Kultum dan Ceramah tentang Sabar

3 min read

kultum tentang sabar

Kultum dan Ceramah tentang Sabar – Menjadi seorang yang penyabar memang tidaklah mudah. Padahal, Allah dan Rasul SAW memerintahkan kita untuk berlaku sabar kepada siapa saja yang memberi perlakuan buruk kepada kita.

Berikut adalah beberapa contoh pidato dan Kultum Singkat mengenai sabar.

Teks Ceramah Agama tentang Sabar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Untuk variasi pembukaan, silahkan buka contoh pembukaan ceramah

Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nasta’in waala umuriddunya waddin wassalatu wassalamu ala asrofil ambiya’i wal mursalin waala alihi wasohbihi ajma’in ama ba’du.

Segala puji sudah selayaknya selalu kita panjatkan kepada Allah SWT karena telah memberikan nikmat yang tiada tara kepada kita semua. Nikmat sehat, taufik hidayah inayah dan juga nikmat iman dan islam yang sampai detik ini masih kita miliki.

Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang apa itu yang dinamakan sabar.

Asal kata sabar adalah “sobaro-yasbiru” yang berarti menahan.

Bila merujuk pada istilah sabar, sabar itu berarti menahan diri dari segala kesusahan dan menyikapi sesuai dengan syariah serta akal. Sabar juga dapat diartikan sebagai menjaga lisan dari celaan, dan juga menahan seluruh anggota badan untuk tidak melakukan perbuatan dosa.

Dalam islam diajarkan bahwa, dengan sabar, kita akan dapat memperoleh ketenangan dan kebahagiaan sebagai seorang hamba di hadapan Allah SWT. Meskipun sabar itu berat, tapi bila kamu sanggup untuk bersabar, niscaya orang tersebut akan terjaga dari segala macam kemaksiatan yang akan menghancurkan hidupnya baik di dunia maupun di akhirat kelak. Karena bersabar itu hampir sama dengan menahan hawa nafsu, dan Allah SWT senang terhadap orang-orang yang sabar.

Dengan mengedepankan sikap sabar, perlahan kita akan terbiasa melakukannya. Hal ini juga akan berdampak positif kepada ibadah kita kepada Allah SWT. Dengan sabar, niscaya kita akan selalu melaksanakan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Selain membawa kita menuju ketaatan kepada Allah, sabar juga dapat kita jadikan sebagai obat dalam menghadapi segala macam cobaan hidup. Mustahil kita akan menghadapi semua cobaan hidup apabila kita tidak memiliki kesabaran dalam hati kita.

Di dalam Al Quran, sabar berungkali disinggung, begitupun dengan hadis. Dari hal ini menandakan bahwa Allah SWT menghendaki kita sebagai umat-Nya untuk senantiasa berperilaku sabar dalam kehidupan kita.

Sebenar-benarnya sabar adalah ketika kita mampu mengendalikan sikap kita, seperti amarah. Mengendalikan amarah kita menjadi sebuah keikhlasan dan kerelaan dalam menerima semua kondisi yang dihadapi. Tujuannya adalah untuk mengharap ridho Allah SWT dan mengharap kehidupan akhirat yang baik sebagai balasan-Nya nanti.

Berikaitan dengan sabar, Allah SWT berfirman dalam QS Al-Baqarah:153

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Ayat tersebut dengan jelas dan gamblang agar kita semua sebagai umat islam menjadi sabar dan sholat kita sebagai penolong. Hal ini karena janji Allah SWT yang akan selalu bersama orang-orang yang sabar.

Dengan kesabaran, Allah SWT menjanjikan suatu kedudukan yang tinggi kepada kita semua yang mampu melaksanakannya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al – Furqaan ayat 75

أُولَٰئِكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَامًا

Artinya: “Mereka itulah orang-orang yang dibalas dengan kedudukan-kedudukan tinggi (di surga) dengan sebab kesabaran mereka.” (QS. Al Furqan: 75)

Menurut tafsir Jalalayn, ayat tersebut mengandung makna bahwa orang-orang yang kelak berada di syurga adalah mereka yang menjalankan perintah Allah dengan penuh kesabaran. Maka mereka kelak akan mendapatkan martabat yang tinggi dan surga yang paling tinggi pula

Mungkin hanya itu yang dapat bisa saya sampaikan. Mohon dimaafkan apabila ada salah kata dan mungkin menyinggung hati. Manusia tempat khilaf, oleh karena itu saya berharap dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata, wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Baca: Ceramah tentang sedekah 

Ceramah tentang Sabar
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nasta’in waala umuriddunya waddin wassalatu wassalamu ala asrofil ambiya’i wal mursalin waala alihi wasohbihi ajma’in ama ba’du

Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah, dan nikmat yang paling besar adalah nikmat Iman & Islam. Shalawat serta salam tak lupa kita sanjungkan keharibaan nabi besar Muhammad SAW

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan membahas mengenai apat itu sabar. Sabar itu asal katanya dari sobaru – yasbiru artinya menahan.

Istilahnya, sabar itu adalah bagaimana cara kita menahan diri dari kesusahan, amarah, nafsu dan lain sebagainya.

Dalam Islam, sabar merupakan kunci dasar seseorang meraih kebahagiaan baik dunia maupun akhirat. Tapi, yang berat itu menjalankannya. Karena tidak semua bisa melakukan / menerapkan sabar.

Padahal, dengan sabar, banyak manfaat yang akan kita peroleh, misalnya seperti terhindar dari kemaksiatan, terhindar dari tindakan keji missal membunuh dan banyak lagi manfaat yang akan kita peroleh apabila dalam hidup kita diisi dengan kesabaran.

Mengenai sabar, banyak hadits yang menganjurkan kita untuk berperilaku sabar. Bahkan, Al Quran juga menyebutnya berulang-ulang kali. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini dalam Q.S Al Baqarah ayat 153

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Ayat di atas mengisyaratkan kita bahwa orang yang memiliki keimanan tinggi pastilah orang yang memiliki sifat sabar. Karena orang yang beriman menginginkan selalu dekat dengan Allah sepanjang hidupnya.

Sabar juga bisa kita jadikan sebagai kunci pembuka pintu syurga sebagaimana yang difirmankan Allah SWT dalam QS Al Furqan ayat 75 berikut ini

“Mereka itulah orang-orang yang dibalas dengan kedudukan-kedudukan tinggi (di surga) dengan sebab kesabaran mereka.

Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya. Wabilahi taufik wal hidayah, wa ridho wal inayah, wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Baca: Ceramah tentang kematian

Itulah contoh ceramah singkat mengenai sabar. Semoga dapat membantu

Pencarian Populer

  • ceramah singkat
  • ceramah tentang sabar
  • ceramah agama tentang kesabaran
  • Ceramah tentang sabar dan muda untuk dipahami
  • kultum tentang sabar
  • pidato tentang sabar
  • teks pidato tentang sabar

Contoh Kultum Hakikat Syukur Kepada Allah SWT

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh Silahkan pilih variasi Pembukaan ceramah Hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah. Segala puji Allah yang telah melimpahkan ni’mat dan karuniaNya...
Wawasan Edukasi
3 min read

4 Replies to “Kultum dan Ceramah tentang Sabar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *