pemanasan global, global warming,
- Pendidikan

Definisi dan Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

Pemanasan Global – atau disebut juga dengan istilah Global Warming adalah suatu peristiwa peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. Banyak faktor yang menjadi penyebab meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi. Salah satunya adalah polusi dari asap kendaraan bermotor. Pemanasan Global ini juga akan memiliki dampak yang buruk bagi manusia dan bagi bumi itu sendiri. Maka dari itu, mulai dari sekarang marilah kita sadar diri akan pentingnya menjaga alam kita yang sudah semakin tua ini.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Pengertian dan Definisi Pemanasan Global, Penyebab Pemanasan Global, Dampaknya bagi kehidupan manusia dan Bagaimana cara mengatasi pemanasan Global itu.

Definisi dan Pengertian Pemanasan Global

Berikut ini adalah beberapa pengertian dan definisi pemanasan global (global warming)

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat

Pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi, baik yang telah berlalu dan yang terjadi pada saat ini. Peristiwa pemanasan global ini pada umumnya dipengaruhi oleh peristiwa efek rumah kaca yang terjadi di atmosfer bumi. Dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global ini salah satunya adalah perubahan iklim di beberapa negara.

Menurut Asosiasi Energi New Mexico, Amerika Serikat

Pemanasan global adalah peristiwa peningkatan temperatur atau suhu rata-rata pada permukaan bumi yang diakibatkan oleh peristiwa efek rumah kaca. Efek rumah kaca ini seolah menjadi perangkap panas oleh bumi karena obstruksi gas emisi seperti karbon dioksida yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor maupun cerobong asap industri kemudian terperangkap di atmosfer

Menurut Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam

Pemanasan Global merupakan suatu peristiwa krisis lingkungan dan kemanusiaan yang terjadi saat ini. Atmosfer bumi kini menjadi semakin panas akibat gas karbon dioksida yang terperangkap di dalamnya. Peristiwa ini lambat laun akan menyebabkan terjadinya perubahan iklim dan bencana di permukaan bumi. NRDC mengimbau kepada seluh penduduk bumi untuk mencegah terjadinya pemanasan global yang lebih parah lagi dengan melakukan kegiatan yang dapat mengembalikan kondisi bumi.

Menurut National Wildlife Federation

Pemanasan global adalah peristiwa dimana panas bumi semakin hari semakin bertambah. Selain itu, semakin banyak hujan lebat dan banjir, badai yang lebih sering dan terjadinya kekeringan di beberapa daerah. Peristiwa semacam ini adalah dampak yang nyata terjadi sebagai bentuk akibat dari peristiwa pemanasan global yang terjadi di bumi. Pemanasan Global juga mengakibatkan kematian atau kepunahan banyak spesies yang ada di bumi.

Proses Terjadinya Pemanasan Global

Secara sederhana, pemanasan global terjadi karena cahaya matahari yang masuk menembus atmosfer bumi tidak dapat dipantulkan kembali ke luar angkasa karena terperangkap oleh atmosfer bumi.

Pada dasarnya, tidak semua sinar matahari dapat memasuki atmosfer bumi. Karena, sebelum memasuki atmofer bumi atau sampai pada permukaan bumi, sebagian sinar matahari telah lebih dahulu dipantulkan oleh atmosfer bumi kita, sebagai bentuk perlindungan alami yang diciptakan oleh Sang Maha Pencipta.

Kemudian, sinar matahari yang berhasil masuk ke permukaan, seharusnya juga dapat terpantulkan kembali ke luar angkasa. Namun, karena beberapa faktor, sinar matahari yang seharunya menuju ke luar angkasa malah dipantulkan kembali menuju bumi oleh atmosfer bumi itu sendiri. Peristiwa inilah yang sering kita sebut dengan istilah efek rumah kaca.

Dikatakan efek rumah kaca karena peristiwa mirip dengan bangunan yang bangun menggunakan dinding dan atap kaca. Rumah kaca pada umumnya dibuat atau dibangun di daerah yang memiliki empat musim. Dengan rumah yang berdinding kaca dan beratap kaca, suhu ruangan akan tetap hangat meskipun udara di luar sedang dingin. Hal ini karena sinar matahari yang masuk tidak dapat sepenuhnya meninggalkan rumah. Seperti itulah kiranya proses terjadinya pemanasan global.

Lantas, apa saja yang menjadi penyebab atmosfer kita menjadi seperti efek rumah kaca?

Penyebab Pemanasan Global

Terjadinya pemanasan global pada saat ini sejatinya karena ulah dari manusia itu sendiri. Mereka terlalu rakus dalam mengeksplore kekayaan alam dan melupakan pentingnya melestarikan lingkungan. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi pemicu atau penyebab terjadinya pemanasan global seperti yang kita rasakan saat ini.

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca sejatinya hanyalah sebuah istilah dimana atmosfer kita telah berubah seperti rumah kaca. Seperti kita ketahui bahwa rumah kaca merupakan rumah yang didesain di daerah-daerah dingin seperti eropa. Mereka mendesain rumah dengan menggunakan dinding dan atap berbahan kaca tujuannya adalah untuk menangkap cahaya matahari agar tidak mudah keluar. Hal semacam ini membuat udara di dalam rumah akan terasa hangat meskipun di luar rumah sedang dingin.

Kira-kira seperti itulah ilustrasinya. Akan tetapi berbeda dengan atmosfer kita. Perubahan fungsi atmosfer kita disebabkan karena penumpukan gas karbon dioksida pada daerah atmosfer. Karbon dioksida yang terperangkap kemudian bertindak selayaknya benda hitam yang akan memantulkan cahaya yang datang sebagai panas. Sehingga bila penumpukan karbon dioksida di atmosfer semakin bertambah, maka pantulan panas yang akan kita terima juga akan semakin meningkat.

Gas Rumah Kaca

Pada dasarnya, gas rumah kaca merupakan komponen yang menjadikan atmosfer kita menjadi seperti efek rumah kaca. Gas-gas yang menjadi pemicu efek rumah kaca diantaranya yaitu asap kendaraan bermotor, asap yang keluar dari cerobong pabrik, limbah peternakan, asap dari pembakaran sampah, pendingin ruangan, dan masih banyak lagi. Semakin banyak kendaraan, hutan yang dibakar, sampah yang dibakar, limbah pabrik, maka semakin banyak pula gas rumah kaca yang akan terperangkap di atmosfer bumi. Akibatnya, pemanasan global akan semakin cepat.

Pencarian Populer

  • edukasi global warming

About Wawasan Edukasi

Read All Posts By Wawasan Edukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *