Contoh RPP Matematika Kelas 1 Semester 1 dan 2

12 min read

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan komponen bagian dari administrasi pembelajaran yang sudah seharusnya dimiliki oleh guru sebagai pegangan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Pada umumnya, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rancangan kegiatan pembelajaran tatap muka untuk yang direncanakan pada satu pertemuan atau lebih.

Pengembangan RPP berdasarkan pada silabus yang bertujuan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesuai rencana dan pada akhirnya dapat mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Contoh RPP Matematika SD Kelas 1

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh RPP untuk mata pelajaran Matematika Kelas 1 SD Semester 1 dan 2.

Rpp Matematika tentang Bilangan Cacah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/1
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
 4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Mempelajari makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
 Memahami bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik mempelajari makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
 Peserta didik memahami bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan

E. Materi Pembelajaran
Bilangan cacah

F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

G. Media Pembelajaran
Kertas bergambar angka dan benda

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
 Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menempelkan beberapa gambar angka 1 – 20
Menanya
 Guru mengajak peserta didik untuk mengikutinya membaca angka-angka tersebut (diulang beberapa kali)
Mengeksplorasi
 Guru meminta perserta didik secara bergantian membaca angka yang ada dipapan tulis tanpa panduan dari guru
Mengasosiasi
 Guru kemudian menempelkan beberapa gambar yang didalamnya terdapat gambar benda dengan jumlah yang berbeda (Contoh : 10 topi)
 Guru memberi tebakan pada peserta didik berapa jumlah benda yang ada digambar pertama dan seterusnya
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang hal yang dipelajari hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah

____________________ Guru

____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
Rpp Matematika tentang Lambang Bilangan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/1
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
 4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Memahami bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik memahami bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
 Peserta didik mampu menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat

E. Materi Pembelajaran
Menuliskan bilangan 1 sampai 20

F. Media Pembelajaran
Kertas berisi bentuk angka 1-20 dengan titik-titik

G. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
 Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru membagikan kepada peserta didik kertas berisi bentuk angka 1-20 dengan titik-titik
Menanya
 Guru meminta peserta didik menyambungkan titik-titik tersebut agar membentuk angka yang benar dan lengkap
 Guru memberi waktu 20 menit
Mengeksplorasi
 Setelah selesai, guru meminta peserta didik menyalin tulisan angka 1-20 di buku tulis masing-masing
Mengasosiasi
 Guru mengajak peserta didik menyebutkan angka-angka yang sudah mereka tulis
 Guru menghimbau peserta didik untuk mempraktikkannya kembali dirumah
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan tentang apa saja yang telah dipelajari pada hari ini 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda

Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah

____________________ Guru

____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
Rpp Matematika tentang Membandingkan Dua Bilangan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/1
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
 4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret


D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik mampu membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
 Peserta didik mampu mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

E. Materi Pembelajaran
Mengurutkan bilangan 1 sampai 20 dari terkecil sampai terbesar

F. Media Pembelajaran
Gambar angka 1-20

G. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
 Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menempelkan gambar angka 1-20 dipapan tulis
Menanya
 Guru bertanya kepada peserta didik apakah sudah daapat membedakan angka-angka tersebut
 Guru menguji kemampuan peserta didik membedakan angka-angka tersebut
Mengeksplorasi
 Guru mengacak peletakan angka dipapan tulis
 Guru meminta peserta didik secara bergantian maju kedepan dan mengurutkan angka dari yang terkecil sampai yang terbesar
Mengasosiasi
 Guru mengajak peserta didik lain untuk mengoreksi pekerjaan perserta didik yang maju
 Guru mengarahkan jawaban peserta didik sambil menjelaskan
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah

____________________ Guru

____________________
NIP. ________________ NIP. _______________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/1
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
 4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
 Peserta didik mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
 Peserta didik mampu menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99

E. Materi Pembelajaran
Penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 99

F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

G. Media Pembelajaran
• Gambar simbol +, -, dan = dipapan tulis
• Gambar benda

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
 Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menempelkan gambar simbol +, -, dan = dipapan tulis
 Guru memperkenalkan arti penambahan dan pengurangan
 Guru memperkenalkan simbol +, -, dan =
Menanya
 Guru juga menempelkan beberapa gambar benda yang lain dipapan tulis
Mengeksplorasi
 Guru bertanya pada peserta didik tentang penjumlahan dan pengurangan dengan melibatkan media yang ada dipapan tulis
 Guru meminta peserta didik maju satu persatu untuk menjawab soal yang dia berikan
Mengasosiasi
 Guru memberi motivassi peserta didik
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit



I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah


____________________ Guru


____________________
NIP. ________________ NIP. _______________














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/2
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
 4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya


D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik mengenali pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
 Peserta didik mampu memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya

E. Materi Pembelajaran
Membilang banyak benda

F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

G. Media Pembelajaran
Gambar benda

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
 Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menempelkan gambar-gambar bermacam benda dipapan tulis
 Guru meminta peserta didik memperhatikan dengan seksama

Menanya
 Guru bertanya kepada peserta didik tentang pemahaman mereka terkait jumlah benda
Mengeksplorasi
 Guru meminta peserta didik untuk menghitung berapa gambar benda yang ada dipapan tulis
 Guru membimbing peserta didik menhitung bersama-sama
Mengasosiasi
 Setelah selesai, guru meminta peserta didik maju satu persatu ke depan kelas untuk menghitung gambar-gambar benda (guru mengacak dan memberi tebakan)
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah

____________________ Guru

____________________
NIP. ________________ NIP. _______________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/2
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
 4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
 Peserta didik mampu mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret

E. Materi Pembelajaran
Mengenal bangun ruang dan bangun datar

F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

G. Media Pembelajaran
Gambar bangun ruang dan bangun datar

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
 Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru menempelkan contoh gambar bangun ruang dan bangun datar
Menanya
 Guru bertanya kepada peserta didik apakah sudah pernah melihat benda-benda tersebut


Mengeksplorasi
 Guru memperkenalkan kepada peserta didik bangun ruang dan bangun datar
Mengasosiasi
 Guru juga meminta peserta didik untuk menjelaskan benda tersebut seperti apa
 Guru meminta peserta didik mengelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan kemiripan
Mengomunikasikan
 Guru menjelaskan dan memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda

Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah


____________________ Guru


____________________
NIP. ________________ NIP. _______________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/2
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.7 Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
 4.7 Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
 Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
 Peserta didik mampu menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan

E. Materi Pembelajaran
Mengenal bangun datar untuk membentuk pola pengubinan

F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

G. Media Pembelajaran
Gambar pola pengubinan segi empat

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
 Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Peserta didik diminta untuk mengamati lantai kelasnya.
 Guru meminta peserta didik mengamati bentuk dan jumlah ubin yang ada di kelasnya.
 Guru meminta peserta didik mengamati area tempat duduknya.
 Guru meminta peserta didik menghitung jumlah ubin di sekitar area tempat duduknya.
Menanya
 Guru menjelaskan bahwa lantai ruang kelas ditutupi dengan ubin yang memiliki bentuk dan ukuran sama. Dengan demikian ketika disimpan bersebelahan, ubin tersebut dapat menutupi lantai tanpa celah
 Guru membagi peserta didik menjadi empat kelompok. Setiap kelompok mendapat satu lembar tempat untuk pengubinan dan potongan bangun datar untuk melakukan pengubinan.
 Kelompok satu bertugas melakukan pengubinan menggunakan bangun datar persegi, kelompok dua menggunakan bangun persegi panjang, kelompok tiga menggunakan lingkaran, dan kelompok empat menggunakan segitiga.
Mengeksplorasi
 Peserta didik mengamati hasil pengubinannya. Apakah bangun datar yang dimilikinya dapat memenuhi semua permukaan tanpa celah.
 Peserta didik membandingkan hasil kerja dengan kelompok lainnya.
 Peserta didik diminta menyebutkan bangun datar mana saja yang bisa menutupi lahan yang diberikan secara penuh tanpa celah.
Mengasosiasi
 Guru juga meminta peserta didik untuk berlatih melakukan pengubinan sesuai dengan latihan yang ada pada buku siswa
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2. Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda



Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah


____________________ Guru


____________________
NIP. ________________ NIP. _______________















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/2
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
 4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Mengenal panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
 Menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik Mengenal panjang man berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
 Peserta didik mampu menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret
 Peserta didik mampu melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret

E. Materi Pembelajaran
Pengukuran panjang dan berat

F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

G. Media Pembelajaran
Timbangan kecil

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
 Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru memperkenalkan arti panjang dan berat pada peserta didik
 Guru memperkenalkan alat ukur tidak baku dan baku dari pengukuran panjang
Menanya
 Guru mengajak peserta didik mengukur panjang papan tulis dengan alat ukur tidak baku
 Kemudian guru mengajak peserta didik mengukur panjang papan tulis dengan alat ukur baku
Mengeksplorasi
 Guru memperkenalkan alat ukur berat, yaitu timbangan
 Guru mengajak peserta didik mengukur berat penghapus papan tulis
Mengasosiasi
 Guru memberikan motivasi dan penjelasan kepada peserta didik
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis

2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda


Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________ Guru
____________________
NIP. ________________ NIP. _______________


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD
Kelas/ Semester : 1/2
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 X 30 menit

A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
 3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
 4.9 Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 Mengenal panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
 Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu

D. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik mengenal panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
 Peserta didik mampu membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
 Peserta didik mampu mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu

E. Materi Pembelajaran
Mengenal panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu

F. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi

G. Media Pembelajaran
Jam dinding

H. Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Deskripsi Waktu
Kegiatan
Awal
 Guru mengucapkan salam dan dan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
 Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
 Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada hari ini untuk memotivasi peserta didik
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 10 Menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
 Guru membawa jam dinding dan menampilkannya didepan kelas
 Guru memperkenalkan waktu pada peserta didik
Menanya
 Guru bertanya kepada peserta didik siapa diantara mereka yang sudah dapat membaca waktu pada jam
 Guru memperkenalkan arti jarum yang ada pada jam dinding
Mengeksplorasi
 Guru menjelaskan dalam sehari semalam, jam berputar penuh sebanyak 2 kali
 Guru menjelaskan cara membaca jam menggunakan waktu 24 jam
Mengasosiasi
 Guru memberikan contoh soal kepada peserta didik
 Guru mengarahkan jawaban peserta didik
Mengomunikasikan
 Guru memberikan kesimpulan secara umum 40 menit
Kegiatan
Akhir
 Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan
 Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
 Guru menutup kegiatan pembelajaran 10 Menit

I. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis/teknik penilaian:
• Tertulis
2 Bentuk instrumen:
• Tes tulis, Pilihan ganda
Jakarta, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah
____________________ Guru
____________________
NIP. ________________ NIP. _______________

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *