Pengertian dan Contoh Lengkap Pidato Persuasif Berbagai Macam Tema

Contoh Pidato Persuasif – Pada artikel kali ini, Wawasan Edukasi akan mencoba membahas mengenai apa itu pidato persuasif dan apa tujuannya. Seperti yang kita ketahui bahwa pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum untuk mengutarakan pendapat, memberikan gambaran terhadap suatu hal dan juga untuk mengajak kepada banyak orang untuk berbuat atau melakukan sesuatu. Lantas, apa maksud dari pidato persuasif? untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

 

Pengertian dan Tujuan Pidato Persuasif

Pengertian dari Pidato persuasif adalah salah satu jenis pidato yang tujuannya adalah untuk menarik perhatian banyak pendengar, mempengaruhi, yang sifatnya berusah mengajak atau membujuk pendengar yang datang agar yakin dan mau melakukan suatu hal sesuai dengan apa yang pembicara utarakan.

Agar banyak pendengar yang yakin dan mau mengikuti apa isi pidato, maka dalam menyusun teks pidato harus berdasar pada argumentasi yang logis, masuk akal serta dapat dipertanggungjawabkan.

Pidato persuasif merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengimbau masyarakat untuk melakukan suatu hal yang bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, bagi kesehatan, dan lain sebagainya.

Agar pidato persuasif yang pembicara sampaikan dapat menarik perhatian banyak orang, biasanya mereka menambahkan lelucon atau kata-kata lucu sehingga mereka tidak merasa bosan ketika mendengarkan pidato.

Dengan hati yang senang, maka informasi yang akan disampaikan menjadi lebih mudah untuk diterima oleh audiens.

 

Struktur Pidato Persuasif

Struktur pidato persuasif hampir sama dengan pidato-pidato lainnya, yang meliputi

  1. Salam pembukaan
  2. Pendahuluan – pada bagian ini sebaiknya utarakan mengenai gambaran dari isi pidato secara singkat
  3. Isi Pidat – Berikan pemaparan mengenai maksud dan tujuan anda berpidato, baik renca, sasaran dan semua yang ingin dicapai dari isi pidato tersebut.
  4. Penutup – berisi simpulan dan harapan yang menjadi tujuan dari pidato

 

Contoh Pidato Persuasif

Berikut ini adalah beberapa contoh pidato persuasif yang dapat Anda kembangkan sesuai dengan tema yang ingin Anda sampaikan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang senantisa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini, dengan keadaan sehat wa-afiat.

Tidak lupa sholawat serta salam semoga terus tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.

Yang saya hormati, ………

Yang saya hormati para peserta ………..

Sebelumnya, saya ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan acara ini dengan sangat baik.

Sebelum kita bahasa lebih jauh, marilah sejenak kita belajar dari para pengusaha yang membangun usaha mereka dari nol. Banyak dari mereka yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi seperti kita semua di sini. Beberapa diantara mereka adalah orang-orang yang berlatar belakang dari keluarga yang tidak mampu. Namun satu yang mereka miliki, yaitu impian, harapan dan semangat yang kuat untuk meraih itu semua.

Pendidikan tinggi tidak menjamin kita langsung menjadi orang sukses, mendapat pekerjaan yang layak dengan gaji besar. Tidak, itu tidak akan terjadi tanpa semangat dan etos kerja yang kuat dari Anda. Bila Anda punya mimpi, maka bangunlah dan beranjaklah dari mimpi kemudian wujudkan dengan kerja nyata agar mimpimu bisa kamu pegang.

Kebanyakan pengusaha-pengusaha yang telah berhasil malah memperkerjakan orang-orang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Jadi, pada intinya, kita yang berjiwa muda mempunyai kesempatan yang selebar-selebarnya untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Masih cukup banyak waktu untuk berusaha sebaik mungkin dalam mewujudkan apa yang kita cita-citakan. Kita sebagai generasi muda harus mempunyai cara berfikir yang visioner, yakni mampu melihat peluang dimasa depan dan mampu memanfaatkan peluang tersebut. Disini saya bukan berarti melarang anda untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya. Kan tetapi kita semua harus mempunyai jiwa-jiwa pengusaha sehingga nantinya dapat diandalkan untuk mengangkat perekonomian Indonesia yang lebih baik.

Remaja-remaja yang saat ini sedang mencari dan membentuk jati dirinya harus mempunyai sudut pandang yang lebih baik mengenai kehidupan. Khususnya dalam membangun perekonomiannya sediri, terlebih dapat bermanfaat dan memajukan perekonomian bangsa. Salah satu caranya adalah pembekalan dan pelatihan berwira usaha sehingga nantinya dapat menumbuhkan benih-benih pemuda berjiwa interpreneur. Hal ini penting, karena salah satu unsur pokok penunjang kehidupan adalah perekonomian. Marilah para pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa teruslah bergerak, berfikir kreatif dan inovatif dan jangan pernah ragu untuk mencoba. Jangan takut gagal, karena orang-orang yang sukses bermuloa dari kegagalan-kegagalan yang mewarnai prosesnya menuju suatu kesuksesan.

Jika kita mampu bergerak dan mengalahkan diri sendiri, segalanya menjadi mungkin. Sebenarnya yang membatasi kemampuan kita adalah pikiran kita sendiri. Kemampuan berfikir manusia itu tidak terbatas, kita sendiri yang kadang membatasi pemikiran-pemikiran kita tersebut. Kita harus menjadi jiwa muda yang mempunyai pengaruh-pengaruh yang baik bagi generasi-generasi yang akan datang.

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam sambutan pada acara seminar kali ini, pada penutupan kali ini saya hendak menegaskan sekali lagi, kita harus menjadi pemuda yang selalu memupuk semangat untuk menjadi generasi wirausaha. Semoga apa yang saya katakan dan saya ungkapkan bermanfaat bagi anda semua, dan mohon maaf atas semua kesalahan.

Billahitaufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Baca juga: Contoh Pidato Singkat Berbagai Macam Tema

Itulah pembahasan mengenai Pidato persuasif beserta contohnya. Semoga dapat bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *