- Metodologi Penelitian

Definisi dan Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Pengertian ObservasiPada artikel ini saya akan berbagi pengertian observasi menurut para ahli, jenis observasi, tujuan observasi serta kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai observasi, saya sarankan untuk membaca ulasan dari saya ini.

Pertama kita akan mencari tahu pengertian atau definisi dari Observasi menurut para ahli, tapi sebelumnya kita harus mengerti dulu pengertian tentang observasi.

Secara etimologi observasi berasal dari bahasa latin yang memiliki arti “melihat” dan “memperhatikan”. Observasi adalah salah satu teknik yang dilakukan dalam penelitian, berupa sebuah aktivitas yang dilakukan terhadap suatu proses atau objek dengan tujuan memahami dan merasakan pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya.

Pengertian lain menjelaskan bahwa observasi adalah proses sitematis merekam pola suatu perilaku manusia, objek dan kejadian-kejadian tanpa menggunakan pertanyaan atau berkomunikasi dengan subjek. Proses dalam observasi itu bekerja mengubah fakta menjadi data.

Secara umum, pengertian observasi adalah suatu aktivitas pengamatan terhadap suatu objek secara cermat dan langsung di lokasi penelitian, serta mencatat secara sistematis mengenai gejala-gejala yang diteliti.

Diketahui istilah observasi ditujukan pada kegiatan memperhatikan secara akurat, mencatat suatu fenomena. Selain itu, yang paling penting adalah mempertimbangkan hubungan antar aspek dalam fenomena itu.

Pendapat lain mengatakan bahwa arti observasi adalah suatu tindakan atau proses mengamati sesuatu atau seseorang dengan cermat untuk mendapatkan informasi atau membuktikan kebenaran suatu penelitian.

Proses observasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data apabila sesuai dengan tujuan penelitian. Kegiatan ini direncanakan dan dicatat secara sistematis, serta dapat dikendalikan keandalannya (reliabilitas) dan kesahihannya (validitas).

 

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Agar lebih mudah memahami arti observasi, maka kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli. Adapun pengertian observasi selain yang berada diatas, terdapat juga definisi yang disebutkan oleh para ahli. Adapun pengertian observasi menurut para ahli yaitu:

 

Sutrisno Hadi

Observasi adalah suatu kegiatan yang sangat kompleks yang terdiri dari berbagai macam proses, baik proses biologis maupun proses psikologis yang lebih mementingkan proses-proses ingatan dan pengamatan.

 

Hanna Djumhana

Observasi adalah suatu metode ilmiah yang paling utama dalam ilmu pengetahuan empiris serta masih mendapat pengakuan dari dunia penelitian karya ilmiah sebagai metode yang sering digunakan dalam melakukan pengumpulan data.

 

Suharsimi Arikunto

Observasi adalah pengamatan secara langsung terhadap suatu objek yang terdapat di lingkungan, baik yang sedang berlangsung saat itu atau masih berjalan yang meliputi berbagai aktifitas perhatian terhadap suatu kajian objek dengan menggunakan penginderaan.

 

Prof. Dr. Bimo Walgito

Observasi adalah suatu penelitian yang dijalankan secara sistematis dan disengaja diadakan dengan menggunakan alat indera (terutama mata) atas kejadian–kejadian yang langsung dapat ditangkap pada waktu kejadian berlangsung.

 

Kartini Kartono

Observasi adalah suatu proses pengujian dengan maksud dan tujuan tertentu mengenai sesuatu, khususnya dengan tujuan untuk mengumpulkan fakta, skor atau nilai, verbalisasi atau pengungkapan dengan kata-kata tentang segala sesuatu yang telah diamati.

 

Menurut Kamus Ilmiah Populer

Observasi berarti suatu pengamatan yang teliti dan sistematis, dilakukan secara berulang-ulang.

 

Tikstine

Observasi menurut Tikstine yaitu pengumpulan bukti visual secara sistematis dan seakurat mungkin dengan menghadirkan situasi dunia nyata, yang mengarah kepada penyampaian.

 

Sanger

Observasi adalah suatu proses yang dilakukan dengan melihat bukti yang dikumpulkan dan berusaha mencari yang signifikan dan tidak signifikan dari kumpulan bukti tersebut.

 

Notoatmojo

Observasi adalah perbuatan jiwa secara aktif dan penuh perhatian untuk menyadari adanya rangsangan dalam menemukan fakta.

 

KBBI

Observasi adalah pengamatan atau peninjauan secara cermat.

 

Alwasih

Observasi adalah sebuah penelitian atau pengamatan sistematis dan terencana yang diniati untuk perolehan data yang dikontrol validitas dan realibitasnya.

 

Nasution

Observasi adalah dasar semua ilmu pengetahuan. Para ilmuan hanya dapat bekerja berdasarkan data, yaitu fakta mengenai dunia kenyataan yang diperoleh melalui observasi.

 

Syaodih

Observasi adalah teknik yang digunakan atau cara yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sudah berlangsung.

 

Margono

Observasi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian.

 

Sutrisno Hadi

Observasi adalah suatu proses yang komplek, suatu proses yang tersusun dari berbagai biologis dan psikologis. Dua diantara yang penting adalah proses pengamatan dan ingatan.

 

Bungin

Observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui pengamatan dan pengindraan.

Prof. Dr. Sofyan S. Willis

Observasi yaitu pengamatan yang dilakukan secara partisipan dan non – partisipan. Metode partisipan mengharuskan peneliti terlibat di dalam kegiatan anak – anak dan remaja. Sedangkan metode non – partisipan hanya mengamati dari luar, tidak perlu terlibat.

 

Nawawi dan Martini

Observasi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistematik yang terdiri dari unsur-unsur yang muncul dalam suatu gejala-gejala yang dalam objek penelitian. Hasilnya akan dilaporkan dalam sebuah laporan yang disusun sistematis sesuai dengan aturannya.

 

Prof. Heru

Observasi adalah studi yang dilaksanakan secara sengaja, terarah, sistematis, dan terencana sesuai tujuan yang akan dicapai dengan mengamati & mencatat seluruh kejadian dan fenomena yang terjadi dan mengacu pada syarat dan aturan dalam penelitian atau karya ilmiah. Hasil observasi ilmiah ini, dijelaskan secara teliti, tepat dan akurat, serta tidak diperbolehkan untuk ditambah atau dikurangai dan dibuat-buat sesuai keinginan peneliti.

 

Hanna Djumhana

Observasi merupakan salah satu metode ilmiah yang sampai detik ini masih menjadi tempat utama dalam ilmu pengetahuan empiris, dan masih diakui dalam dunia penelitiaan karya ilmiah sebagai salah satu metode yang banyak diterpkan dalam pengumpulan data.

 

Patton

Observasi adalah salah satu metode yang akurat dan mudah dalam melakukan pengumpulan data serta bertujuan untuk mencari tahu dan memahami segala kegiatan yang berlangsung yang menjadi objek kajian dalam penelitiannya.

 

Nana Sudjana

Observasi adalah salh satu alat yang digunakan untuk mengukur proses dan tingkah laku individu dalam sebuah kegiatan yang bisa diamati. Dapat disimpulkan bahwa observasi mempu mengukur dan menilai hasil dari proses belajar mengajar.

 

Burhan

Observasi adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan pengamatannya melalui hasil kerja dari salah satu pancaindra yakni mata dan dibantu dengan pancaindra yang lainnya.

 

Karl Welck

Observasi merupakan pencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan, penggantian dari serangkaian proses tingkah laku dan suasana yang memiliki hubungan dengan organisasi tertentu.

 

Sugiyono

Menurut beliau, observasi dalam arti sempit adalah suatu proses penelitian dengan mengamati situasi serta kondisi dari bahan pengamatan. Teknik observasi seperti ini sangat cocok digunakan untuk melakukan penelitian mengenai proses pembelajaran, sikap dan perilaku, dan lainnya.

 

Gibson, R.L dan Mitchell. M.H

Observasi yaitu teknik yang bis dipergunakan untuk menyeleksi derajat dalam menentukan keputusan dan konklusi terhadap orang lain yang diamati. Pengamatan seperti ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus dibantu dengan metode penelitian yang lainnya.

 

Gall

Observasi adalah sebuah metode pengumpulan data dan informasi yang dilakukan melalui pengamatan lingkungan dan tingkah laku baik secara pribadi maupun umum.

 

Arifin

Observasi adalah suatu proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis, objektif dan rasional mengenai berbagai fenomena, baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan untuk mencapai tujuan tertentu.

 

Basrowi

Observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara diteliti serta pencatatan secara sistematis.

 

Sevilla

Observas/pengamatan dalam istilah sederhana adalah proses dimana peneliti atau pengamat melihat situasi penelitian. Metode ini sangat sesuai digunakan dalam penelitian yang meliputi pengamatan kondisi/interaksi belajar mengajar, tingkah laku bermain anak-anak dan interaksi kelompok.

 

Nurkancana

Observasi adalah suatu cara untuk mengadakan penilaian dengan jalan mengadakan pengamatan secara langsung dan sistematis. Data-data yang diperoleh dalam observasi itu dicatat dalam suatu catatan observasi. Kegiatan pencatatan dalam hal ini adalah merupakan bagian daripada kegiatan pengamatan.

 

Tujuan Observasi

Kegiatan observasi tentu memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Adapun tujuan observasi adalah sebagai berikut:

Untuk menggambarkan suatu objek dan segala yang berhubungan dengan objek penelitian melalui pengamatan dengan menggunakan panca indera.

Untuk mendapatkan suatu kesimpulan mengenai objek yang diamati, dimana kesimpulan tersebut disusun dalam sebuah laporan yang relevan dan bermanfaat bagi bahan pembelajaran.

Untuk mendapatkan suatu data atau informasi yang dapat dibagikan kepada pihak lain dalam bentuk karya ilmiah atau non-ilmiah.

 

Manfaat Observasi

Mengacu pada pengertian dan tujuan observasi yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa manfaat observasi yang bisa didapatkan. Adapun beberapa manfaat observasi adalah sebagai berikut:

  • Suatu hasil observasi dapat dikonfirmasi dengan hasil penelitian.
  • Deskripsi dalam observasi dapat menjelaskan atau memperkirakan mengenai dunia nyata.
  • Memungkinkan orang lain untuk menafsirkan hasil penemuan dan bagaimana akan diinterpretasikan.
  • Observasi dapat menjelaskan mengenai suatu peristiwa dan dapat diuji kualitasnya, serta menimbulkan spekulasi tentang peristiwa tersebut dalam aturan nyata.
  • Observasi dapat mencatat indikasi yang terkadang tidak nyata berlangsungnya.
  • Proses observasi dapat mencatat keadaan yang tidak dapat direplikasikan dalam suatu eksperimen.
  • Suatu peristiwa dapat dicatat secara kronologis sehingga berurutan.
  • Suatu observasi dapat dikombinasikan dengan menggunakan sistem lainnya.

 

Jenis-Jenis Observasi

Observasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Adapun jenis-jenis observasi adalah sebagai berikut:

 

Observasi Partisipasi

Jenis observasi ini dilakukan dengan adanya observer yang terlibat langsung secara aktif dalam objek yang diteliti. Sebaliknya, observasi non-partisipasi dilakukan tanpa adanya keterlibatan langsung peneliti sebagai observer.

 

Ciri-Ciri Observasi Partisipan:

  1. Materi observasi disesuaikan dengan tujuan observasi.
  2. Waktu dan bentuk pencatatan : segera setelah kejadian dengan kata kunci. Kronologis – sistematis.
  3. Hubungan : mencegah kecurigaan, pendekataan yg baik dan menjaga situasi tetap wajar.
  4. Kedalaman partisipasi tergantung pada tujuan dan situasi.

 

Observasi Sistematis

Observasi Sistematis atau disebut juga observasi berkerangka adalah observasi yang telah ditentukan terlebih dahulu kerangkanya. Arti jenis observasi ini disebut juga dengan observasi terstruktur yang terdapat kerangka yang berisi akan faktor-faktor dan ciri-ciri khusus dari setiap faktor yang diamati. Di dalam kerangka tersebut terdapat faktor-faktor yang akan diobservasi berdasarkan kategorinya.

 

Ciri-Ciri Obervasi Sistemik:

  1. Isi dan luas observasi lebih terbatas, sesuai rumusan khusus.
  2. Memungkinkan respons dan peristiwa dicatat secara lebih teliti, dan mungkin dikuantifikasikan.
  3. Dapat menggunakan one way screen.

 

Observasi Eksperimental

Observasi eksperimental adalah observasi yang dilaksanakan terhadap situasi yang telah dipersiapkan sedemikian rupa untuk meneliti suatu objek tertentu.Pengertian lain mengenai observasi eksperimental adalah bentuk observasi yang dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah dengan cara mengendalikan unsur-unsur penting ke dalam situasi sedemikian rupa.
Sehingga situasi tersebut dapat diatur sesuai dengan tujuan riset dan dapat dikendalikan untuk mengurangi atau menghindari bahaya timbulnya faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi situasi.

 

Ciri-Ciri Observasi Eksperimetal:

  1. Observer dihadapkan pada situasi perangsang yang dibuat seragam atau berbeda.
  2. Situasi dibuat sedemikian rupa untuk memunculkan variasi perilaku.
  3. Situasi dibuat sedemikian rupa sehingga observee tidak mengetahui maksud observasi.

 

Observasi Formal

Pengertian jenis observasi adalah bentuk observasi yang bersifat terstruktur yang tinggi, terkontrol dan umumnya untuk penelitian yang dilakukan secara hati-hati, menyusun data, melatih observer dan menjaga reliabilitas antar rater, pencatatan-analisis-interpretasi menggunakan prosedur yang sophisticated.

 

Observasi Informal

Pengertian Observasi jenis ini mempunyai sifat yang lebih longgar dalam hal kontrol, elaborasi, sifat terstruktur, dan biasanya untuk perencanaan pengajaran dan pelaksanaan program harian. Observasi informal sering disebut juga dengan naturalistic observation.

 

Kelebihan dan kurangan Observasi

Kelebihan Observasi

Dapat mencatat hal-hal, perilaku pertumbuhan, dan sehingga pada saat kejadian berlangsung atau saat perilaku terjadi.

Dapat memperoleh data langsung dari subjek, yang keduanya dapat berkomunikasi secara verbal atau tidak.

 

Kelemahan Observasi

Dibutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil dari suatu peristiwa, seperti upacara pemakaman Toraja dalam kasus kematian, para peneliti akan harus menunggu untuk upacara adat.

Pengamatan fenomena yang berlangsung lama, tidak bisa dilakukan secara langsung.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Observasi, Tujuan Obervasi, Jenis-Jenis Observasi, Pengertian Observasi Menurut Para Ahli. Semoga informasi ini dapat membantu dalam keseharian teman-teman, khususnya bagi anda yang senang dan bergelut dalam hal penelitian.

Pencarian Populer

  • metode observasi menurut para ahli

About Prabawati Budi Utami

Alumnus PPS uny yang tertarik dengan pengembangan aplikasi dan terjerumus ke dalam tulis menulis
Read All Posts By Prabawati Budi Utami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *