Sejarah: Pengertian dan Ruang Lingkup

Sejarah: Pengertian dan Ruang Lingkup

Pengertian Sejarah – Apa yang dimaksud dengan sejarah? Pada umumnya pengertian sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu dan dapat diketahui dengan melihat peninggalan pada masa itu.Pada dasarnya sejarah adalah pondasi yang menyusun berbagai ilmu pengetahuan.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, sejarah adalah merupakan asal-usul, kejadian ataupun peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau.

Ada 3 aspek yang saling melengkapi satu sama lain. Aspek tersebut yaitu:

1. Masa Lalu
Suatu kisah atau gambaran kehidupan manusia pada masa lampau.Masa lalu ini dapat membentuk hubungan sebab akibat pada suatu peristiwa.Setelah manusia mengenal tulisan, mereka mencoba mendokumentasikan masa lalu ke dalam sebuah tulisan.Sayangnya tidak semua masa lalu yang penting tercatat dalam sejarah.

2. Masa Kini
Masa yang dialami manusia pada saat ini sehingga dapat menentukan sebuah masa depan. Manusia mempelajari masa lalu untuk meminimalisir kesalahan pada masa kini.Sehingga didapatkan kehidupan yang lebih baik pada masa kini.

3. Masa Depan
Masa yang akan datang dimana segala sesuatu masih bersifat gaib atau belum diketahui. Masa depan seringkali bergantung pada masa kini yang telah dilakukan oleh manusia. Biasanya masa kini yang bersifat baik akan memunculkan masa depan yang baik pula.

 

Pengertian Sejarah Menurut Ahli

Beberapa orang telah menyimpulkan pengertian dari sejarah. Berikut kami rangkumkan guna menambah informasi Anda:

1. Aristoteles
Pengertian sejarah menurut Aristoteles adalah satu sistem yang meneliti satu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Menurut Aristoteles pada kesempatan yang lain, sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod, atau bukti-bukti yang konkret.

2. Benedetto Croce
Sejarah menurut Benedetto Croce adalah rekaman kreasi jiwa manusia di semua bidang baik teoritikal maupun praktikal.Kreasi spiritual ini lahir dalam hati dan pikiran manusia yang mengutamakan tindakan atau perilaku yang condong ke arah agama.

3. J. Bank
J. Bank mengungkapkan pengertian sejarah adalah suatu kejadian ataupun peristiwa yang terjadi di masa lampau.

4. John Tosh
John Tosh mengatakan bahwa sejarah merupakan memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial orang-orang dan prospek orang-orang tersebut di masa yang akan datang.

5. Nugroho Notosusanto
Menurut Nugroho Notosusanto, sejarah adalah berbagai peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau. Sejarah berarti pula kisah mengenai segala peristiwa itu, kisah itu disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa.

6. Mohammad Hatta
Pengertian sejarah menurut Mohammad Hatta adalah dalam wujudnya tentang masa lampau.Sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria dari kejadian masa lalu, tetapi pemahaman masa lampau yang mengandung dinamika, mungkin berisi problematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

7. Mohammad Ali
Sejarah menurut Mohammad Ali adalah keseluruhan dari perubahan dan unsur kejadian-kejadian yang benar-benar terjadi. Perubahan-perubahan tersebut menyelidiki peristiwa yang terjadi di masa lampau/

8. Muhammad Yamin
Muhammad Yamin memberikan pengertian sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

9. Ibnu Khaldun
Ibnu Khadung mengatakan bahwa sejarah adalah catatan masyarakat terdahulu tentang peradaban, watak dan sifat dari masyarakat umum. Catatan ini dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk mempelajari sifat, kepintaran, dan kesalahan masyarakat pada zaman dahulu.

10. Roeslan Abdulgani
Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgania adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti ataupun menyelidiki secara teratur serta secara prosedural.Serta menjadi bukti pada kejadian-kejadian yang dinilai secara kritis.

 

SUMBER SUMBER SEJARAH

Sumber sejarah adalah hal-hal pokok yang mengacu pada kejadian di masa lampau.Muhammad Ali percaya bahwa sumber sejarah merupakan semua hal yang bermanfaat bagi penelitian sejarah dari jaman purba hingga saat ini, baik itu yang memiliki wujud ataupun yang tidak berwujud. Berikut adalah beberapa sumber sejarah :

1. Sumber Lisan
Sumber lisan di dalam sejarah adalah sebuah keterangan yang didapat dari pelaku sejarah atau saksi secara langsung.Misalkan saja, cerita mengenai rakyat yang mendengarkan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

2. Sumber Tulisan
Sumber tulisan ini didapat dari berbagai tulisan dari orang-orang pelaku sejarah, saksi atau bahkan pengamat sejarah kala itu.Contohnya adalah media cetak, diari, naskah, rekaman, atau dokumen.

3. Sumber Benda
Masih ada lagi sumber sejarah yaitu sumber benda.Sumber benda terdiri dari barang-barang peninggalan jaman dulu atau artefak pada kebudayaan masa lampau.Misalkan saja candi, gerabah, patung dan lain sebagainya.
Sumber sejarah diklasifikasikan menjadi beberapa urutan penyampaiannya. Berikut adalah penjelasannya:

• Sumber Primer
Sumber sejarah dari sebuah peninggalan asli sejarah.Misalkan saja candi, prasasti, patung dll.

• Sumber Sekunder
Merupakan tiruan dari benda asli bersejarah atau sumber pustaka dari ahli sejarah yang paham betul mengenai sejarah suatu peradaban. Contohnya adalah terjemahan kitab kuno, laporan penelitian dll

• Sumber Tersier
Buku sejarah yang dibuat berdasarkan obeservasi dan laporan dari berbagai penelitian langung para ahli.

 

RUANG LINGKUP SEJARAH

Pengertian dari ruang lingkup sejarah adalah batasan pemahaman mengenai sejarah sebagai ilmu pengetahuan. Berikut adalah beberapa ruang lingkup sejarah:

1. Konsep Sejarah
Merupakan sebuah bentuk kemampuan logika dalam menciptakan gambaran baru yang bersifat abstrak berdasarkan sebuah kajian.

• Sejarah sebagai kisah
Sebuah cerita narasi yang menjelaskan suatu cerita berdasarkan tafsiran, ingatan atau kesan manusia.

• Sejarah sebagai ilmu
Merupakan sebuah hal guna mempelajari dan melakukan penelitian terhadap suatu sejarah.

• Sejarah sebagai seni
Penulisan sejarah yang memerlukan daya kreatif dan imajinasi serta emosi dan intuisi.

2. Unsur-unsur sejarah
Ada beberapa unsur sejarah yang perlu Anda ketahui yaitu:
• Ruang
Tempat dimana terjadinya suatu kejadian yang menjadi bukti sejarah yang nyata.
• Waktu
Unsur sejarah yang berkaitan dengan waktu terjadinya peristiwa bersejarah dan dapat menjelaskan kronologis dalam sejarah.
• Manusia
Manusia merupakan unsur terpenting dalam sejarah, karena manusia memiliki peran ganda yakni sebagai pelaku sejarah dan pencatat sejarah.

3. Kaitan sejarah dengan ilmu
Sejarah dan ilmu pengetahuan memiliki beberapa persamaan dan perbedaan.Berikut adalah alasannya.
• Persamaan sejarah dengan ilmu adalah keduanya mengandung dasar teori dan metode dimana dalam prosesnya dilakukan berdasarkan pengamatan, pengalaman, dan penyerapan.
• Perbedaan seajarah dengan ilmu adalah sejarah terikat dengan tempat dan waktu. Sedangkan ilmu pengetahuan tidak terikat tempat dan waktu.

Manusia tidaklah lepas dari sebuah sejarah. Tanpa sejarah, tak akan ada perubahan demi perubahan hingga nampak seperti saat ini. Sebagai generasi muda, haruslah banyak membaca sejarah agar wawasan bertambah, ilmu lebih luas, dan jiwa semakin kuat agar tak terombang ambing oleh simpang siur keadaan.

Demikian ulasan mengenai beberapa pengertian, unsur, ruang lingkup seajarah yang akan menambah pengetahuan Anda. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk mempermudah akses belajar.

 

Baca juga: Pengertian Kewirausahaan

Leave a Comment