Contoh Pidato Agama tentang Menegakkan Sholat Berjamaah

sholat
Keutamaan Sholat – allahsword.com

Teks Pidato Tentang Sholat Sebagai Tiang Agama – Sebagai seorang muslim, sholat merupakan tiang agama, ibadah pokok yang wajib dilaksanakan. Bila seorang muslim meninggalkan sholatnya, maka agamanya akan terasa hampa sebab dari situlah mulanya kecintaan kepada Islam dan Allah sebagai sang pencipta telah luntur.

Berikut ini adalah contoh pidato yang memberikan gambaran dan anjuran betapa pentingnya sholat bagi kelangsungan hidup seorang muslim.

 

Contoh Pidato Singkat tentang Sholat

Assalamualaikum wr. wb

Yang saya hormati Bpk / Ibu …..

Yang saya hormati …..

Yang saya hormati  …..

Sebelum memulai pidato saya, marilah terlebih dahulu kita panjatkan puji dan syukur kita hanya kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Agung yang senantiasa memberikan kita kenikmatan tiada henti. Pagi siang sore sampai pagi lagi Dia selalu memberikan kita nikmat, bahkan kepada hamba-Nya yang telah melupakan-Nya, Dia masih terus memberikan nikmat.

Sholat serta salam semoga terus tercurah kepada panutan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita menuju ke jalan yang benar dan semoga kita dapat terhindar dari api neraka. Semoga kita selalu masuk dalam golongan orang-orang yang mendapat jatah syafaat beliau di akhirat kelak. Amin ya robbal alamin.

Pada kesempatan yang sangat berharga ini, perkenan saya menyampaikan sedikit pesan kepada para hadirin mengenai sholat sebagai tiang agama. Semoga apa yang saya sampaikan di sini dapat berguna bagi kita semua yang ada di sini. Semoga yang ada di sini, setelah mendengar kultum singkat ini menjadi lebih giat lagi menjalankan sholat.

Hadirin yang berbahagia,

Kita sebagai seorang muslim, tentu sudah mengetahui kisah Isra Mirajnya Nabi Muhammad SAW. Perintah yang Allah berikan waktu itu adalah untuk menjalankan ibadah sholat bagi seluruh umat Nabi Muhammad SAW.

Ibadah yang sangat penting yang diperintahkan oleh Allah SWT sampai-sampai Nabi Muhammad harus datang langsung menuju langit ke 7 bersama dengan Malaikat Jibril.

Sekedar informasi bagi para hadirin sekalian. Sebelum diwajibkannya sholat 5 waktu, pada mulanya Allah SWT memerintahkan kita untuk melaksanakan sholat sebanyak 50 kali dalam satu hari. Kebayang gak capeknya kaya gimana? Apa gak pegel lutut ente? Gak patah-patah ntar kalo harus sholat 50 kali dalam sehari?

Namun, karena cinta Nabi Muhammad SAW kepada kita semua para umatnya, Beliau memintakan dan memohonkan kepada Allah untuk menguranginya. Tawar menawar ceritanya. Sehingga Allah SWT mengabulkan permohonan Nabi Muhammad SAW untuk mendapat keringanan yaitu melaksanakan sholat sebanyak 5 kali dalam sehari.

Meskipun begitu, melaksanakan sholat 5 kali dalam sehari juga masih terasa berat bagi pengikut Nabi Muhammad SAW. Bagi sebagian orang, terasa sangat berat sekali menjalan sholat pada lima waktu itu. Ketika sholat ashar, bayak orang yang masih sibuk bekerja sampai-sampai tanpa terasa waktu ashar sudah habis dan sudah masuk maghrib.

Ketika waktu sholat maghrib sudah tiba, lagi-lagi mereka juga tidak sempat menjalankannya, karena masih dalam perjalanan dan terjebak macet.

Saat sudah sampai dirumah, badan terasa penat sehingga memilih untuk tiduran yang tanpa sadar sudah menjelang pagi, hilanglah ibadah sholat isya kita.

Begitupun dengan ibadah sholat subuh. Badan yang lelah karena pekerjaan, memaksa untuk tidur lebih awal dan terkadang tidur larut malam sehingga bangun kesiangan dan waktu sholat subuh juga telah habis.

Begitu miris bila melihat kondisi semacam ini.

Hadirin yang berbahagia,

Sholat merupakan ibadah yang sangat penting bagi kita sebagai orang islam. Perintah sholat hukumnya wajib (fardu ain). Suatu ibadah yang akan mendapatkan pahala bila dikerjakan dan akan mendapatkan dosa bila kita tinggalkan. Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali kita meningkalkan ibadah wajib yang satu ini.

Apabila rumah atau bangunan tiada memiliki tiang, maka rumah atau bangunan tersebut akan runtuh. Begitu pula dengan agama, apabila seseorang yang mengaku beragama islam tidak melaksanakan ibadah shalat, maka agamanya akan runtuh.

Perintah mengerjakan shalat ini bahkan ada di dalam rukun islam yang ke dua, yaitu mengerjakan sholat lima waktu dalam sehari. Di mulai dari sholat Shubu, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Apabila kita melakasanakan perintah shalat ini dengan sungguh – sungguh maka kita akan mendapatkan pahala yang sempurna dari Allah SWT.

Hadirin yang saya hormati,

Banyak sekali hikmah yang bisa kita dapatkan dari melaksanakan perintah shalat lima waktu, adapun hikmah melaksanakan perintah shalat lima waktu di antaranya adalah:

Mendekatkan diri dengan Allah SWT

Sholat merupakan sarana bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah. Karena dengan sholat, seolah – olah kita berkomunikasi dengan pencipta kita. Oleh karena itu, sholat bisa membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Menjaga kesadaran dan pengendalian diri

Ibadah sholat akan membuat hati manusia selalu terpaut dengan Allah SWT, sehingga kita senantiasa dapat menjaga diri kita dari hawa nafsu yang dapat menjerumuskan kita dari perbuatan dosa.
Baca Juga: Puluhan Contoh Kalimat Inversi & Pengertian

Mencegah perbuatan keji dan munkar

Dengan menyadari bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Kuasa dan manusia sebagai hamba yang lemah di hadapannya, akan membuat kita selalu terjaga dan terhindar dari perbuatan keji dan munkar.

Sebagaimana firman Allah SWT, “ Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar… “ ( QS.Al Ankabut 45 ).

Menanamkan perilaku disiplin diri terhadap waktu

Allah SWT memerintahkan kita untuk sholat di waktu – waktu tertentu. Hal ini akan membuat kita disiplin dalam kehidupan kita, sehingga perilaku disiplin tersebut akan menjadi kebiasan hidup kita.

Hadirin yang berbahagia,

Sebenarnya masih banyak sekali hikmah dan manfaat sholat lima waktu yang bisa kita dapatkan. Oleh karena itulah, sebagai hamba Allah SWT, hendaknya kita mengerjakan sholat lima waktu agar kita mendapat pahala dan terhindar dari api neraka.

Sekiranya hanya itu yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon dimaafkan. Apabila ada kesalahan dalam penyampaian, itu karena kelalaian saya dan mohon untuk dimaafkan.

Terimakasih atas perhatiannya.

Wabilahitaufik walhidyah wassalamualaikum wr. wb.

Baca juga “Contoh Kultum Singkat Terlengkap

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *