100+ Kumpulan Doa Harian untuk Aktivitas Sehari-hari

Last Update May 29, 2020

Dalam ajaran Islam, Allah senantiasa memerintahkan kita untuk berdoa ketika hendak melakukan sesuatu. Mudahnya, kita diajarkan untuk senantiasa mengucap nama Allah atau mengucapkan bismillah ketika hendak melakukan sesuatu.

Namun sebenarnya itu saja tidak cukup, terdapat doa-doa khusus untuk kegiatan yang berbeda-beda. Seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada kita semua sebagai ummatnya agar lebih dekat dengan Allah SWT.

Berikut ini adalah kumpulan doa sehari-hari yang dapat kamu amalkan.

Kumpulan Doa Sehari-hari yang Harus Dihafal Oleh Setiap Muslim.

sleeping, doa sebelum tidur, doa bangun tidur,
@freepik.com

Doa Sebelum Tidur

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Bismikallahumma ahyaa wa amuut

“Dengan nama-Mu, ya Allah, aku hidup dan mati”

Anjuran membaca doa ini sebelum tidur berdasarkan kisah yang diriwayatkan oleh Bukhari Nomor 5850

حَدَّثَنَا عَبْدَانُ عَنْ أَبِي حَمْزَةَ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ عَنْ خَرَشَةَ بْنِ الحُرِّ عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ مِنْ اللَّيْلِ قَالَ اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَمُوتُ وَأَحْيَا فَإِذَا اسْتَيْقَظَ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami [‘Abdan] dari [Abu Hamzah] dari [Manshur] dari [Rib’i bin Hirasy] dari [Kharasyah bin Al Hurr] dari [Abu Dzar] radliallahu ‘anhu dia berkata; “? pabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur malam, beliau mengucapkan: ‘Allahumma bismika amuutu wa ahya (Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: ‘Al Hamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali) ‘.”

Doa Bangun Tidur

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Al Hamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali”

mimpi buruk, bad dream, doa ketika bermimpi buruk, doa ketika bermimpi,
@Childhood Fears Composition

Doa Ketika Bermimpi yang Baik

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي قَطْلَ الْحَاخَتِ

Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku

Doa Ketika Bermimpi Buruk

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

ALLOHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MIN ‘AMALISY SYAITHOON, WA SAYYI-AATIL A_HLAAM

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk

Berkaitan dengan ini, ada sebuah hadits yang mengajarkan kita untuk selalu membaca doa ayat kursi sebelum tidur sehingga kita terhindar dari mimpi buruk yang datangnya dari setan. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan suatu amalan sebelum tidur bagi seorang muslim yang seharusnya dilestarikan.

Doa Mau Mandi

Allahummaghfirlii dzambii wawassi’lii fii daarii wa baarik lii fii rizqii
Artinya: ya Allah ampunilah segala keselahanku dan berilah keluasaan di rumahku serta berkahilah riskiku.

Doa Berkumur

Doa berkumur ini diambil dari doa berkumur ketika hendak berwudlu.

اَللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى تِلَاوَةِ كِتَابِكَ وَكَثْرَةِ ذِكْرِكَ

Allâhumma a‘innî ‘alâ tilâwati kitâbika wa katsrati dzikrika
Artinya, “Hai Tuhanku, tolong lah aku untuk membaca Al-Quran, dan memperbanyak dzikir nama-Mu,”

Doa Menggosok Gigi

Allahumma bayyidl bihi asnani wa syudda bini litstsati wa tsabbit bihi lahati wa afshih bihi lisani wabarik li fihi wa atsbitni ‘alaihi ya arhamar rahimin.

Artinya: ” Ya Allah, putihkanlah gigiku dan kuatkan gusiku, kuatkan lahatku (daging yang tumbuh di langit-langit mulut, fasihkan lidahku, berkatilah aku, dan berikanlah aku pahala karena siwak, wahai Dzat yang Paling Mengasihi di antara para pengasih.”

Doa Berpakaian

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya”

Doa Sebelum Makan

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar

“Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka”

Doa Setelah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin

Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam

Doa Setelah Minum

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

ALHAMDU LILLAAHIL LADZII JA’ALAHUU ‘ADZBAM FUROOTAM BIROHMATIHII WA LAMYAJ’ALHU MILHAN UJAAJAM BIDZUNUUBINAA

Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Doa Masuk Rumah

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

Baca juga Bacaan Doa Qunut

Doa Keluar Rumah yang Mudah Dihafal

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Anjuran membaca Doa di atas saat hendak keluar rumah sebagaimana yang telah diriwayatkan dalam hadits Abu Daud nomor 4431 berikut ini

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحَسَنِ الْخَثْعَمِيُّ حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ عَنْ إِسْحَقَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ قَالَ يُقَالُ حِينَئِذٍ هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami [Ibrahim bin Al Hasan Al Khats’ami] berkata, telah menceritakan kepada kami [Hajjaj bin Muhammad] dari [Ibnu Juraij] dari [Ishaq bin Abdullah bin Abu Thalhah] dari [Anas bin Malik] bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika seorang laki-laki keluar dari rumahnya lalu mengucapkan: ‘BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALAALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLA BILLAH (Dengan nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah). ‘ Beliau bersabda: “Maka pada saat itu akan dikatakan kepadanya, ‘Kamu telah mendapat petunjuk, telah diberi kecukupan dan mendapat penjagaan’, hingga setan-setan menjauh darinya. Lalu setan yang lainnya berkata, “Bagaimana (engkau akan mengoda) seorang laki-laki yang telah mendapat petunjuk, kecukupan dan penjagaan.”

Doa Bepergian (Safar)

Diantara kita tentu saja pernah melakukan perjalanan atau safar, baik itu untuk menuntut ilmu, bersilaturrahmi, maupun sekedar jalan-jalan. Supaya dalam perjalanan apa yang kita inginkan dapat tercapai dan tiada suatu halangan apapun, maka salah satu adab bepergian yang perlu kita lakukan adalah membaca doa. Berikut adalah doa ketika ingin bepergian:

للَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah teman dalam perjalanan dan pengganti dalam keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, kesedihan tempat kembali, doa orang yang teraniaya, dan dari pandangan yang menyedihkan dalam keluarga dan harta.” (HR. Tirmdzi dan Ibnu Majah dengan sanad yang shahih).

Doa Menaiki Kendaraan

Sebagai seorang muslim alangkah baiknya jika kita akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan hendaknya kita membaca doa terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan doa naik kendaraan:

عَنِ ا بِنِ عُمَر رضي الله عَنهما أنَّ رَسوُلَ الله صلى الله عليه و سلم كَانَ إذَا اسْتَوَى عَلَى بِبَعِيْرِهِ خَارِجًا إلى السَّفَرِ كَبَّرَ ثَلاَثًا ثُمَّ قَالَ (( سُبْحَانَ الََّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَ مَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَ إنَّا إلى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ. اللهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ في سَفَرِنَا هَذَا البِرَّ وَ التَقْوَى وَ مِنَ العَمَلِ مَا تَرْضَى . اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللهُمَّ أنْتَ الصَّاحِبُ في السَّفَرِ وَ الخَلِيْفَةُ في الأهْلِ اللهُمَّ إنّيِ أعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَ كَآبَةِ المَنْظَرِ وَ سُوْءِ المُنْقَلَبِ في المَالِ وَ الأهْلِ وَ الَوَلَدِ

Artinya: “Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya jika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menaiki kendaraan ketika hendak bepergian, Beliau bertakbir sebanyak tiga kali, kemudian berdoa: “Maha Suci Dzat yang telah menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami dahulu tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kepada Rabb kamilah, kami akan kembali. Ya, Allah! Kami mohon kepadaMu dalam perjalanan kami ini kebajikan dan takwa, serta amal yang Engkau ridhai. Ya, Allah! Mudahkanlah perjalanan kami ini, serta dekatkanlah jarak perjalanan kami. Ya, Allah! Engkaulah teman dalam perjalanan, dan penjaga keluarga yang kami tinggal. “Ya, Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kesulitan dalam perjalanan, kesedihan serta tempat kembali yang buruk dalam keluarga, harta dan anak”.

Doa Sehari hari

Pencarian Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *