hujan, doa turun hujan
- Doa harian

Doa Ketika Turun Hujan

Doa Ketika Turun Hujan – hujan merupakan rahmat dari Allah SWT bagi seluruh isi yang ada di bumi. Jadi salah bila kita sering mengumpat bahwa hujan membaca musibah atau bencana. Ketika hujan membawa bencana, mungkin itu teguran Allah SWT untuk kita semua yang telah lalai dari mengingat Allah. Selebihnya, hujan masih tetap berkah bagi kita semua karena hujan dapat menumbuhkan tanaman-tanaman yang ada di muka bumi ini.

Berikut ini adalah  ayat Al Quran yang menjelaskan bahwa hujan adalah rahmat dari Allah SWT.

وَالَّذِي نَزَّلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَنْشَرْنَا بِهِ بَلْدَةً مَيْتًا ۚ كَذَٰلِكَ تُخْرَجُونَ

Artinya:

“Dan Yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).” (QS. Az-Zukhruf: 11).

Sebagai sebuah rahmat hujan diturunkan oleh Allah tepat disaat seluruh makhluk memerlukannya. Allah menurunkan hujan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan untuk dapat menghidupkan kembali tumbuh-tumbuhan serta kehidupan lain yang diperlukan oleh manusia di muka bumi. Namun, ketika banyak musibah terjadi di saat musim penghujan itu merupakan sebuah teguran bagi manusia atas kerusakan alam yang terjadi akibat ulah manusia di muka bumi.

Hujan menjadi suatu keberkahan karena hujan lebih banyak mendatangkan kemashlahatan bagi makhluk dibandingkan kemudharatan. Dengan air hujan maka tumbuh-tumbuhan, pohon-pohon, dan tanaman yang telah mati dapat hidup kembali. Seperti yang dijelaskan ayat Al-qur’an surah Qaaf ayat 9 sebagai berikut:

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا فَأَنْبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

Artinya:

“Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS. Qaaf: 9).

Sehingga dari kedua ayat tersebut hujan merupakan sebuah rahmat dan keberkahan bukanlah sebuah musibah bagi seluruh makhluk.

Sebagai seorang Muslim maka alangkah baiknya ketika turun hujan kita sama-sama berdoa agar hujan yang diturunkan dapat membawa manfaat bagi kita bukan malah berkeluh kesah ketika hujan turun. Berikut adalah doa yang dicontohkan oleh Nabi SAW ketika turun hujan sebagaimana yang diriwayatkan oleh Bukhori dari Aisyah Ra sebagai berikut:

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Artinya:

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat).” (HR. Bukhari no. 1032).

About Wawasan Edukasi

Read All Posts By Wawasan Edukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *