Akhlak Rasulullah SAW – Khutbah Jumat

Akhlak Rasulullah SAW – Khutbah Jumat

السّلام عليكم ورحمةاللهوبركاته

(Muqaddimah) Pada kesempatan yang penuh berkah ini melalui mimbar jum’at saya berwasiat kepada para jama’ah sekalian khususnya pada diri saya sendiri, marilah kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah swt dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya, serta senantiasa memperbanyak amalan sunnah dan menjauhi yang makruh juga segala hal yang tidak berguna agar selamat dan beruntung di dunia dan akhirat. Ma’asyiral muslimin, jama’ah shalat jum’at rahimakumullah Berbicara mengenai akhlak Rasulullah saw , sesungguhnya akhlak beliau adalah al- Qur’an. Beliau diutus oleh Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Rasulullah saw pernah bersabda:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَلَ قَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَلِحَ الْأَخْلَاقِ( رواه أحمد)

Artinya: “ Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Rasulullah bersabda, “ sesungguhnya aku diutus , hanyalah untuk menyempurnakan kesalehan akhlak (akhlak yang terpuji).” ( HR. Ahmad) Menurut riwayat lain, Beliau bersabda: “ sesungguhnya aku diutus hanyalah untuk menyempurnakan budi pekerti yang luhur.” Dari hadits ini bukan berarti bahwa aspek-aspek yang lain dikesampingkan dan tidak mendapat perhatian, akan tetapi dalam hadits tersebut menunjukkan bahwa akhlak terpuji mempunyai arti yang penting bagi kehidupan manusia agar tercipta sebuah kehidupan yang tentram, damai serta bahagia di dunia dan di akhirat. Sepandai-pandainya seseorang bila akhlaknya tidak terpuji, maka hidupnya tiada berarti; secantik-cantiknya seorang perempuan bila akhlaknya rusak, maka akan merusak kehidupan sosialnya; dan setinggi-tingginya ilmu pengetahuan dan teknologi bila di tangan orang yang tidak bermoral, maka yang tercipta bukanlah kedamaian dan kemaslahatan hidup manusia akan tetapi sebaliknya, kehancuran dan kebiadaban yang akan menimpa kehidupan umat manusia. Maka di sinilah pentingnya arti akhlak terpuji, sehingga Nabi saw diutus untuk menyempurnakan budi pekerti yang luhur. Menurut sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dijelaskan bahwa “ Aisyah ra, isteri Rasulullah saw pernah ditanya mengenai akhlak Rasulullah saw, ia menjawab “ Akhlak Rasulullah saw adalah Al- Qur’an.” Allah swt memberikan apresiasi dan memuji akan ketinggian dan keluhuran akhlak beliau. Sebagaimana dalam firman-Nya:

وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيْمِ

Artinya: “ Dan sesungguhnya kamu ( Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung.” ( QS. Al- Qalam: 4) Ma’asyiral muslimin, jama’ah shalat jum’ah rahimakumullah. Seorang mantan sekjen Liga Arab Abdurrahman Azzam, menyatakan bahwa prestasi yang amat besar dari revolusi ini adalah perubahan akhlak dan kepribadian yang dijelmakan oleh Nabi Muhammad saw melalui amal dan contoh-contoh kehidupan pribadi beliau sendiri. Ajaran dan ajakan Rasulullah mencapai kemenangan yang begitu mengagumkan, sebab segala bentuk teori yang beliau kembangkan dimulai dengan memberi contoh dan perbaikan diri beliau terlebih dahulu. Dasar perbaikan suatu masyarakat haruslah didasarkan dari memperbaiki pribadi diri sendiri terlebih dahulu sebelum memperbaiki akhlak umat. Ma’asyiral muslimin jama’ah shalat jum’at rahimakumullah. Keluhuran dan keagungan akhlak Rasulullah saw telah mendapatkan pujian dari Allah swt dalam surah Al- Qolam ayat 4 di atas. Sehingga ketika kita ingin membicarakan akhlak beliau maka kita akan kehabisan kata-kata untuk dapat menjelaskannya serta membutuhkan berjilid-jilid kitab untuk dapat memuatnya. Beliau adalah manusia yang paling baik budi pekertinya sehingga beliau diutus oleh Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia di muka bumi. Ma’asyiral muslimin shalat jum’at rahimakumullah. Demikianlah khutbah singkat yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini, mudah-mudahan dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua untuk dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah swt serta dapat selalu mengingatkan kita untuk senantiasa menghiasi diri kita dengan akhlak yang terpuji. (Penutup)   Semoga contoh khutbah jumat singkat ini dapat bermanfaat. Mohon maaf apabila masih terdapat kesalahan dalam penulisannya. Silahkan koreksi nanti akan kami update.

Leave a Comment