Seni Rupa: Pengertian, Unsur, Fungsi, Jenis dan Contohnya Lengkap

Seni Rupa: Pengertian, Unsur, Fungsi, Jenis dan Contohnya Lengkap

Seni Rupa – adalah seni yang menghasilkan sebuah karya dimana karya tersebut dapat dirasakan oleh indera penglihatan dan indera peraba. Seni rupa juga merupakan sebuah seni yang berfokus pada keindahan visual dan kualitas sentuhan. Para seniman memanfaatkan seni rupa ini untuk menggambarkan ekspresi mereka melalui sebuah karya seni.

Hal yang paling difokuskan pada fine art ini adalah keindahan visual yang dapat dinikmati oleh indera penglihatan. Sebenarnya istilah fine art lebih condong pada seni murni yang juga mengutamakan estetika dalam penggunaanya. Estetika tersebut juga hanya difokuskan pada estetika visual yaitu semua hal yang berhubungan dengan keaslian objek yang digambarkan menjadi suatu struktur yang indah sehingga dapat dinikmati oleh indera penglihatan dan indera peraba.

 

Pengertian Seni Rupa

Adalah cabang seni yang dihadirkan untuk menciptakan suatu karya yang dapat dinikmati oleh mata melalui bentuknya. Karya tersebut mampu memikat seseorang melalui indera penglihatan dan indera peraba. Sebuah konsep yang diolah dan diciptakan melalui sebuah proses penggabungan antara titik, garis, bentuk, warna, tekstur dengan mengutamakan keindahan dari objek yang akan dibuat.

 

Seni Rupa Tradisional

Merupakan seni yang dibuat secara pakem dengan mengikuti pola dan aturan yang sudah menjadi pedoman seni nenek moyang. Seni ini dibuat berulang ulang tanpa merubah wujud asli dari aslinya. Beberapa hal pakem yang harus diikuti dalam seni rupa tradisional adalah mengenai bentuk, warna, corak dan bahan yang digunakan. Proses pembuatan dilakukan secara tradisional sampai sekarang masih mengikuti proses yang sesuai dengan nenek moyang hingga sekarang.

 

Seni Rupa Modern

Secara harfiah modern berarti ditemukan adanya gagasan baru yang lebih maju. Sehingga dapat diartikan sebagai sebuah seni yang diciptakan dengan menggunakan gagasan baru namun tidak meninggalkan aturan dan prinsip dasarnya. Seni rupa modern tidak terkekang oleh aturan adat atau budaya seperti seni rupa tradisional.

 

Seni Rupa Kontemporer

Adalah seni rupa yang sudah terpengaruh adanya modernisasi yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Para seniman menyebut seni rupa kontemporer dengan seni yang kekinian karena selalu megikuti trend pasar yang sedang diminati. Seni rupa jenis kontemporer ini lebih disukai oleh media massa daripada yang lainnya karena lebih kekinian serta memiliki arti yang cukup mendalam.

 

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Seni rupa merupakan seni yang memiliki panjang, lebar dan volume. Maka dari itu seni ini memiliki beberapa jenis yang disebut dengan seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Seni ini diciptakan dari penggabungan beberapa elemen di antaranya adalah pengungkapan ide, pengolahan latar belakang objek dan pengungkapan perasaan pelukis itu sendiri.

Seni rupa ini dapat diwujudkan melalui pembentukan sebuah titik, garis, bidang, tekstur dan gradasi warna. Dalam membuatnya, seniman bebas berkarya sesuai dengan imajinasi yang ada dalam pikiran mereka. Tidak ada batas imajinasi dalam sebuah karya seni.

Berikut pengertian seni rupa menurut beberapa ahli:

Eric Ariyanto – seni ialah suatu aktivitas rohani atau sebuah aktivitas batin yang di refleksikan didalam sebuah wujud karya yang dapat membangkitkan sebuah perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Menurut Ki Hajar Dewantara memperlihatkan seni ialah suatu segala tingkah laku manusia yang timbul berasal dari sebuah perasaan dan cii-ciri indah, yang supaya menggerakan jiwa sebuah perasaan manusia

Menurut Ahdian Karta Mihara memperlihatkan seni ialah suatu aktivitas rohani yang mereflesikan realitas didalam sebuah karya yang wujud dan isinya punya untuk membangkitkan suatu pengalaman tertentu didalam rohani penerimanya.

Menurut Sudarmaji memperlihatkan bahwa seni ialah suatu segala manifestasi batin dan sebuah pengalaman estetis dengan mengfungsikan suatu tempat bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang.

Menurut Popo Iskandar memperlihatkan bahwa seni ialah sebuah hasil ungkapan emosi yang inginkan di sampaikan kepada orang lain didalam sebuah kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.

Menurut Suwaji Bastomi memperlihatkan bahwa seni ialah suatu aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang memperlihatkan didalam sebuah wujud agung yang punya energi membangkitkan rasa takjub dan haru

 

Unsur-Unsur Seni Rupa

Di dalam seni rupa terdapat beberapa unsur yang melekat yang saling berhubungan sehingga membentuk satu kesatuan yang kuat. Berikut dijelaskan beberapa unsur yang ada di dalamnya:

 

1. Titik

Ini adalah salah satu unsur pokok seni yang paling mendasar. Unsur titik dalam seni mampu menghasilkan beberapa garis, bidang bahkan ruang. Titik titik ini dapat dibuat besar ataupun kecil sesuai dengan kebutuhan. Teknik penentuan titik ini sering disebut dengan teknik pointilisme.

 

2. Garis.

Garis merupakan salah satu unsur yang terbentuk oleh adanya gabungan dari beberapa titik. Dalam seni, garis memilik banyak macamnya seperti garis horizontal, vertikal, miring, diagonal, putus-putus dan masih banyak lagi.

Masing masing garis memilik efek dan karakterisktiknya sendiri. Misal, garis lurus memiliki kesan tegak dan kuat. Garis spiral memiliki kesan lentur dan mudah diatur. Seniman memanfaatkan macam-macam garis ini untuk mengungkapkan ekspresi mereka dalam membuat karya. Berikut ulasan arti di dalam sebuah garis:

  • Garis tegak melambangkan kekuatan dan keagungan
  • Garis melengkung melambangkan kelembutan
  • Garis miring melambangkan ketidakstabilan
  • Garis patah-patah melambangkan kekuasaan

 

Sedangkan garis berdasarkan bentuknya dapat dikategorikan sebagai berikut:

  • Garis nyata, adalah garis garis yang dihasilkan dari susunan beberapa garis lengkung
  • Garis semu, adalah garis yang muncul akibat dari perpaduan antara bidang, warna dan ruang

 

3. Bidang.

Bidang alah kumpulan garis yang anggotanya lebih dari satu garis. Dengan kata lain bidang merupakan kumpulan dari banyak garis. Bidang memiliki ukuran panjang dan lebar.

 

4. Bentuk

Bentuk dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu:

  1. Bentuk geografis, yaitu sebuah bentuk yang memerlukan pengetahuan ukur di dalamnya. Contoh: bentuk kubistis dan silindris
  2. Bentuk nongeometris, yaitu bentuk yang meniru bentuk objek di alam. Contoh: bentuk hewan, tumbuhan dan manusia

 

5. Ruang

Ruang dalam seni rupa terbagi menjadi dua, yaitu dalam seni dua dimensi dan tiga dimensi. Dalam seni rupa dua dimensi ruang bersifat semu, namun dalam tiga dimensi ruang bersifat nyata.

 

6. Warna

Warna dalam seni rupa digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Warna Primer, adalah warna basic yang tidak diperoleh berasal dari campuran warna lain. Warna primer terdiri berasal dari warna merah, kuning dan biru.
  2. Warna Sekunder, adalah warna yang dapatkan berasal dari campuran dua warna primer didalam persentase tertentu.
  3. Warna Tersier, adalah warna yang didapatkan berasal dari pencampuran warna sekunder
  4. Warna Analogus, adalah deretan warna yang letaknya berdampingan didalam satu lingkaran warna atau berdekatan, seperti deretan warna hijau ke warna kuning.
  5. Warna Komplementer, adalah warna yang kontras dan letaknya bersebrangan yang dibentuk didalam satu lingkaran warna, jika warna merah dengan hijau, warna kuning dengan warna ungu

 

7. Tekstur

Tekstur adalah sebuah permukaan bidang pada sebuah karya seni. Tekstur pada setiap objek seni selalu berbeda. Dalam seni rupa, tekstur dibedakan menjadi 2 yaitu: tekstur nyata dan tekstur semu.

 

8. Gelap Terang.

Unsur gelap terang merupakan unsur yang dipengaruhi oleh perbedaan intensitas cahaya yang diterima oleh objek seni. Gelap terang menimbulkan kesan tekstur dan kedalaman suatu objek.

 

Fungsi Seni Rupa

Menyalurkan hobi adalah salah satu fungsi terbesar dalam seni. Dengan menyalurkan hobi seseorang mampu mengekspresikan emosi mereka dalam sebuah karya cipta. Hobi ini pun mampu menimbulkan manfaat yang besar bagi seseorang dan penikmat seni. Berikut penjelasan lain dari fungsi seni rupa:

 

1. Fungsi Individu

Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik.

Sesuai dengan kodratnya sebagai manusia yang homofaber, dimana manusia memiliki ketertarikan pada keindahan-keindahan seni, seni merupakan salah satu pemuasan kebutuhan tersendiri. Kenyamanan saat melihat secara visual sebuah karya seni rupa merupakan hal penting yang perlu diperhatikan seorang seniman. Hal itu dilakukan agar fungsi pemenuhan kebutuhan fisik bagi manusia dapat tersampaikan.

 

Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional.

Setiap manusia memiliki sifat dan karakter masing-masing. Pembentukan karakter pada manusia tidak luput dari pembiasaan sikap dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut membentuk manusia menjadi pribadi yang memiliki karakter yang lebih dominan. Karakter pada manusia selalu beriringan dengan berbagai emosi yang saat itu dirasakan. Beberapa contoh emosi yaitu, bahagia, sedih, marah, kecewa, benci, cinta dan lain sebagainya.

Seni rupa dalam hal ini mampu membuat emosi negatif seseorang berubah menjadi emosi positif dalam waktu yang singkat. Contoh: seseorang penikmat lukisan yang sedang marah berkunjung ke sebuah galeri untuk melihat lukisan yang terpajang di dinding. Hal itu akan membuat suasana hati lebih menyenangkan sehingga emosi kembali stabil.

 

2. Fungsi Sosial

Fungsi Sosial di Bidang Rekreasi

Masalah sehari-hari yang dirasakan seseorang berdampak pada kejenuhan yang pada suatu saat memuncak sehingga menimbulkan rasa malas. Seni semacam ini dapat disebut dengan seni rekreasi bagi seseorang yang sedang merasakan penat. Contoh sederhananya adalah pameran lukisan, teater, dan pagelaran musik tradisional maupun aliran musik lainnya.

 

Fungsi Sosial di Bidang Komunikasi

Manusia berkomunikasi menggunakan bahasa. Penggunaan bahasa dirasa efektif untuk berkomunikasi dengan sesama manusia lainnya. Namun, tidak semua manusia menggunakan satu bahasa. Sehingga timbul kebingungan ketika dua insan bertemu dan menggunakan bahasa yang berbeda.

Dalam hal ini seni rupa mampu menjadi bahasa yang universal bagi seluruh manusia dari berbagai penjuru dunia. Dengan melihat objek seni, seseorang mampu menangkap pesan bahasa yang disampaikan.

 

Fungsi Sosial di Bidang Pendidikan

Pendidikan merupakan suatu perubahan keadaan seseorang menjadi lebih baik dan lebih maju berdasarkan kualitas diri. Seni juga mampu menambah kualitas pengetahuan seseorang. Dengan menangkap pesan yang disampaikan dalam seni rupa, seseorang bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

Fungsi Sosial di Bidang Rohani

Tuhan menciptakan banyak sekali keagungan dan keindahan di muka bumi. Objek-objek tersebut selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para seniman. Keindahan yang diciptakan Tuhan menginspirasi banyak orang untuk menciptakan karya seni yang apik dan bermutu. Selain itu, juga dapat dijadikan sebagai alat untuk sebuah ritual tertentu di beberapa daerah.

 

Macam-Macam Seni Rupa

Seni rupa dapat dikategorikan berdasarkan wujud, massa dan fungsinya. Berikut penjelasannya.

 

Berdasarkan Wujudnya

Dua Dimensi: Sebuah seni yang hanya memiliki panjang dan lebar sebagai satuan ukurannya. Contohnya adalah lukisan, seni batik, sketsa dan gambar ilustrasi.

Tiga Dimensi: memiliki satuan ukuran panjang, lebar dan tinggi pada setiap objek yang diciptakan. Penikmat seni dapat menikmati karya tiga dimensi dari segala sudut pandang. Contoh seni tiga dimensi adalah patung, arca, seni kriya, seni bangunan dan lain sebagainya.

 

Berdasarkan Massanya

Tradisional: merupakan seni yang dibuat secara pakem dengan mengikuti pola dan aturan yang sudah menjadi pedoman seni nenek moyang. Seni rupa tradisional dibuat berulang ulang tanpa merubah wujud asli dari aslinya

Modern: adalah sebuah seni yang diciptakan dengan menggunakan gagasan baru namun tidak meninggalkan aturan dan prinsip utamanya. Seni rupa modern tidak terkekang oleh aturan adat atau budaya seperti seni rupa tradisional

Kontemporer: adalah seni yang sudah terpengaruh adanya modernisasi yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Para seniman menyebut seni rupa kontemporer dengan seni rupa yang kekinian karena selalu megikuti trend pasar yang sedang diminati

 

Berdasarkan Fungsinya

Terapan: adalah sebuah seni yang memiliki kegunaan secara praktis sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Seni rupa terapan juga memiliki keindahan yang tetap dapat dinikmati oleh manusia.

Murni: diciptakan untuk menimbulkan sebuah keindahan yang dapat dinikmati oleh manusia. Seni rupa murni tidak memiliki kegunaan praktis seperti seni rupa terapan.

Seni Rupa

Leave a Comment