Cara Menghitung Nilai R dan Membaca / Mencari R dalam Tabel

59 sec read

Wawasan Edukasi – R Tabel merupakan tabel angka yang digunakan untuk menguji hasil uji validitas suatu instrumen penelitian.

Cara membaca R Tabel sebenarnya sangat mudah sekali. Patokan rumus untuk membaca dan menentukan nilai r pada suatu tabel yaitu:

df = n – 2

(tentukan terlebih dahulu pada taraf signifikan berapakah % nilai r yang akan anda cari)

Agar dapat lebih jelas dalam memahaminya, perhatikanlah gambar r tabel berikut ini yang diambil dari bukunya Sugiyono

r tabel

Pada gambar di atas tertulis N dan Taraf Signifikan, dimana N adalah jumlah sampel yang digunakan.

Cara Mencari Nilai r Secara Manual

Mencari nilai r tabel dapat dilakukan menggunakan rumus yang telas saya tulis di atas ( df = n – 2 )

Sebagai contoh, Saya melakukan penelitian dengan menggunakan sebanyak 30 sampel untuk menentukan atau menguji hasil uji validitas instrumen pada penelitian saya. Karena penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pendidikan, maka taraf signifikansi yang saya gunakan adalah yang 5%. Dari data tersebut dapat kita peroleh berapa nilai r tabel yang harus kita gunakan untuk menguji hasil uji validitas pada instrumen saya df = 30 – 2 = 28.

Bila kita melihat pada tabel, pada df atau N 28 dengan taraf signifikan sebesar 5% diperoleh nilai r-tabel sebesar 0,374 sedangkan untuk taraf signifikan 1% diperoleh r-tabel 0,478.

Selanjutnya, nilai r-tabel yang telah kita ketahui ini digunakan sebagai landasan apakah butir-butir instrumen yang telah dibuat sudah valid ataukah belum dengan melihat selisih antara nilai r-hitung dengan r-tabel.

Apabila nilai r-hitung > nilai r-tabel maka item pada instrumen soal tersebut dikatakan valid. Sedangkan apabila nilai r-hitung < r-tabel maka item pada instrumen soal tersebut dikatakan tidak valid.

Kuranglebih seperti itulah bagaimana cara membaca nilai r-tabel. Semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan penelitian Anda.

Jika sudah memahami bab ini, selanjutnya silahkan coba Cara Melakukan Uji Validitas Manual

Cara Membuat Sertifikat

Punya event yang menyediakan sertifikat tapi gak bisa desain sertifikat yang bagus? Tenang, wawasan edukasi sediakan beberapa tips bagaimana cara membuat sertifikat baik secara...
Wawasan Edukasi
31 sec read

Cara Aktivasi Akun PPDB Jakarta Online 2020 di ppdb.jakarta.go.id

Jakarta – Prapendaftaran PPDB Jakarta online dibuka mulai Kamis 11 Juni 2020 hingga 3 Juli 2020 kecuali hari Minggu dan hari libur nasional. Tahap...
Fari Tita
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *