Cara Cek NUPTK Online untuk Guru PNS, Non PNS, dan Tenaga Kependidikan

53 sec read

Jakarta –  Cara untuk mengecek NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan online ternyata sangat mudah. Dikutip dari situs Kemendikbud, cek NUPTK dilakukan guru dan tenaga kependidikan untuk mengetahui status yang nantinya diperlukan untuk identifikasi.

Berikut cara cek NUPTK Online untuk guru PNS, non PNS, dan tenaga kependidikan:

  1. Masuk situs http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status
  2. Isi kolom kosong dengan nomor NUPTK sebanyak 16 angka yang unik dan tetap
  3. Selanjutnya, muncul data Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), NIK, dan status NUPTK.

Cek NUPTK dengan hasil NUPTK aktif mengindikasikan nomor tersebut telah terdaftar di Kemendikbud. GTK berpeluang mengikuti kegiatan terkait pendidikan dan peningkatan mutu serta kinerja guru dan tenaga kependidikan.

Situs Kemendikbud menerangkan, NUPTK milik GTK tidak akan berubah meski yang bersangkutan pindah tempat mengajar. Perubahan riwayat status kepegawaian atau data lainnya juga tidak akan mengubah nomor milik guru dan tenaga kependidikan tersebut.

GTK bisa cek NUPTK dan memiliki nomor tersebut dengan memastikan semua data telah diinput dalam aplikasi Dapodikdasmen atau dapodikpauddikmas. Data selanjutnya mengalami verifikasi dan validasi (verval) dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud.

Bagi GTK yang belum memiliki NUPTK akan diusulkan ke sekolah induk secara sistem untuk melengkapi semua dokumen sesuai syarat yang diperlukan. Dokumen tersebut dikirim ke dinas pendidikan kabupaten atau kota melalui sistem Aplikasi Verfal GTK untuk diverifikasi.

Setelah dinas pendidikan menyatakan lolos verifikasi, dokumen selanjutnya diperiksa Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) secara sistem. Verifikasi selanjutnya dilakukan PDSPK hinga nomor tersebut terbit, hingga guru dan tenaga kependidikan bisa cek NUPTK di situs Kemendikbud.

Cara Aktivasi Akun PPDB Jakarta Online 2020 di ppdb.jakarta.go.id

Jakarta – Prapendaftaran PPDB Jakarta online dibuka mulai Kamis 11 Juni 2020 hingga 3 Juli 2020 kecuali hari Minggu dan hari libur nasional. Tahap...
Fari Tita
2 min read

Cara Cetak PIN/Token PPDB Jakarta 2020 di ppdb.jakarta.go.id

Jakarta – PIN atau Token menjadi salah satu syarat dalam pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di DKI Jakarta melalui portal ppdb.jakarta.go.id. Cara pengajuan...
Fari Tita
1 min read

Jadwal dan Tatacara Pendaftaran Fasilitator dan Pendamping Guru Penggerak

Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah mempersiapkan peluncuran program Guru Penggerak. Untuk itu, Kemendikbud membuka kesempatan bagi widyaiswara, guru, kepala sekolah, dan praktisi...
Fari Tita
54 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *