2 Contoh Pidato tentang Kesehatan

2 Contoh Pidato tentang Kesehatan

Pidato Tentang Kesehatan – Berikut ini adalah beberapa contoh pidato yang bertema tentang kesehatan. Contoh pidato tentang kesehatan ini dapat Anda jadikan referensi untuk membuat pidato sendiri. Atau Anda dapat mengambil beberapa contoh pidato di bawah ini untuk Anda gunakan berpidato di muka umum.

 

Contoh Pidato tentang Pola Hidup Sehat

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Kepada yang terhormat guru pembimbing, dan temanku semua yang berbahagia. Sebelum memulai, marilah kita haturkan syukur kita kepada Allah SWT yang tiada henti memberikan riski-Nya kepada kita semua yang ada di sini. Sholawat dan salam semoga akan terus tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca: Pembukaan Pidato

Menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar diawali dengan pola hidup yang sehat. Bila ingin tubuh tetap sehat dan bugar, maka jagalah pola hidupmu, jangan sembarangan makan, minum dan beraktifitas. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Insha Allah, tubuh kita akan senantiasa sehat dan terhindar dari penyakit. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat diantaranya adalah pola makan, olahraga, dan istirahat yang cukup.

Kita harus senantiasa menjaga pola makan kita bila tidak inginkan penyakit dalam mendatangi kita, seperti obesitas, asam urat, kolesterol tinggi, dan kawan-kawannya.

Menerapkan pola hidup sehat tidak cukup hanya dengan menjaga pola makan saja. Olahraga juga perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Tujuan dari berolahraga adalah untuk membakar kelebihan energi yang kita peroleh dari pola makan yang berlebih. Dengan olahraga kita dapat membakar kalori tubuh yang tidak digunakan. Berolahraga sebenarnya mudah sekali dilakukan, namun banyak sekali orang yang mengabaikan hal ini.

Ketika letih berolahraga, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah beristirahat. Istirahat yang cukup juga menjagi kunci dalam menerapkan pola hidup sehat. Ketika makan sudah diatur, olahraga sudah rutin, tapi istirahat tidak cukup, tetap saja kelelahan akan menemui Anda dan membuat badan Anda menjadi sakit. Hal ini karena stamina tubuh Anda sedang buruk akibat kurang istirahat.

Kebugaran tubuh kita dapat kembali pulih hanya dengan beristirahat yang cukup. Luangkan waktu untuk beristirahat dari kesibukan Anda sehari-hari. Normalnya kita membutuhkan tidur selama 8 jam.

Jadi, menerapkan pola hidup sehat tidak bisa dilakukan hanya dengan satu option saja, kita harus menyeimbangkan semuanya. Makan, olahraga dan istirahat semuanya harus seimbang guna menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Lakukanlah ini dengan rasa optimis, dengan begitu Anda akan mudah menjalaninya.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Hidup sehat seharunya menjadi prioritas utama bagi seluruh masyarakat. Karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Memulainya memang berat, tapi jika sudah terbiasa maka hal ini akan terasa mudah bagi kita. Cukup sekian dari saya, semoga dapat bermanfaat informasi yang saya sampaikan. Mohon dimaafkan apabila ada salah kata.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Baca: Pidato tentang narkoba

 

Pidato tentang Kesehatan Mata

Assalamualailum WR WB.

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah, Bapak Ibu Guru dan para tamu undangan yang hadir di sini. Serta teman-teman semua yang saya sayangi. Sebelumnya, marilah kita sama-sama pajatkan puji syukur kita kepada Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Tak lupa sholawat serta salam semoga akan terus tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia, sudah sepantasnya kita selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita penglihatan yang sempurna. Tanpa alat indera yang satu ini, kita tidak akan bisa melihat betapa indahnya ciptaan Tuhan Semesta Alam. Coba bayangkan, bila kita tidak memiliki mata, atau mata kita sedang mengalami masalah.

Kita tidak bisa hanya bersyukur kepada Allah SWT. Kita juga harus berupaya menjaga kondisi mata kita agar tetap sehat. Bila kita tidak bisa menjaga kesehatan mata, maka bukan tidak mungkin penglihatan kita akan terganggu.

Salah satu gangguan kondisi kesehatan mata yang seringkali kita kenali adalah rabun jauh, rabun dekat, katarak dan lain sebagainya. Hal semacam ini bisa terjadi karena kita tidak pernah memperhatikan kondisi kesehatan mata kita. Pernahkan Anda berpikir bahwa kakek-kakek yang usianya jauh lebih tua daripada kita memiliki penglihatan yang masih bagus dibandingkan dengan kita yang masih muda? Apakah rahasianya? tentulah kakek tersebut selalu menjaga kondisi matanya agar tetap sehat.

Karena gangguan kesehatan mata dapat terjadi kapan saja, maka berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kondisi mata agar tetap sehat.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghindari penggunaan lensa kontak terlalu lama.

Gunakanlah kacamata pelindung ketika Anda sedang berada di luar, sedang berjemur di pantai misalnya. Karena sinar UV yang secara langsung mengenai mata kita perlahan akan merusak kornea mata.

Rajin-rajinlah mengkonsumsi sayuran. Nutrisi dari sayuran yang kita makan dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Salah satu buah atau sayuran yang terkenal adalah wortel. Wortel sangat terkenal untuk menjaga kesehatan mata karena di dalam wortel terdapat kandungan beta karoten yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Ketika sedang bekerja di depan laptop, hindari menatap layar monitor terlalu lama. Karena sinarnya yang dipancarkan layar monitor dapat merusak mata. Bila Anda terpaksa, maka sering-seringlah memejamkan mata atau istirahat sejenak menatap yang lain agar sinarnya tidak terus-terusan masuk ke mata Anda.

Selanjutnya, Anda dapat mentreatment mata anda dengan mentimun. Caranya cukup mudah. cukup dengan mengiris mentimun boleh tipis boleh tebal. Kemudian taruh di kelopak mata. Jangan lupa untuk menutup mata biar tidak perih terkena air timun.

Hindari membaca buku ruangan yang minim cahaya. Carilah tempat yang cukup terang untuk membaca buku. Cahaya yang redup membuat mata Anda cepat lelah.

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah periksakanlah mata Anda secara rutin ke dokter mata. Dengan rutin memeriksakan kondisi kesehatan mata, Anda dapat secara dini mencegah kemungkinan gangguan pada mata Anda.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata yang dapat saya berikan. Sebenarnya masih banyak lagi cara yang dapat Anda lakukan guna menjaga kondisi mata agar tetap sehat. Yang paling penting adalah jangan malas untuk mencari tahu dan bertindak. Harus Anda ingat, bahwa mata adalah aset berharga yang tak ternilai harganya.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Selebihnya mohon dimaafkan bila ada kata yang kurang berkenan. Akhir kata, wabilahitaufik wal hidayah, wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Baca: Pidato tentang kebersihan

Leave a Comment