Contoh Pidato Pendidikan

Contoh Pidato Pendidikan

Contoh Pidato Pendidikan – Pidato merupakan sebuah aktivitas yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan, pidato dilakukan di lingkup sekolah, kantor, perguruan tinggi, masjid, dan lembaga tertentu. Jenisnya pun beragam, mulai dari pidato keagamaan, kemerdekaan, lingkungan, dan tentang pendidikan.

Dalam artikel ini kami akan menyajikan contoh pidato mengenai pendidikan. Pidato yang baik haruslah menggunakan bahasa yang baik dan benar. Jelas dan mudah dipahami oleh pendengar. Berikut contoh pidato yang kami rangkumkan:

 

10 Contoh Naskah Pidato tentang Pendidikan

Pentingnya Karakter dalam Pendidikan

Assalamualaikum, Wr. Wb.Selamat pagi dan salam sejahtera.

Baca: 40 Contoh Pembukaan Pidato

Yang saya hormati bapak kepala sekolah, yang saya hormati pula bapak ibu guru teman-teman yang saya sayangi.

Pertama marilah kita panjatkan puja-puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Yang berkat rahmat dan hidayat-Nya kita masih diberi kesehatan untuk berkumpul di tempat ini. Pada hari ini saya berkesmpatan untuk menyampaikan satu dua patah kata mengenai pendidikan di Indonesia.

Salah satu tujuan negara Indonesia adalah mencapai pendidikan yang berkualitas. Dengan pendidikan masyarakat serta anak didik penerus bangsa dapat belajar menggantikan ketidaktahuannya dengan ilmu baru yang berguna bagi dirinya dan bagi bangsa. Pendidikan sendiri harus berjalan dengan secara teratur dan berkelanjutan agar mampu menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas.

Dewasa ini, perlu diketahui negara Indonesia mengekspor barang elektronik dari negara lain. Misalkan: motor, mobil, pesawat, handpone, sepeda, bahkan mengekspor bahan makanan dari negara lain. Hal ini sungguh perlu mendapat perhatian dari kalangan masyarakat dan generasi penerus bangsa. Pertanyaannya adalah “Mengapa Indonesia harus mengekspor barang tersebut dari negara lai? Tidak bisakah Indonesia membuatnya sendiri?” Kunci dari jawaban tadi adalah “pendidikan”. Pendidikan yang didapat orang Indonesia sebenarnya tidak kalah dari pendidikan yang didapat oleh orag luar. Tapi mengapa orang Indonesia selalu tertinggal dengan mereka? Pendidikan yang di dapat di luar negeri tidak hanya bermodal buku dan pengetahuan, namun juga kedisiplinan yang tinggi dan ketekunan yang terus menerus. Itulah yang membedakan pendidikan di Indonesia dengan pendidikan yang ada di luar negeri.

Perlu diketahui teman-teman semua, rasa malas adalah penyakit orang Indonesia dalam hal menempuh jenjang pendidikan. Kita kalah semangat dengan orang orang yang berada di luar negeri misalkan saja negeri Jepang. Dalam masyarakat Jepang disiplin adalah sebuah prinsip yang harus dijalani setiap hari dan setiap waktu. Nah, hal ini sungguh bertolak belakang dengan masyarakat Indonesia yang terkenal dengan istilah “jam karet”. Time is money, itu berarti waktu sangatlah berharga. Pun dalam pendidikan yang jika kita terlambat datang 15 menit ke sebuah pertemuan seperti sekarang ini, itu artinya kita kehilangan transfer ilmu yang seharusnya kita dapatkan selama 15 menit.

Sekali lagi, pendidikan merupakan dasar dari sebuah kemajuan bangsa. Pendidikan adalah sarana penunjang untuk kehidupan yang lebih baik. Maka dari itu, kita sebagai pendidik haruslah lebih bersunguh sungguh dalam melakukan transfer ilmu kepada peserta didik. Hal itu demi tercapainya tujuan hidup yang lebih baik bagi peserta didik dan bangsa Indonesia.

