Contoh Pidato Singkat tentang Kebersihan

Assalamualaikum. Wr. Wb.Yang terhormat Kepala SMA Negeri 1 Widodaren

Yang saya hormati para (Dewan) guru dan juga staf tata usaha SMA Negeri 1 Widodaren

Serta teman-teman yang saya cintai.
 
Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Allah SWT yang senantiasa memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini dengan sehat wal afiat.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya menyampaikan pidato mengenai “Menjaga Kebersihan di Lingkungan Sekolah”

Hadirin yang saya hormati,

Lingkungan adalah tempat berkumpul bagi semua makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupannya. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kita selalu menjaga kelestarian lingkungan tempat dimana kita tinggal. Menjaga kelestarian lingkungan juga akan membuat hidup kita menjadi lebih nyaman.

Menjaga kelestarian lingkungan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat dimana kita tinggal. Menjaga kebersihan lingkungan sangat mudah sekali dilakukan, yang sulit adalah kesadaran setiap individu untuk ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu contoh mudah yang dapat kita lakukan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu, kita sudah ikut andil menjaga lingkungan agar sampah tidak berserakan dimana-mana.

Kesadaran terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pada saat ini terbilang sangat kurang. Hal ini dapat dilihat dari lingkungan sekolah kita tercinta ini, kita masih melihat sampah berserakan dimana-mana. Padahal, tempat sampah yang disediakan oleh pihak sekolah sudah lebih dari cukup. Hampir disetiap kelas dan sudut sekolah terdapat tempat sampah yang dapat dengan mudah kita jangkau. Namun, karena kesadaran yang minim menjadikan sampah bertebaran dimana-mana.

Hal lain yang dapat kita lakukan dengan mudah guna menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah mengadakan piket kebersihan kelas. Menjalankan piket kebersihan kelas sebenarnya dilakukan secara berkelompok, namun pelaksanaannya masih banyak siswa yang malas melakukannya.
 
Padahal, bila kita rajin membersihkan lingkungan sekolah, kita juga yang nantinya akan merasa nyaman. Oleh karena itu, ketika melaksanakan piket, sebaiknya pilihlah sampah-sampah sesuai dengan jenisnya. Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk.

contoh: sisa makanan, sayur, buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah.

contoh: kertas, kardus, plastik, karet, kaca, kaleng dan lain-lain.3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme.

contoh: baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dan lain-lain.

Tapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering.

Tetapi, pemisahan sampah basah dan sampah kering tersebut waktu dibuang akhirnya disatukan kembali.

Hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampah basah dan sampah
kering sehingga mengurangi pencemaran lingkungan.

Hadirin yang berbahagia,

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan kita.


Hadirin,

Sekian yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat. Apabila ada tutur kata dan tingkah laku yang kurang berkenan, saya mohon maaf, terimakasih.

Wassalamualaikum. Wr.Wb.