Contoh Teks Eksemplum Beserta Pengertian

Contoh Teks Eksemplum Beserta Pengertian

Pernah membaca sebuah teks yang menceritakan perilaku seorang tokoh? Jika Anda pernah membaca teks semacam itu berarti Anda telah membaca salah satu jenis teks eksemplum. Materi mengenai teks eksemplum akan Anda jumpai saat berada di Kelas 9

 

Pengertian Teks Eksemplum

Di awal sudah disinggung sedikit mengenai apa itu teks eksemplum. Teks eksemplum didefinisikan sebagai susunan teks yang menceritakan tentang perilaku tokoh dalam cerita. Teks eksemplum pada umumnya diawali dengan mengenalkan tokoh kepada para pembaca. Selanjutnya disambung dengan peristiwa yang dialami oleh tokoh dalam cerita tersebut. Dan yang terakhir adalah interpretasi yang muncul dari tokoh itu sendiri.

Bila melihat dari pengertian di atas, teks eksemplum merupakan salah satu karya sastra yang lebih mirip dengan pengalaman hidup manusia.

 

Ciri-ciri Teks Eksemplum

Agar lebih mudah dalam memahami mengenai apa itu teks eksemplum, berikut ini kami sertakan ciri-ciri yang dapat dikenali oleh pembaca.

  1. Teksnya menceritakan tentang peristiwa yang dialami dan tidak diinginkan oleh tokoh.
  2. Strukturnya lengkap
  3. Urutan peristiwanya jelas
  4. Pada umumnya menggunakan bahasa naratif

 

Struktur Teks Eksemplum

Adapun elemen yang menyusun teks eksemplum sehingga menjadi utuh, dan memang sudah keharusan teks ini harus memiliki struktur lengkap. Berikut strukturnya:

  1. Orientasi, merupakan bagian awal teks ini. Bagian ini biasanya berisi tentang pengenalan tokoh. Contoh: Cowok itu sangat sabar dan disiplin.
  2. Insiden, merupakan bagian yang mengandung permasalahan yang dihadapi oleh tokoh. Contoh: Arul lupa mengerjakan pekerjaan rumah yang diberi oleh gurunya karena kemarin malam tertidur.
  3. Interpretasi, merupakan bagian yang mengandung pesan moral, evaluasi, dan juga akibat dari masalah yang dialami oleh tokoh.

 

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Hampir sama dengan teks prosedur kompleks yang banyak menggunakan konjungsi, di unsur kebahasaan teks eksemplum juga terdapat konjungsi, berikut ini unsur-unsurnya:

  1. Menggunakan Kalimat Kompleks
  2. Menggunakan Konjungsi (penghubung)
  3. Menggunakan Kata Rujukan
  4. Menggunakan Kata Kerja

 

Contoh Teks Eksemplum

 

Teks Eksemplum

Leave a Comment