Pengertian dan Struktur Teks Eksplanasi Beserta Contoh Lengkap!

Wawsan Edukasi -Bila Anda saat ini sedang membaca berita tentang bencana, kasus pembunuhan atau masalah lainnya yang disertai dengan informasi sebab akibat, Anda berarti sedang membaca sebuah teks eksplanasi. Apakah teks eksplanasi itu? Berikut Wawasan Edukasi akan memberikan penjelasannya.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplasnasi adalah teks yang memuat informasi, baik bencana alam, masalah sosial, lingkungan, dan lainnya sebagainya. Dikatakan sebagai teks ekplanasi bila informasi tersebut dilengkapi dengan kronologis kejadian, atau proses terjadinya suatu bencana maupun peristiwa. Sehingga dalam tulisan tersebut akan berisi tentang sebab dan akibat terjadinya suatu peristiwa yang dapat kita jadikan sebagai dasar pengetahuan terhadap suatu peristiwa itu sendiri.

Struktur Teks Eksplanasi

Pernyataan Umum

Dikatakan teks eksplanasi apabila dalam susunan paragrafnya terdapat penjelasan umum mengenai kejadian, bencana atau fenomena yang akan dibahasa dalam tulisan tersebut. Pernyataan umum ini bisa berupa pengenalan mengenai bencana atau fenomena yang dibahas, ataupun penjelasan secara umum mengenai bencana atau fenomena. Misalnya, penjelasan secara umum mengenai gempa bumi, mengapa gempa bumi itu bisa terjadi, dan bagaimana proses terjadinya gempa bumi.

Deretan Penjelas / Sebab akibat terjadinya suatu bencana atau fenomena.

Pada paragraf ini seharusnya berisi tentang bagaimana proses terjadinya gempa, baik yang secara rinci maupun secara singkat. Deretan penjelas sebab akibat ini bisa terdari dari beberapa paragraf, karena isinya berupa penjelasan mengenai urutan dan proses terjadinya gempa. Baik yang terperinci maupun secara singkat. Intinya adalah penjelasan bagaimana proses terjadinya gempa.

Interpretasi

Interpretasi adalah teks penutup dalam suatu teks eksplanasi. Teks penutup ini optional saja, boleh disertakan dan boleh tidak. Teks penutup ini berisi tentang simpulan dari deretan pernyataan umum dan teks penjelasan mengenai terjadinya suatu peristiwa, benca, maupun fenomena. Jadi, pada intinya adalah interpretasi ini adalah inti sari dari seluruh rangkaian teks eksplanasi yang ditulis.

Contoh Teks Ekplanasi Gempa Bumi

gempa bumiGempa Bumi – nature.com

Pernyataan Umum

Gempa bumi merupakan suatu peristiwa guncangann yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba sehingga terjadi gelombang seismik yang mengakibatkan tanah bergetar atau berguncang. Beberapa daerah yang seringkali mengalami atau merasakan gempa adalah daerah yang letaknya dekat dengan gunung aktif atau jalur pergerakan lempeng bumi.

Deretan Penjelas (ISI)

Secara umum, gempa bumi dapat terjadi apabila terjadi pergeseran lapisan bawah bumi atau karena letusan gunung berapi. Gempa yang terjadi akibat pergeseran lempeng bumi disebut dengan gempa tektonik. Sedangkan gempa yang terjadi akibat letusan gunung berapi disebut dengan istilah gempa vulkanis.

Menurut teori “tektonik plate”, bumi itu terdiri dari beberapa lapisan yang setiap saat selalu mengalami pergerakan. Pegerakan lempeng ini suatu waktu akan saling bertabrakan. Lempeng atau lapisan bumi yang saling bertabrakan inilah yang mengakibatkan terjadinya gempa tektonik.

Besarnya guncangan yang terjadi bergantung dari kecepatan dan kekuatan tabrakan yang terjadi antar lempeng bumi. Selain itu jarak antara posisi kita berdiri dan pusat gempat juga menentukan besarnya guncangan yang akan kita rasakan. Semakin jauh posisi kita dengan pusat gempa, makan semakin lemah guncangan yang akan kita rasakan.

Berbeda dengan gempa tektonik, gempa vulkanis adalah gempa yang terjadi akibat letusan gunung berapi yang masih aktif. Kekuatan gempa jenis ini bergantung pada seberapa dahsyat letusan yang diakibatkan oleh letusan gunung. Selain itu, jarak juga mempengaruhi seberapa kuat guncangan yang kita rasakan.

Interpretasi (Simpulan)

Kita akan sering merasakan gempa bila posisi kita berada di dekat gunung berapi atau berada di atas dua lempeng yang saling berdekatan. Bencana semacam ini dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu. Hal yang harus kita lakukan adalah waspada sejak dini bila lokasi kita adalah lokasi rawan gempa. Pemahaman mengenai bencana gempa dan kesigapan menghadapi bencalah yang harus dipahami oleh setiap penduduk yang berada pada daerah rawan gempa. Kesigapan dan kewaspadaan yang harus terus dikedepankan agar korban jiwa dapat diminimalisir.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

kesenjangan ekonomi
Kesenjangan Ekomoni – merahputih.com

Berikut ini adalah contoh susunan teks eksplanasi tentang masalah sosial.

Indonesia adalah negara yang besar dengan kepadatan penduduk berada di 10 besar dunia. Artinya semakin banyak jiwa yang membutuhkan pekerjaan untuk bertahan hidup mencari sesuap nasi. Negara besar seperti Indonesia yang sedang berkembang ini masih memiliki masalah klasik yang dari dahulu belum terselesaikan dengan baik. Masalah pengangguran menjadi isu klasik yang belum terselesaikan dengan baik hingga saat ini. Makin bertambahnya jumlah penduduk maka makin meningkat pula pengangguran yang ada di Indonesia.

Silih ganti Presiden menawarkan gagasan-gagasan guna mengentaskan permasalahan ini, namun hasilnya belum terbilang efektif mengatasi permasalahan ini. Pelatihan dan peningkatan kualitas SDM sering dilakukan akan tetapi hal itupun tidak mampu secara efektif mengatasi masalah pengangguran yang sudah sejak lama dihadapi oleh Indonesia.

Isu persaingan global adalah faktor yang paling dominan dari masalah pengangguran tersebut. Bukan hanya itu saja yang menjadi penyebab meningkatnya pengangguran di Indonesia, namun tidak seimbangnya antara pertumbuhan ekonomi dengan jumlah pencari kerja juga merupakan faktor dominan meningkatnya pengangguran. Pengangguran yang kian meningkat akan menimbulkan beberapa masalah lainnya diantaranya yaitu meningkatnya kemiskinan, kriminalitas juga akan semakin meningkat sebagai bentuk kesenjangan ekonomi.

Masalah mengenai pengangguran ini terbilang masalah serius. Karena berawal dari meningkatnya pengangguran, maka masalah sosial lain juga akan bermunculan dan akan meningkat jumlahnya. Oleh karena itu, kita harus bersama-sama menemukan solusi dari permasalahan ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas SDM dan juga jumlah lapangan pekerjaan.

Leave a Comment