Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi (WC)

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi (WC)

doa masuk kamar mandi, doa keluar kamar mandi,
ehmustova.blogspot.com

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi – Islam selalu mengajarkan kita untuk mengawali setiap kegiatan sehari-hari kita dengan mengucapkan doa. Minimalnya kita mengucapkan bismillahirrohmanirrohim bila kita tidak mengetahui atau tidak menghafal doa yang secara khusus untuk kegiatan tertentu. Tidak terkecuali saat kita hendak masuk dan keluar kamar mandi.

Doa yang kita ucapkan setiap melakukan sesuatu tujuannya adalah untuk memperoleh keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Seperti yang kita ketahui bahwa toilet atau WC merupakan salah satu tempat yang kotor dan najis. Di tempat seperti inilah biasanya banyak jin dan syitan yang tinggal di dalamnya. Oleh karena itu, hendaknya kita mengucapkan doa ketika hendak memasuki kamar mandi dan juga ketika hendak keluar kamar mandi.

Berikut ini adalah doa ketika hendak masuk kamar mandi / toilet / WC

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Alloohumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khobaaitsi

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan perempuan”

Dan ketika hendak keluar dari kamar mandi / toilet / wc, maka doa yang diucapkan adalah berikut ini

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

GHUFROONAKAL HAMDU LILLAAHIL LADZII ADZHABA ‘ANNIL ADZAA WA ‘AAFAANII

Artinya: “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”

Anjuran Membaca Doa Ketika Masuk dan Keluar dari Kamar Mandi / Toilet / WC

Berikut ini adalah beberapa hadits riwayat yang menganjurkan kita berdoa ketika hendak memasuki dan keluar dari kamar mandi / toilet / wc.

حَدّثَنَا آدَمُ، قَالَ: حَدّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ عَبْدِ العَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ، قَالَ: سَمِعْتُ أَنَسًا، يَقُولُ: كَانَ النّبِيّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ إِذَا دَخَلَ الخَلاَءَ قَالَ:

«الَلّهُـّمَ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الخُبُثِ وَالخَبَائِثِ»

(Imam al-Bukhori berkata) “Telah menceritakan kepada kami Adam (bin Abu Iyas), Dia (Adam) berkata: ‘Telah menceritakan kepada kami Syu’bah (bin Al-Hajjaj bin Al-Warad) dari Abdul Aziz bin Shuhaib, dia (Abdul Aziz bin Shuhaib) berkata: “Aku pernah mendengar Anas (radhiallahu’anhu) berkata, “Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam apabila hendak masuk kamar mandi maka beliau berdoa:

“Allahumma inni A’udzubika minal Hubutsi wal Khobaits” (Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan). (Muttafaqun ‘Alaihi -disepakati Imam al-Bukhori dan Muslim)

(HR. Al-Bukhori no 142 dan Muslim no. 375 (122) )

Sedangkan Doa saat keluar dari kamar mandi / toilet / wc adalah sebagai berikut:

حَدّثَنَا عَمْرُو بْنُ مُحَمَّدٍ النّاقِدُ، حَدّثَنَا هَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ، حَدّثَنَا إِسْرَائِيلُ، عَنْ يُوسُفَ بْنِ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ، حَدّثَتْنِي عَائِشَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، أَنَّ النّبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الغَائِطِ قَالَ:

«غُفْرَانَكَ»

(Imam Abu Dawud berkata), “Telah menceritakan kepada kami Amr bin Muhammad An-Naqidh, dia (Amr bin Muhammad an-Naqidh) berkata, ‘Telah mengabarkan kepada kami Hasyim bin al-Qasim, dia (Hasyim bin al-Qasim) berkata, ‘Telah menceritakan kepada kami Israil (bin Yunus bin Abi Ishaq) dari Yusuf bin Abu Burdah dari Bapaknya, (Abu Burdah berkata) telah menceritakan kepadaku Aisyah radhiallahuánha, Bahwa Rasulullah Shallallahuálaihi wassalam apabila keluar dari kamar mandi/WC beliau mengucapkan:

“GUFRONAKA” (Aku memohon ampunan-Mu). (Hadits dikeluarkan oleh Empat Imam Penulis Sunan kecuali an-Nasa-i).

(HR. Abu Dawud no. 30, at-Tirmidzi no. 7, Ibnu Majah no. 300, Al-Hakim 1/158, al-Bukhori dalam Adabul Mufrod no. 693, Ahmad 6/155, Hadits ini shohih sebagaimana dishohihkan oleh Syaikh al-Albani dalam kitabnya Irwaul Ghalil no. 52)

Semoga bermanfaat dan semoga dapat menjadi amalan bagi kita semua amiin.

Leave a Comment