40 Contoh Muqaddimah / Pembukaan Ceramah, Kultum dan Pidato Berbagai Jenis Tema

40 Contoh Muqaddimah / Pembukaan Ceramah, Kultum dan Pidato Berbagai Jenis Tema

Saat kita akan memulai ceramah, kultum, ataupun pidato sebaiknya ucapkanlah salam pembuka ataupun doa sebelum memulai berbicara. Salam dan doa merupakan suatu pembuka percakapan yang juga disunnahkah oleh Rasulullah SAW.

Berikut ini adalah beberapa contoh muqaddimah atau mukadimah untuk pembukaan ceramah, kultum maupun pidato yang dapat Anda gunakan ketika sedang belajar berdakwah. Semoga ini dapat bermanfaat.

 

Contoh Muqaddimah Ceramah, Kultum dan Pidato 1

الحمذلله رب العالمين،وبه نستعين على أمورالدنياوالدين،والصلاةوالسلام على أشرف الانبياءوالمرسلين محمدخاتم النبيين وعلى آلهوصحبه أجمعين. أمابعد

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Kepada-Nya kita memohon pertolongan atas segala urusan dunia dan urusan akhirat. Semoga shalawat dan keselamatan tetap tercurah kepada Nabi dan Rasul yang paling mulia, Muhammad sebagai penutup para Nabi, dan kepada keluarganya serta sahabat-sahabatnya.

 

Contoh Muqaddimah Ceramah, Kultum dan Pidato 2

اَلْحَمْدُلِلَّهِ الَّدِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلُهُ بِالْهُدَى وَذِيْنِ الْحَقِّ،لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّ يْنِ كُلِّهِ وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ وَالصَّلَاةُوَالسَّلَامُ عَلَى خَيْرِالْخَلْقِ مُحَمَّدٍوَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّ يْنِ. أمابعد

 

Segala puji bagi Allah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar. Dia memenangkannya atas agama-agama, sekalipun orang-orang kafir membencinya. Dan semoga shalawat dan salam tetap tercurah kepada sebaik-baik makhluk, yaitu Muhammad SAW dan kepada keluarganya, para sahabatnya serta para pengikutnya sampai akhir zaman.

 

Contoh Muqaddimah Ceramah, Kultum dan Pidato Versi 3

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الذِّي أَرْسَلَ رَسُولَهُ شَاهِدًاوَمُبَاشِرًاوَنَذِيْرًاوَّدَاعِيًاإِلَى اللَهِ بِإِ ذْنِهِ وَسِرَا جًامُنِيْرًااَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِمْ عَلَى عَبْدِ كَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِ نَامُحَمَّدِوَّعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ نَالُوْاخَيْرًا.أَمَابَعْدُ

 

Segala puji bagi Allah yang telah mengutus Rasul-Nya untuk menjadi saksi, pemberi kabar gembira, dan pemberi peringatan serta dan untuk penyeru kepada Agama Allah dengan izin-Nya dan untuk jadi cahaya yang menerangi. Ya Allah limpahkanlah shalawat serta salam kepada hamba dan utusan-Mu Muhammad SAW, keluarga serta sahabatnya yang memperoleh kebaikan.

 

Contoh Muqaddimah Ceramah, Kultum dan Pidato Versi 4

الحمد لله الذي هدانالهاذاوماكنالنحتدي لولاأن هداناالله. أشهدلآإله إلآاللهو لاشريك له وأشهدأن محمداعبده ورسوله. والصلاة والسلام على أشرف المر سلين محمد خاتم النبيين وعلى آله وصحبه أجمعين. أما بعد

 

Segala puji hanyalah milih Allah yang telah memberi petunjuk kepada kita untuk urusan ini. Dan tidaklah akan mendapat petunjuk jika Allah tidak memberikan petunjuk kepada kita. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan melainkan Allah yang Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya yang diutus kepada seluruh manusia dan jin. Dan semoga rahmat dan keselamatan tetap tercurah kepada Nabi yang paling mulia diantara nabi-nabi yaitu Muhammad putra Abdullah sebagai penutup para nabi-nabi yang terdahulu, dan kepada keluarganya serta para sahabatnya.

 

Contoh Muqaddimah Ceramah, Kultum dan Pidato Versi 5

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ جَعَلَنَابِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ،وَأَفْهَمَنَابِشَرَائِعِ الدِّيْنِ،وَالصَّلاَةُوَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِالْمُرْسَلِيْنَ مُحَمَّدٍوَّعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَابَعْدُ

 

Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan kita termasuk orang-orang yang memiliki iman yang sempurna. Dan yang telah memberikan pemahaman bagi kita tentang syari’at agama. Semoga rahmat dan keselamatan tetap tercurah kepada sebaik-baik utusan, Nabi Muhammad SAW sebagai penutup nabi-nabi terdahulu, dan para keluarganya, serta sahabatnya.

Selain contoh pembukaan ceramah dan kultum di atas, berikut ini juga kami sajikan beberapa contoh pembukaan pidato.

 

Pembukaan Pidato

Sebelum berpidato, pada umumnya pembicara akan memberikan salam atau kalimat pembuka untuk menyapa audiens yang ada di acara tersebut. Berbagai macam gaya salam pembuka dalam pidato sebaiknya dikuasai agar pidato yang Anda sampaikan terlihat natural.

Nah, berikut ini adalah contoh salam pembuka atau pembukaan pidato yang dapat Anda jadikan referensi.

Contoh Pembukaan Pidato 1

Sebelumnya, mari kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur atas nikmat dan rahmat yang Allah SWT berikan kepada kita semua. Sholawat serta salam semoga terus tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah membimbing kita menuju jalan yang lurus dan terbebas dari kebodohan dan ke jahiliahan.

 

Contoh Pembukaan Pidato 2

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Kepada yang terhormat guru pembimbing, dan temanku semua yang berbahagia. Sebelum memulai, marilah kita haturkan syukur kita kepada Allah SWT yang tiada henti memberikan riski-Nya kepada kita semua yang ada di sini. Sholawat dan salam semoga akan terus tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Contoh Pembukaan Pidato dengan Menyajikan Fakta Sejarah

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan semesta alam, Allah Subhanallahuwataala. Senantiasa kita haturkan melalui lisan maupun perbuatan atas nikmat dan karunianya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua.

Shalawat serta salam selalu kita sanjungkan kepada Rasulullah Muhammad Salallahualaihiwasalam, semoga kita selalu mendapat syafaatnya pada hari kiamat nanti.

Anak-anakku semuanya yang saya banggakan. Berbahagia sekali pada kesempatan pagi ini, 21 April 2018 kita semua berkumpul melaksanakan upacara dengan nuansa yang berbeda dengan hari-hari biasa. Karena upacara saat ini dalam rangka memperingati Hari Kartini. Tanggal tersebut merupakan hari kelahiran sang pahlawan emansipasi wanita, yang memperjuangkan derajat kaum wanita sama dengan kaum pria. Raden Ajeng Kartini lahir 21 April 1879 di Jepara Jawa Tengah. Saat itu, Sang Ayah adalah seorang Bupati Jepara yang bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Ibunya bernama M.A. Ngasirah putri dari Kiai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur Jepara.

Versi 4

Segala puji bagi Allah yang menguasai seluruh alam. Semoga rahmat dan salam dicurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga dan sahabatnya seluruhnya.

Versi 5

Segala puji bagi Allah yang menguasai seluruh alam. Rahmat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada seorang Nabi yang tidak akan ada Nabi sesudahnya, kepada keluarga, sahabat dan orang yang mengikuti petunjuknya.

Versi 6

Segala puji bagi Allah yang menguasai alam. Semoga rahmat dan salam dicurahkan kepada penghulu semua utusan, penghulu dan pimpinan kita, Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga dan para sahabatnya.

Pencarian Populer

  • PEMBUKAAN CERAMAH
  • pembukaan kultum
  • muqaddimah ceramah
  • pembukaan ceramah yang bagus
  • mukadimah kultum
  • contoh pembukaan ceramah
  • muqaddimah
  • contoh mukadimah
  • contoh muqaddimah
  • mukadimah ceramah

2 thoughts on “40 Contoh Muqaddimah / Pembukaan Ceramah, Kultum dan Pidato Berbagai Jenis Tema”

Leave a Comment