Contoh Pidato dan Ceramah tentang Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas memang menjadi salah satu ancaman remaja putra dan putri masa kini. Berkaitan dengan semakin maraknya pergaulan bebas, wawasan edukasi kali ini akan membagikan sedikit contoh pidato singkat mengenai pergaulan bebas.

Contoh Pidato Singkat tentang Pergaulan Bebas

Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum wr, wb.
 
untuk muqaddimah, silahkan pilih pada artikel contoh muqaddimah

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian,
Di hari yang cerah ini, marilah kita senantiasa mengucap rasa syukur kita kepada Sang Pencipta yang telah memberikan kita banyak sekali kenikmatan.

Pada kesempatan kali ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan pesan-pesan singkat yang berkenaan dengan pergaulan bebas remaja masa kini.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati,
Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa remaja saat ini semakin mengkhawatirkan, apalagi pergaulan mereka. Banyak kita temui batas-batas norma yang mereka langgar saat bergaul. Hal semacam ini tentu membuat kita semakin was-was, takut jika anak-anak kita juga ikut terjerumus di dalamnya. Sungguh akan sangat membuat hati kita semua merasa sedih bila mendengar hal semacam itu.

Bila kita sedikit mengkaji, pada dasarnya, ada banyak hal yang menyebabkan pergaulan bebas lebih disenangi oleh remaja masa kini.
 
Banyak faktor yang dapat menjadi pemicu terjadi pergaulan bebas antara lain kurangnya kasih sayang dan arahan dari kita selaku orang tua, teman dan lingkungan yang buruk, serta penggunaan internet yang tidak bijaksana.

Bila hal semacam ini tidak segera ditangani, hal buruk akan mengancam kepada anak-anak kita. Bukan tidak mungkin jika anak-anak kita mesti menanggung konsekuensi negatif akibat pergaulan bebas, seperti kecanduan obat-obatan terlarang, prestasi yang menurun, serta terlilit utang dan masalah kriminal.

Untuk itu, kita selaku orang tua mesti mencegah hal itu semua dengan berbagai upaya. Adapun salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah memberikan kasih sayang yang cukup, serta pengarahan yang tepat kepada anak-anak kita. Dengan memberikan kasih sayang yang cukup, anak-anak kita tidak akan merasa kecewa dan dikucilkan dan otomatis tidak akan melampiaskannya dengan melakukan tindakan negatif. Dengan memberikan pengarahan dan didikan yang tepat, anak-anak kita akan mampu menghindari pergaulan bebas.

Selain itu, mengenalkan anak kepada teman dan lingkungan yang baik juga patut untuk dilakukan. Dengan cara tersebut, dampak atau pengaruh positif akan tertular kepada anak kita, sehingga mereka tidak akan terjebak ke dalam pergaulan bebas. Penggunaan internet pun juga harus dibimbing supaya anak-anak kita tidak mengakses konten negatif yang memicu mereka untuk masuk ke pusaran pergaulan bebas. Dengan melakukan hal itu semua, diharapkan anak-anak kita tidak terjebak ke dalam pusaran pergaulan bebas, serta menjadikan mereka sebagai anak-anak yang budiman.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan pada pidato kali ini. Kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr, wb.

Demikianlah contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian, baik di ranah pidato khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih. untuk acara keagamaan, silahkan baca pada contoh pidato agama

Baca juga “Contoh Pidato tentang Narkoba

No comments for "Contoh Pidato dan Ceramah tentang Pergaulan Bebas"