Semoga pendidikan yang gencar mendapat perhatian pemerintah mampu membawa Indonesia ke peringkat yang lebih baik lagi. Siapa yang akan bangga jika bangsa kita menjadi besar? Tidak lain dan tidak bukan adalah diri kita sendiri. Maka dari itu mari disiplin dalam mengajar, mari disiplin dalam mendisiplinkan peserta didik kita. Agar kehidupan kita dan kehidupan peserta didik kita menjadi lebih baik lagi.

Sekian, pidato dari saya semoga membawa manfaat untuk kita semua. Akhir kata sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum, Wr.Wb.

 

Pentingnya Pendidikan Bagi Anak

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah

Yang saya hormati bapak ibu guru sekalian.

Serta bapak ibu wali murid yang saya muliakan.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada rasa syukur yang paling pantas diucapkan selain memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat-Nya kita dapat berkumpul di sini untuk membicarakan permasalahan seputar pendidikan.

Hadirin sekalian yang daya hormati, perlu kita ketahui bahwa pendidikan merupakan pilar dasar yang berperan dalam pembangunan bangsa. Melalui pendidikan kualitas sumber daya manusia di suatu negara dapat terlihat dan terukur dengan jelas. Maka dari itu pemerintah selaku penggerak masyarakat serta pemegang kebijakan pendidikan harus mampu menjamin terselenggaranya pendidikan di Indonesia secara merata.

Namun, yang disayangkan di sini adalah kurangnya kesadaran dan perhatian masyarakat pada pendidikan itu sendiri. Masyarakat masih cenderung menganggap bahwa pendidikan adalah hal yang tidak begitu penting. Sehingga banyak anak yang tidak mencapai pendidikan dasar yang harusnya mereka lalui demi masa depannya. Banyak anak yang saat ini sudah bekerja, padahal seharusnya tempat mereka adalah di sekolah. Kondisi seperti ini kerap sekali terjadi pada keluarga yang tidak mampu.

Kami selaku pihak sekolah ingin memberikan informasi betapa pentingnya pendidikan bagi anak-anak selaku penerus bangsa. Proses informasi tersebut dapat melalui cerita cerita sukses yang dapat menginspirasi orangtua maupun anak-anak itu sendiri. Bahwasanya mereka mempunyai kemungkinan sukses dengan cara yang sama dengan tokoh cerita. Kami selaku guru ingin menyampaikan bahwa pendidikan merupakan jalan yang tepat untuk meningkatkan taraf ekonomi di kemudian hari. Memang hasil pendidikan tidak bisa dirasakan saat itu juga. Namun dapat bermanfaat di kemudian hari untuk bekal menccari kerja ataupun mendirikan sebuah usaha.

Banyak orang tua yang mengeluhkan bahwa anak mereka tidak pintar. Untuk apa sekolah tinggi-tinggi. Pemikiran ini harus segera diluruskan. Justru jika orang tua merasa anak mereka tidak pintar, satu—satunya jalan adalah membuat mereka pintar dengan sekolah. Di sekolah inilah mereka akan mendapatkan pendidikan sebagai alat untuk menjemput masa depan.

Akhir kata, semoga Allah SWT memberikan rahmat dan kekuatan untuk tetap memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak kita. Terima kasih atas perhatian bapak ibu sekalin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Peran Guru dalam Pendidikan

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yang terhormat bapak ibu guru sekalian. Marilah kita panjatlan puji syukur yang sebanyak banyaknya atas pemberian rahmat dan kesehatan untuk kita. Bahwasanya kita dapat berkumpul di aula sekolah ini dengan sehat walafiat tidak kurang suatu apapun.

Seringkali kita mendengar ucapan mengenai peningkatan mutu pendidikan. Pada umumnya kita mengartikan mutu pendidikan dengan pengertian tinggi rendahnya kualitas nilai yang ada dalam pendidikan di Indonesia. Pengertian ini tidaklah salah, hanya saja penentuan kualitas peningkatan mutu pendidikan tidak hanya dilihat dari faktor tinggi rendahnya nilai dalam proses pendidikan.

Pendidikan dikatakan mengalami kenaikan mutu apabila hasilnya tampak dalam kemampuan dan keinginan individu untuk menjalin hubungan yang serasi dan seimbang. Sehingga berdampak pada kenaikan hasil sumber daya manusia. Berhasil tidaknya peningkatan mutu di Indonesia salah satunya ditentukan oleh faktor pendidik.

Maka dari itu, kita sebagai guru sekaligus pendidik bagi peserta didik, haruslah meningkatan kemampuan guru dalam berbagai hal. Peningkatan di sini tidak hanya meningkatkan kemampuan guru dalam hal mengajar, namun juga kemampuan mengelola semua proses dalam hal belajar mengajar. Itu berarti guru harus mampu meningkatkan perbaikan program pendidikan pra jabatan serta peningkatan kualitas diri.

Untuk proses peningkatan mutu pendidikan, sekolah sendiri sudah melakukan berbagai upaya. Contohnya yaitu pembinaan rutin dalam menggunakan media elektronik baik gadget maupun laptop. Yang dewasa ini kedua alat tersebut mampu membantu proses pembuatan perangkat pembelajaran menjadi lebih rapi dan lebih cepat. Sehingga terdapat peningkatan mutu guru dalam proses pendidikan.

Besarnya peran guru dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia membuat guru harus serba bisa dalam proses pendidikan yang dilalui baik di dalam maupun di luar sekolah. Kompetensi profesional yang dimiliki guru diharapkan mampu membawa peningkatan mutu dalam pendidikan di Indonesia.

Inilah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Kepada hadirin sekalian, saya uccapkan terima kasih banyak.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

Pentingnya Pendidikan Bagi Masa Depan

Yang saya hormati bapak ibu guru.

Bapak ibu wali murid yang berbahagia. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan anugerahnya kita dapat bertemu di tempat ini dengan keadaan sehat.

Pada kesempatan hari ini saya selaku kepala sekolah akan membahas mengenai pentingnya pendidikan bagi masa depan anak-anak kita. Tujuan pendidikan adalah mencetak generasi yang berakhlak dan generasi yang cerdas. Jadi pendidikan tidaklah hanya membahas mengenai proses transfer ilmu dari pendidik kepada peserta didik.

Bapak ibu yang saya hormati, pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dari kemajuan bangsa. Pendidikan itu sendiri sangat berpengaruh bagi kehidupan baik pribadi, lingkungan dan negara. Namun sayangnya tidak semua anak dapat mengenyam pendidikan yang tinggi. Banyak sekali faktor penghambat pencapaian pendidikan yang dilakoni anak-anak di Indonesia. Salah satunya yaitu akses jalan menuju sekolah. Di beberapa tempat siswa sekolah haruslah menyeberang sungai dan berjalan kaki hingga puluhan kilometer. Ada juga siswa yang tidak mendapat dukungan dari orangtua untuk melanjutkan sekolah, entah karena alasan ketidaktauan orang tua atau karena faktor ekonomi. Dengan melihat itu semua, alangkah lebih baik kita yang berada di tempat yang mendukung untuk melakukan sebuah pendidikan, mendukung adanya proses belajar pada anak-anak.

Dengan berbekal pendidikan yang tinggi, anak-anak mampu menguasai keahlian khusus dengan cakap. Sehingga mampu menjadi bekal untuk memasuki dunia kerja dan mampu bersaing dengan yang lainnya.

Kita sebagai orang tua dari generasi penerus bangsa alangkah baiknya jika mendukung dan terus memberikan motivasi untuk mereka agar lebih giat belajar. Perhatian dan motivasi orang tua pada anak mampu memberikan semangat sehingga prestasi belajar anak di sekolah meningkat. Maka dari itu bapak ibu yang saya hormati, sesibuk apapun kita pada pekerjaan. Tetap luangkan waktu untuk membimbing anak dengan memberinya pendidikan yang terbaik agar masa depannya cerah.

Sekian pidato dari saya, jika ada kurangnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih saya ucapkan kepada hadirin sekalian.

 

Pentingnya Pendidikan Moral

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama tama dengan segala puji bagi Allah SWT yang sudah memberikan limpahan rahmat, taufik serta hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat menikmati udara segar dan berkumpul di tempat ini dengan sehat walafiat.

Kedua kalinya, sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Baginda Besar Muhammad SAW yang telah memberikan tuntunan dan syafaatnya sehingga kita menemui masa yang terang benderang setelah masa jahiliyah yang panjang.

Bapak ibu hadirin yang berbahagia. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan beberapa hal terkait dengan pentingnya pendidikan moral. Perlu diketahui bahwa suatu bangsa dianggap lemah apabila masyarakatnya tidak menunjukkan dan menerapkan norma dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu menjaga moral dalam lingkungan baik di keluarga maupun masyarakat sangatlah penting dan krusial. Pendidikan moral sudah terbukti menjaga dan menjauhkan kita dari pengaruh buruk perkembangan zaman pada saat ini.

Dalam perkembangan di era digital ini, manusia dibuat serba enak dan mudah. Hal ini seharusnya menjadi pengingat untuk kita bahwasanya kemajuan era digital ini harus membawa dampak baik dalam kehidupan. Jangan sampai kemajuan zaman justru menyeret kita dalam lingkup yang negatif.

Sebagai orang tua yang saat ini memiliki anak yang pintar memainkan gadget alangkah baiknya jika orang tua menerapkan pendidikan moral sedini mungkin. Pendidikan moral yang utama dan pertama dimulai dari keluarga. Maka dari itu bapak ibu mempunyai peran penting untuk menjaga moral anak-anaknya dengan memberikan sebuah pendidikan yang baik dan berakhlak.

Pemberian pendidikan moral kepada anak mampu memberikan benteng diri dari hal-hal dan pergaulan yang negatif. Arti sebuah moral dalam kehidupan sangatlah penting. Moral mampu menopang dan memperkokoh rasa persatua dan kesatuan antar manusia. Dukungan moril dan perhatian dari bapak ibu juga snagatlah penting untuk mendukung adanya pendidikan moral ini. Hal ini dapat dimulai dengan mengajarkan kepada anak-anak kita akhlak dan agama yang baik agar senantiasa terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh

 

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

Puji kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat-Nya kepada kita.Sehingga kita dapat berjumpa dan berkumpul di tempat ini dalam rangka mengikuti bimbingan karakter ini.

Ucapan terima kasih saya haturkan kepada wali murid dan peserta didik yang berkenan hadir pada kesempatan kali ini. Dengan mengikuti bimbingan karakter ini bapak, ibu dan anak-anak sekalian, insyaAllah akan mendapatkan illmu yang bermanfaat.
Bapak ibu yang saya hormati dan anak-anakku yang kusayangi.
Usia remaja merupakan masa dimana pergaulan dan pendidikan yang diperoleh anak akan berpengaruh pada masa depannya. Di mana pada usia remaja ini, biasanya anak-anak sudah waktunya mencari jati diri dengan mulai beraur di masyarakat. Nah, hal ini haruslah mendapat perhatian dari orang tua, bahwasanya anak-anak harus bisa memilih pergaulan yang sehat. Dewasa ini jika para remaja ini salah dalam memilih pergaulan, akan berimbas pada masa depannya.

Usia remaja harusnya adalah usia dimana anak-anak melakukan berbagai macam hal yang positif guna menjadi bekal hidupnya kelak. Saya berharap bahwa orangtua dapat menggiring anaknya memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang positif.
Untuk mendukung dan membantu peran orangtua dalam mendidik anak-anak menuju masa depan yang cerah, kami selaku guru dan pendidik, mengadakan bimbingan pendidikan karakter ini. Pendidikan karakter ini akan menjadi nahkoda untuk anak-anak agar tidak salah jalan ketika dewasa nantinya. Sehingga mereka akan menjadi manusia yang bermanfaat untuk dirinya sendiri, orang tua, dan masyarakat.

Demikianlah pidato singkat dari saya. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Akhir kata terimakasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

KENAKALAN REMAJA DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH

Bissmillahirahmanirahim.

Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati bapak ibu guru dan teman-teman yang kucintai.

Puji syukur atas anugerah Allah SWT karena limpahan rahmat-Nya kita semua dapat berkumpul di sekolah ini dengan keadaan sehat walafiat.Berkumpulnya kita di sini dalam rangka seminar mengenai Pendidikan di Sekolah.Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman panitia yang memberi kesempatan kepada saya untuk menjadi perwakilan seluruh siswa untuk menyampaikan pidato singkat ini.

Hadirin yang saya muliakan,

Sekolah merupakan tempat pengajaran dan pendidikan tidak lepas dari intensitas kenakalan remaja. Masalah itu akan muncul seiring usia peserta didik. Usia rawan yang biasanya terjerat masalah adalah usia remaja seperti kita. Kenalan remaja yang sering kita dengar dan jumpai di sekitar kita adalah perkelahian pelajar, penggunaan obat terlarang, pencurian yang melibatkan pelajar, bahkan yang paling parah adalah terjadinya hamil di luar nikah.Naudzubillahhimindzalik.

Jelas, ini adalah tantangan dan persoalan yang tidak hanya dirasakan oleh orangtua namun juga oleh para guru di sekolah.Bagaimanapun juga guru adalah orangtua kita ketika berada di sekolah.

Seperti yang kita dengar, masalah dan penyimpangan kenakalan remaja dewasa ini terus meningkat.Hal yang biasanya sering dilakukan oleh pelajar ketika di sekolah diantaranya adalah membolos, colut, berkelahi, mencuri, bahkan terjadi penganiayaan dan pelecehan di antara sesama siswa.Hal tersebut membuat citra sekolah menjadi rusak sehingga menimbulkan prasangka buruk di ligkungan masyarakat sekitar sekolah.

Masalah seperti ini akan menjadi masalah yang serius apabila dibiarkan tanpa penanganan. Penanganan dari pihak sekolah saja tidak cukup.Haruslah dibantu oleh orang tua murid agar lebih cepat dalam mengatasi masalah. Hal yang tidak kalah penting yaitu kesadaran diri dari siswa itu sendiri yang akan menjadi kunci dari keberhasilan meminimalisir kenakalan remaja dalam pendidikan sekolah.

Jadi mari teman temanku semua, bersama-sama membangun karakter untuk menanggulangi racun dalam kenalakan remaja di sekolah.

Demikian pidato dari saya.Ada kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum, wr.Wb

