4 Hal yang Harus Disiapkan jika Ingin Membuka Sekolah saat New Normal

55 sec read

Jakarta – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai rencana pembukaan sekolah untuk kegiatan belajar mengajar di masa New Normal harus memperhatikan banyak hal. Hal itu kepentingan keselamatan nyawa murid, guru, kepala sekolah, dan tenaga pendidikan lainnya.

“Seandainya memang sudah diputuskan (pembukaan sekolah) berbasis data yang jelas bersama Gugus Tugas Covid-19 dan sekolah dibuka maka protokol harus sangat ketat. Ada empat hal yang mesti disiapkan,” kata Wakil Ketua FSGI, Satriwan Salim kepada Kompas.com, Kamis (4/6).

Yang pertama, regulasi terkait pembukaan sekolah terkait metode pembelajaran, pengaturan kelas, dan protokol kesehatan di sekolah.

Kedua, terkait anggaran. Pemerintah pusat dan daerah juga mesti menyiapkan anggaran terkait pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 di sekolah. “Kalau misalnya siswa dan guru mau rapid test, tes Swab. Tes swab itu kan mahal dan besar anggarannya,” katanya.

Ketiga, terkait infrastruktur dan penanggung jawab serta sumber anggaran. Satriwan mengatakan harus ada juga penyiapan infrastruktur penunjang kebersihan dan kesehatan seperti alat pelindung dasar, tempat cuci tangan, hand sanitizer masker, dan lainnya.

“Keempat, kesiapan SDM yang mana itu gurunya. Bagaimana pengelolaan belajar di masa pandemi. Ini kan harus diberikan pemahaman kepada gurunya misalnya pelatihan. Ini perlu kesamaan pandangan guru, siswa, dan orangtua,” tambahnya.

Menurutnya, empat hal ini belum dilakukan oleh pemerintah. FSGI, lanjutnya, tetap menilai terlalu berbahaya mengorbankan nyawa guru dan siswa meskipun sekolah berada di zona hijau. “Karena kendalanya gini, oke sekolah di zona hijau tapi siswa dan guru ada di zona merah. pertanyaan saya, bagaimana siswa dan guru yang pakai angkutan umum. apakah mereka steril dari Covid? rumahnya di zona merah datang ke sekolah,” kata Satriwan.

PPDB KABUPATEN JOMBANG SUDAH DIBUKA, BURUAN SIAPKAN DIRIMU!

Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Jombang sudah dibuka untuk umum. Pemerintah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana guna memperlancar kegiatan tersebut. Mulai dari sistem...
Ima Ruhma
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *