Contoh Pidato tentang Kebersihan

Contoh Pidato tentang Kebersihan

Assalamualaikum. Wr. Wb.Yang terhormat Kepala SMA Negeri 1 Widodaren

Yang saya hormati para (Dewan) guru dan juga staf tata usaha SMA Negeri 1 Widodaren

Serta teman-teman yang saya cintai.

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Allah SWT yang senantiasa memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini dengan sehat wal afiat.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya menyampaikan pidato mengenai “Menjaga Kebersihan di Lingkungan Sekolah”

Baca: Contoh Pembukaan Pidato

 

Hadirin yang saya hormati,

Lingkungan adalah tempat berkumpul bagi semua makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupannya. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kita selalu menjaga kelestarian lingkungan tempat dimana kita tinggal. Menjaga kelestarian lingkungan juga akan membuat hidup kita menjadi lebih nyaman.

Menjaga kelestarian lingkungan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat dimana kita tinggal. Menjaga kebersihan lingkungan sangat mudah sekali dilakukan, yang sulit adalah kesadaran setiap individu untuk ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu contoh mudah yang dapat kita lakukan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu, kita sudah ikut andil menjaga lingkungan agar sampah tidak berserakan dimana-mana.

Kesadaran terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pada saat ini terbilang sangat kurang. Hal ini dapat dilihat dari lingkungan sekolah kita tercinta ini, kita masih melihat sampah berserakan dimana-mana. Padahal, tempat sampah yang disediakan oleh pihak sekolah sudah lebih dari cukup. Hampir disetiap kelas dan sudut sekolah terdapat tempat sampah yang dapat dengan mudah kita jangkau. Namun, karena kesadaran yang minim menjadikan sampah bertebaran dimana-mana.

Hal lain yang dapat kita lakukan dengan mudah guna menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah mengadakan piket kebersihan kelas. Menjalankan piket kebersihan kelas sebenarnya dilakukan secara berkelompok, namun pelaksanaannya masih banyak siswa yang malas melakukannya.

Padahal, bila kita rajin membersihkan lingkungan sekolah, kita juga yang nantinya akan merasa nyaman. Oleh karena itu, ketika melaksanakan piket, sebaiknya pilihlah sampah-sampah sesuai dengan jenisnya. Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk.

contoh: sisa makanan, sayur, buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah.

contoh: kertas, kardus, plastik, karet, kaca, kaleng dan lain-lain.3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme.

contoh: baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dan lain-lain.

Tapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering.

Tetapi, pemisahan sampah basah dan sampah kering tersebut waktu dibuang akhirnya disatukan kembali.

Hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampah basah dan sampah
kering sehingga mengurangi pencemaran lingkungan.

Hadirin yang berbahagia,

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan kita.

Hadirin,

Sekian yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat. Apabila ada tutur kata dan tingkah laku yang kurang berkenan, saya mohon maaf, terimakasih.

Wassalamualaikum. Wr.Wb.

 

Contoh Pidato tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Assalamu’alaikum Wr. Wb,

Pembukaan Pidato

Hadirin yang berbahagia, budaya kita adalah budaya yang selalu mengedepankan kenyamanan, oleh karena itu, penting juga bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan. Lingkungan yang kotor dan tidak terurus oleh warganya akan membuat penghuninya merasa tidak nyaman. Bukan hanya itu saja, lingkungan yang kotor juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Menjaga kebersihan lingkungan berlaku di mana saja, termasuk di lingkungan sekolah kita tercinta ini.

Lingkungan sekolah yang selalu terjaga kebersihannya, akan membuat kita melakukan kegiatan belajar dengan nyaman. Oleh karena itu, saya menginginkan agar semua pihak, baik penjaga, guru dan juga siswa terlibat aktif untuk menjaga kebersihan sekolah kita ini.

Dimulai dari kedisiplinan setiap individu yang ada di lingkungan sekolah ini. Salah satu contoh sikap disiplin yang dapat diterapkan dalam menjaga kebersihan sekolah adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Pada tingkat kelas, seharusnya melaksanakan jadwal piket dengan penuh tanggung jawab. Bagi anggota piket, seharusnya datang lebih awal untuk membersihkan kelas sebelum pelajaran dimulai dan membersihkan kembali setelah pelejaran selesai.

Dalam Islam, kita memiliki slogan yang sangat popular yaitu kebersihan adalah bagian dari Iman. Slogan tersebut semata-sema tidak untuk kebersihan jasmani, melainkan kebersihan rohani kita juga harus terus dijaga. Dengan adanya kesadaran dalam diri masing-masing individu saya yakin bahwa lingkungan sekolah kita akan terjaga kebersihannya. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, semoga dapat pula menjaga dan meningkatkan keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Terimakasih atas waktu yang diberikan, akhir kata,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itulah contoh pidato tentang kebersihan yang dapat wawasan edukasi berikan. Semoga dapat bermanfaat baca juga contoh pidato perpisahan

Pencarian Populer

  • pidato tentang kebersihan
  • pidato kebersihan
  • pidato singkat tentang kebersihan
  • naskah pidato tentang kebersihan lingkungan
  • contoh pidato tentang kebersihan
  • contoh pidato kebersihan sekolah
  • teks pidato tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan
  • contoh ceramah singkat tentang kebersihan
  • pidato berjudul kebersihan
  • contoh pidato singkat tentang kebersihan lingkungan

Leave a Comment