Gambar Rumah Adat Minangkabau disertai Penjelasannya

RUMAH ADAT MINANGKABAU– Kebudayaan Minangkabau memiliki ciri khas yang menarik. Masyarakatnya sendiri pun hidup dengan erat bersama kebiasaan agama yang sangat kuat. Kebudayaannya pun terkenal dengan nilai folisofi yang tinggi, salah satunya rumah adat.

Rumah adat Minangkabau lebih dikenal dengan rumah adat Gadang yang terinspirasi dari lancang (kapal) nenek moyang. Lancang kapal tersebut dibuat dari kayu. Rumah ini difungsikan sebagai rumah tinggal, tempat upacara adat dan keagamaan.

 

Nilai Filosofis Rumah Adat Minangkabau

Rumah adat Minangkabau memiliki nilai nilai estetika yang positif bagi masyarakat di daerahnya. Bentuk rumah Gadang yang besar menggambarkan besarnya fungsi setiap bagian yang ada di dalam rumah. Rumah adat Minangkabau ini memiliki bentuk desain rumah panggung yang memiliki anak tangga kecil di depan rumah. Tangga ini merupakan simbol bahwa masyarakat memiliki tingkat religius yang cukup kuat.

 

Keunikan Rumah Adat Minangkabau

Berikut kami sajikan beberapa keunikan yang terdapat pada rumah adat Minangkabau:

Bentuk Atap yang Unik

Ya, atap dari rumah adat Gadang inilah yang paling menonjol dari semua bentuk bagian rumah. Masyarakat menyebutnya dengan atap Gonjong atau atap tanduk kerbau. Atap Gonjong ini terbuat dari bahan ijuk yang awetnya sampai bertahun tahun. Seiring bertambahnya tahun dan perkembangan zaman semakin maju, atap rumah adat Gadang sekarang banyak yang terbuat dari seng.

Pilar dan Lanjar

Pilar ini terdiri dari 5 baris yang berjajar di sepanjang rumah. Barisan pilar ini membentuk barisan panjang ruangan (lanjar) dalam rumah adat Minangkabau. Lanjar dalam rumah ini terdiri dari empat bagian yang panjang. Khusus lanjar bagian belakang digunakan untuk tempat tidur. Sedangkan lanjar yang lainnya digunakan untuk tempat menerima tamu atau tempat berkumpul bersama keluarga.

Interior Rumah

Disusun dan berbentuk persegi panjang yang masih dibagi menjadi dua bagian yaitu muka dan belakang. Bagian depan rumaha adat Gadang ini terbuat dari papan sedangkan bagian belakang terbuat dari bambu.
Papan papan yang digunakan biasanya diukir dengan motif yang bermacam. Sehingga seluruh papan berisikan ukiran motif yang indah.

Motif Ukiran

Biasanya masyarakat memilih motif ukiran berupa representasi dari alam. Misalkan saja akar dan daun. Di bagian tepi umumnya terdapat hiasan berbentuk persegi ataupun lingkaran. Ada juga yang memberikan motif hiasan berupa geometri seperti jajar genjang, trapesium dan segitiga.

Rangkiang

Dalam bahasa Indonesia Rangkiang berarti lumbung padi. Ada beberapa jenis Rangkiang dalam masyarakat Minangkabau.

  • Rangkiang Lauik : sebagai tempat menyimpan beras untuk upacara adat
  • Rangkiang Sitangka Lapa : Sebagai tempat penyimpanan beras untuk dikirim dan disumbangkan pada keluarga yang tidak mampu.
  • Rangkiang Sibayau-bayau : sebagai tempat menyimpan beras untuk keperluan sehari-hari.

Istana Pangaruyuang

Sebutan Istana Pangaruyung merupakan sebutan untuk kokohnya pondasi yang dimiliki oleh rumah adat Gadang. Uniknya lagi rumah adat Gadang ini didesain sebagai rumah yang anti gempa. Beberapa rumah adat Gadang ini ada yang selamat walaupun diterjang oleh gempa berkekuatan 8 skla Richter.

Bagian Dalam Rumah Gadang

Semua bagian di dalam rumah adat Gadang suku Minangkabau tidak menggunakan paku untuk menyambung kayunya. Masyarakat setempat hanya menggunakan pasak untuk menghubungkan kayu satu dengan yang lainnya. Sehingga rumah adat ini lebih lentur jika terkena angin ataupun gempa.

Pada tiang bangunan bagian bawah terdapat alas batu sandi yang gunanya untuk meredam getaran akibat gempa.

Rumah adat Minangkabau sunggulah unik dan menarik. Mulai dari atap yang berbentuk seperti tanduk kerbau sampai pondasi yang bisa meredam getaran, semua memiliki fungsi yang apik. Tak hanya itu papan papan di dalam rumah adat Gadang juga berhiasakan motif yang indah untuk menyegarkan mata.

Kebudayaan ini jika mau dituliskan akan menghabiskan beberapa lembar lagi. Namun sedikti ulasan singkat yang dapat kami sajikan untuk Anda semoga mampu memberikan sedikit informasi yang berguna. Sebagai masyarakat Indonesia tugas kita adalah melestarikan budaya bangsa. Salah satunya dengan rajin membaca sejarah serta ulasan mengenai kebudayaan di daerah setempat atau di daerah lainnya.

Baca juga: Rumah Adat Sumatera Utara

Leave a Comment