Kultum Singkat: Anjuran Menyayangi Sesama Makhluk di Bumi

Kultum Singkat: Anjuran Menyayangi Sesama Makhluk di Bumi

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pembukaan ceramah

Sebagai seorang yang telah menyatakan dirinya pengikut dan pemeluk setia ajaran yang dibawa Nabi Muhammad SAW, kita diwajibkan untuk selalu berusaha mencapai kebahagiaan yang di ridhai Allah SWT, baik di dunia maupun di akhirat, diamanapun kita berada.

Islam mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik kepada sesama, baik itu yang seagama dengan kita maupun dengan orang yang tidak seagama dengan kita. Saling menghormati dan saling menyayangi itulah tanda toleransi antar umat beragama. Apakah kita harus ikut merayakan dan masuk ke tempat ibadah mereka? Tentu tidak, kita cukup memberikan kebebasan kepada mereka untuk menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agama mereka.

Bukan hanya kepada sesama manusia saja, kepada makhluk lain, Rasulullah SAW juga mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik karena makhluk itu juga ciptaan Allah SWT yang harus kita hargai keberadaannya.

Pernah ada suatu kisah seorang pemuda yang diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT lantaran menolong seekor anjing yang kehausan. Jika karena menolong hewan saja dosa-dosa kita diampuni, bagaimana dengan menolong sesama manusia? tentu amal ibadah kita juga akan semakin bertambah.

Kisah lain yang mengajarkan kebaikan ajaran agama islam adalah ketika seorang ulama’ yang arif dan bijaksana tengah menguji kawan dekatnya. Ulama tersebut menguji lantaran kawan dekatnya itu tidak memiliki rasa kasih sayang terhadap hewan. Pada suatu hari, ketika sedang dalam perjalanan, ada seekor anjing yang berjalan di tengah jalan. Menurut kawan ulama’ tersebut, anjing itu mengganggu perjalanan mereka. Lantas, kawan ulama tersebut mengusir anjing itu dari tengah jalan. Melihat hal demikian, Ulama’ tersebut langsung menegur kawan dekatnya itu. “Hai kawan, apakah engkau tidak mengerti bahwa jalan ini merupakan hak umum”.

Betapa baiknya ajaran islam yang mengajarkan kita untuk selalu berlaku baik terhadap seluruh makhluk ciptaan Allah SWT.’

Rasulullah SAW pernah bersabda

“Jika engkau saksikan ada tiga orang menaiki seekor binatang, maka lemparilah mereka dengan batu sehingga salah seorang dari antara mereka turun (Al – Hadits)

Rasulullah SAW juga bersabda

“Orang-orang yang penyayang pasti disenangi oleh Allah Dzat yang Maha Penyayang. Dan sayangilah makhluk yang ada di bumi pasti engkau disayangi oleh yang ada di langit”. (Al-Hadits)

Hadirin yang dirahmati Allah SWT,

Dengan kasih sayang, kita akan lebih mudah menjalin persaudaraan antara sesama manusia, meskipun berbeda agama. Bila kita membangun kasih sayang antara umat berdasarkan saling hormat menghormati identitas masing-masing. Terlebih dengan saudara sesama muslim kita, jalinan persaudaraan akan lebih kuat dan kokoh lagi.

Rasulullah mengibaratkan persaudaraan antara sesama muslim layaknya satu badan. Bila tangan atau kaki kita yang sakit, maka seluruh tubuh kita juga akan merasakan sakit juga. Sesama muslim adalah bersaudara, saudara dalam jalinan cinta kepada Allah SWT. Saling mencintai karena Allah, saling tolong-menolong karena Allah dan semua yang kita kerjakan karena Allah serta mengharap ridha Allah SWT. Jadi, bila kita ada masalah atau urusan masa lalu yang belum terselesaikan, sudah selayaknya kita selesaikan di dunia ini sebelum ajal menjemput kita.

Ketika kita memiliki kesalahan kepada Allah, kita cukup hanya berdoa dan memohon ampun serta berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang kedua kalinya.

Namun, berbeda jika kita memiliki kesalahan kepada seseorang, maka tidak cukup hanya dengan mohon ampun kepada Allah. Kita harus meminta maaf langsung kepada orang yang pernah kita sakiti, barulah Allah akan mengampuni kita. Jadi lupakan gengsi, marilah rajut kembali cinta kasih kita kepada sesama umat.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT

Sebagai penutup kajian singkat ini, pesan saya kepada diri dan seluruh yang ada di sini. Marilah kita tanamkan dalam hati rasa cinta kasih kepada sesama manuisa dan semua makhluk Allah SWT. Hilangkan dendam kesumat, rasa gengsi dan apapun yang menghalangi kita untuk berucap maaf. Karena hal tersebut akan menghambat kita dalam memunculkan rasa cinta kasih kepada seluruh makhluk Allah.

Akhir kata

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Semoga contoh ceramah singkat ini dapat bermanfaat.

Baca juga: Ceramah Singkat tentang kejujuran

Leave a Comment