HAMBATAN BELAJAR DALAM PENDIDIKAN

Selamat pagi bapak ibu guru yang saya hormati.
Bismillahirahmanirrahim
Assalamualaikum Wr.Wb
Puji syukur atas anugerah Tuhan yang memberikan kesempatan dan kesehatan untuk kita dapat berkumpul di tempat ini dengan selamat.Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan pidato mengenai permasalahan belajar yang sering dialami oleh peserta didik.
Hadirin yang hormati,
Belajar sangat penting bagi kita semua apalagi untuk generasi muda yang merupakan cikal bakal tunas bangsa. Namun dalam prosesnya seringkali kita menemui beberapa kendala dalam belajar.Kendala tersebut biasanya datang dari faktor eksternal dan internal.
Faktor eksternal yaitu faktor yang datang dari luar pribadi yang bersangkutan.Misalnya faktor pergaulan, pengasuhan orangtua, dan sarana prasarana belajar yang didapat oleh peserta didik.Sedangkan faktor internal yaitu faktor yang muncul dari diri sendiri.Misalnya faktor kesehatan dan faktor psikologis. Dalam hal ini faktor psikologislah yang paling mempengaruhi dan memberikan dampak pada proses pembelajaran. Faktor psikologis ini sendiri terdiri dari intelegensi, perhatian, minat, bakat, motivsi, kematangan dan kesiapan.
Pertama adalah intelegensi, dimana hal ini berkaitan dengan kecapakan dalam menyesuaikan diri dengan sesuatu hal yang baru. Intelegensi ini jika diasah dan diperhatikan akan membuat seseorang lebih maju dalam mengerjakan sesuatu di suatu bidang.
Kedua adalah perhatian. Banyak peserta didik yang tidak fokus dalam proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini menjadi tantangan bagi pendidik untuk membuat proses pembelajaran lebih menarik lagi. Ketika suatu pembelajaran dianggap menarik oleh peserta didik, maka tingkat kefokusan mereka akan meningkat.
Ketiga yaitu minat.Minat adalah sebuah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati oleh peserta didik akan dilakukan dengan perasaan gembira dan ikhlas. Maka dari itu kita sebagai pendidik harus mampu membaca minat dari peserta didik sehingga mampu mengarahkan mereka kepada hal-hal yang bermanfaat untuk masa depannya kelak.
Keempat yaitu perhatian, dimana perhatian merupakan sifat yang sementara dan tidak berlangsung lama.Misalkan saja seorang guru menerangkan pelajaran Matematika dengan metode pembelajaran yang menarik.Tentu saja dalam waktu itu pengajaran guru mendapat perhatian yang cukup antusias. Namun ketika sang guru menjelaskan materi yang sama dengan metode yang biasa peserta didik akan meresponnya dengan biasa pula.
Kelima yaitu bakat dari seorang peserta didik. Bakat yang diasah dan dikembangkan akan menjadi sebuah kecakapan yang mumpuni. Oleh karena itu bakat merupakan hadiah Tuhan pada diri seiap insan ketika lahir.Banyak peserta didik yang tidak berbakat dalam pelajarn tertentu.Tugas kita sebagai pendidik adalah membantu mereka dalam mengatasi kesulitan tersebut.
Keenam adalah kematangan usia. Jika peserta didik sudah mencapai kematangan usia pada saat itu, akan lebih mudah untuk merespon ilmu yang diberikan guru. Karena otaknya sudah mampu menerima ilmu tersebut dengan nalar dan logika yang benar.
Yang terakhir adalah kesiapan.Kesiapan adalah respon atau kesediaan untuk memberikan reaksi. Jika peserta didik belum siap dalam menerima ilmu, maka dipastikan proses transfer ilmu yan diberikan oleh guru kepada mereka akan terhambat.
Hadirin yang saya hormati,
Berkaitan dengan faktor yang saya sebutkan tadi, kita dapat melihat sendiri beberapa hambatan pada peserta didik diantaranya adalah (1) peserta didik tidak merasakan manfaat dari belajar, (2) takut akan kegagalan (3) tidak menyukai topik pembelajaran, (4) merasa sudah tahu segalanya, (5) dipaksa hadir mengikuti pembelajaran, (5) merasa bosan.
Dengan melihat beberapa permasalahan yang dialami peserta didik.Kita sebagai pendidik dapat menolong mereka dengan memberikan motivasi agar permasalahan dari faktor internal mereka dapat teratasi minimal dapat berkurang.Jadi untuk bapak ibu semuanya, saya minta untuk tetap semangat dalam membatu peserta didik mengatasi hambatan-hambatan tersebut.
Sekian pidato dari saya.Jika ada perkataan yang tidak berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Waalaikumsalam, Wr.Wb

9 (GLOBALISASI PENDIDIKAN)
Assalamualaikum
Yang terhormat Bapak kepala sekolah, yang saya hormati bapak ibu guru sekalian.Serta siswa siswi yang kusayangi.
Alhamdulillah dan puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT yang memberikan hidayah sehingga kita dapat berkumpul di sini dengan sehat.
Disini saya akan berbicara mengenai globalisasi pendidikan. Mungkin kita semua sudah sering mendengar kata globalisasi. Kali ini saya berdiri di sini untuk mengingatkan kita semua pengaruh globalisasi dalam pendidikan di Indonesia.
Globalisasi berasal dari kata global yang berarti menyeluruh. Jadi jika diartikan globalisasi adalah proses penyebaran informasi secara mendunia.
Dalam dunia pendidikan globalisasi juga ikut andil dalam prosesnya.Dewasa ini semua peserta didik sudah memiliki gadget dalam keseharian mereka.Fungsi dari gadget ini untuk beberapa peserta didik sudah dalam jalurnya.Namun dalam faktanya banyak peserta didik yang menyalahgunakan fungsi gadget.Dalam prosesnya peserta didik hanya melakukan pengetikan via google untuk mendapat jawaban dari beberapa soal.Hal ini tentu saja mempermudah peserta didik mendapatkan jawaban.Namun hal ini menimbulkan rasa malas untuk membaca.
Sekarang ini peserta didik lebih asyik membaca chating daripada membaca buku.Lebih asyik membaca komik di HP daripada membaca cerita bergambar.Hal ini tentu saja membuat peran globalisasi tidak digunakan secara baik dan tepat.
Saya menghimbau kepada semua teman guru dan semua peserta didik untuk tidak menomor satukan gadget dalam proses pembelajaran. Kadangkala belajar dengan sesuatu yang klasik seperti membaca itu sebenarnya lebih asyik.
Demikian himbauan dari saya.Semoga dapat menjadi pengingat dan bermanfaat.Sekian dari saya dan terimakasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb

10 (PENDIDIKAN MORAL)
Assalamualaikum Wr. Wb
Yang terhormat bapak kepala sekolah serta bapak ibu yang saya hormati.
Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas limpahan rahmat dan taufik-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan baik-baik saja di hari yang indah ini. Terima kasih saya ucapkan atas kesempatan yang telah diberikan untuk menyampaikan pidato mengenai pendidikan moral ini.
Pendidikan moral merupakan kebutuhan dasar yang harus diajarkan kepada setiap generasi bangsa.Sayangnya pendidikan moral ini sering tidak mendapat perhatian dalam penerapannya di dalam pendidikan formal. Banyak yang berasumsi sekolah adalah proses yang harus membuat siswa pandai dan mendapatkan nilai yang baik di sekolah. Tidak, tidak seperti itu seharusnya.
Seharusnya ketika siswa ditanya mana yang lebih penting antara pengetahuan atau moral?Mereka harusnya menjawab moral.Karena morallah yang membuat ilmu pengetahuan dapat diterapkan sesuai dengan porsi dan tempatnya.Pendidikan moral mampu membekali siswa menjadi masyarakat yang berguna dan bermanfaat kelak di kehidupan sosial.
Tanpa pendidikan moral saya yakin Indonesia akan menjadi negara yang berantakan. Karena tidak adanya nilai dari sisi hati nurani yang dilakukan.Pendidikan moral sendiri merupakan landasan yang harus diterapkan dalam masyarakat.
Anak-anakku yang kusayangi.Jangan lelah mencari ilmu.Bekali pengetahuan kalian dengan pendidikan moral yang sesuai dengan landasan di negara kita. Jauhi perilaku buruk dan lingkungan yang buruk agar masa depan kalian dapat terarah.
Demikian kata pidato dari saya.Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Sekian.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Itulah beberapa contoh pidato dengan tema pendidikan. Semoga dapat bermanfaat.

Lihat juga:

  1. Contoh Pidato Agama
  2. Contoh Pidato Perpisahan
  3. Contoh Pidato tentang Narkoba

Leave a Comment