangkumkan:

  1. Dampak Positif Globalisasi
  2. Keadaan sosial ekonomi yang meningkat
  3. Kemudahan mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan
  4. Kemudahan berinteraksi dalam hubungan kerjasama
  5. Kemudahan transportasi dengan waktu tempuh yang cepat.
  6. Dampak Negatif Globalisasi
  7. Masuknya budaya asing ke Indonesia sehingga timbul pergeseran budaya lokal yang tidak sesuai dengan norma.
  8. Individualisme manusia semakin meningkat karena manusia merasa sudah mampu menjalani hidupnya bersama mesin dan kemajuan IPTEK.
  9. Banyaknya polusi yang ditimbulkan akibat adanya perdagangan industri.
  10. Mudahnya generasi muda mengakses informasi yang tidak seharusnya, seperti remaja di bawah umur yang mengakses film dewasa di internet.
  11. Meningkatnya penyelundupan barang ilegal dan terlarang.

DAMPAK GLOBALISASI DALAM BIDANG POLITIK

Dengan adanya globalisasi menjadikan sebuah negara lebih terbuka akan informasi sehingga ketatanegaraan menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Hal ini memungkinkan men=mbuat kesejahteraan masyarakat bertambah. Berubahnya tata negara menjadi lebih baik lagi membuat sebuah negara menjadi lebih makmur lagi tentunya.

Kemudian dengan adanya globalisasi kesadaran masyarakat akan berpolitik semakin besar. Sehingga aan banyak aktivitas politik yang akan terjadi. Pun dengan partai politik di suatu negara akan bertambah.

Sayangnya ada dampak negatif dari globalisasi dalam bidang politik yakni rasa haus akan kekuasaan yang lebih besar dari seseorang atau kelompok. Dan munculnya money politic yang membuat negara mengalani kerugian dalam skala yang besar.

DAMPAK GLOBALISASI DALAM BIDANG EKONOMI

Dalam perkembangannya sektor usaha kecil pun mampu berkembang pesat dengan adanya kemajuan globalisasi. Adanya tukar menukar barang dalam sistem perdangan terbuka menjadikan manusia semakin mudah mendapatkan apa yang dia butuhkan dan inginkan. Semua informasi mengenai keadaan suatu produk atau barang dapat diketahui dengan mudah leat adanya kemajuan teknologi. Hal ini menjadikan waktu belanja atau waktu dagang menjadi lebih efektif dan efisien.

Baca: pengertian sejarah

DAMPAK GLOBALISASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Dampak globalisasi juga dirasakan dalam bidang pendidikan. Yakni dengan maraknya penerimaan beasiswa di dalam maupun luar negeri yang memudahkan generasi muda menempuh pendidikan dengan Cuma-Cuma atau gratis. Hal ini sangat membantu keadaan finansial suatu keluarga dimana biaya pendidikan sekarang ini sudah terilang mahal.

Demikian yang dapat kami rangkumkan mengenai globalisasi yang tengah kita rasakan. Dengan adanya globalisasi hidup menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Namun penggunaan kemajuan global harus diiringi dengan sikap yang bijak yakni selalu menyaring informasi yang telah sampai ke telinga kita. Agar kita tahu betul bahwa informasi tersebut bukanlah kabar hoax atau palsu.

Pengertian Globalisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *