10 Contoh Pidato Singkat Berbagai Macam Jenis Acara

contoh pidato, contoh pidato singkat,

Contoh Pidato Singkat - Tidak semua orang bisa dan mampu berbicara dengan lancar di muka umum. Banyak tujuan dan manfaat seseorang berbicara dihadapan umum. Dibutuhkan sebuah latihan dan pengulangan sampai orang tersebut benar-benar mampu berbicara dengan lancar, terstruktur dan baik ketika berdiri dihadapan banyak orang.

Pengertian Pidato 
Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan (wikipedia)

Tujuan Pidato
Orang yang sedang berpidato di depan banyak orang pastilah memiliki tujuan. Tidak mungkin secara spontan seseorang berbicara di depan banyak orang bila tidak memiliki tujuan, bila hal ini dilakukan dikhawatirkan nanti anda dikira sedang mengalami depresi. Maka jangan pernah berbicara atau berpidato di depan banyak orang bila tidak memiliki tujuan yang jelas.

Secara umum, tujuan pidato yaitu:
  1. Mempengaruhi banyak orang agar mau atau mengerti apa kemauan kita secara sukarela
  2. Memberikan informasi, pemahaman atau edukasi kepada masyarakat luas
  3. Menghibur banyak orang dengan apa yang kita sampaikan

Fungsi Pidato
  1. Mempermudah komunikasi antara atasan dengan bawahan.
  2. Mempermudah komunikasi antara sesama anggota dalam suatu organisasi.
  3. Menciptakan keadaan yang kondusif dimana cukup 1 orang saja yang melakukan orasi tersebut.

Metode Pidato
Secara umum, metode berpidato yaitu:
  1. Impromptu yaitu suatu metode dalam berpidato yang serta merta tanpa persiapan terlebih dahulu.
  2. Memoriter yaitu metode berpidato yang dengan menghapalkan naskah teks pidato terlebih dahulu.
  3. Naskah yaitu suatu metode dalam berpidato dengan membacakan teks pada saat berpidato.
  4. Ekstemporan yaitu metode berpidato yang terlebih dahulu menyiapkan secara garis besar konsep pidato yang akan disampaikan pada saat berpidato

Ciri - ciri Pidato yang Baik
  1. Memiliki tujuan yang jelas
  2. Isinya mengandung kebenaran
  3. Cara penyampaiannya sesuai dengan para pendengar
  4. Menciptakan suasana efektif dengan pendengar
  5. Penyampaiannya jelas dan juga menarik
  6. Menggunakan intonasi, artikulasi, dan volume yang jelas
  • Artikulasi merupakan bagaimana cara melafalkan bunyi bahasa
  • Intonasi merupakan naik turunnya lagu kalimat
  • Volume yaitu kuat lemahnya dalam mengucapkan suatu kata-kata atau kalimat

Ragam Contoh Pidato Berbagai Jenis Acara

Berikut ini adalah beberapa Contoh Pidato Singkat dari berbagai macam jenis acara yang dapat Anda jadikan rujukan.

Contoh Pidato Singkat dalam Pelantikan Pengurus Baru Suatu Organisasi

Asslamualaikum wr. Wb.

Saudara-saudara para pengurus yang terhormat, baik pengurus periode … maupun pengurus baru untuk periode …

Alhamdulillah, akhirnya kepengurusan organisasi kita untuk periode … sudah terbentuk, yaitu pada hari … tanggal … bulan … tahun … pada rapat pembentukan pengurus yang kita adakan di kantor kita tercinta ini.

Meskipun jalannya rapat pembentukan pengurus yang kita adakan di kantor memakan waktu yang cukup lama, namun semuanya itu telah berlangsung dengan tertib dan lancer tanpa ada sesuatu halangan apapun serta berjalan dalam suasana kekeluargaan.

Sudah menjadi kebiasaan apabila di dalam rapat diantara kita terdapat perbedaan pendapat dan argumentasi. Namun kami melihat pada rapat kemarin (pada rapat pembentukan pengurus) itu, kami sangatlah bangga, karena dianatara kita saling menghormati dan saling mengerti. Di sinilah suasana benar-benar hidup dan telah benar-benar menggunakan sarana demokrasi dengan tepat dan benar. Hal semacam ini yang perlu kita pelihara dan kita pertahankan bersama, khususnya pada rapat-rapat apapun yang akan kita adakan untuk masa-masa mendatang.

Saudara saudara yang kami hormati,

Untuk menyingkat waktu, marilah upacara pelantikan para pengurus baru untuk periode … segera kita mulai dengan ucapan basmalah.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, kurang lebihnya kami mohon maaf.

Wassalamualaikum wr. Wb.

Contoh Pidato Keagamaan

contoh pidato agama

Berikut ini adalah contoh pidato singkat yang berkaitan dengan acara keagamaan seperti peringatan maulid nabi misalnya. Kurang lebih teks pidatonya seperti di bawah ini

Contoh Pidato Menyambut Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW


Kaum muslimin-muslimat yang saya hormati, dan khususnya para sesepuh, pinisepuh baik para ulama maupun dari pejabat pemerintah.
Pertam-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat bertemu di tempat yang berbahagia ini dalam rangka mendengarkan dan mengungkap kembali sejarah kehidupan Rasulullah SAW.

Selanjutnya, shalawat serta salam kita haturkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan terang bagi kita semua agar lebih dekat dengan Allah SWT.

Bapak-bapak Ibu-ibu, saudara sekalian hadirin dan hadirat yang saya mulyakan.

Bulan Rabiul Awwal adalah suatu bulan yang sangat bersejarah di dalam kehidupan manusia khususnya umat islam. Karena pada bulan ini atau tepatnya pada tanggal 12 Rabiul Awwal tahun gajah telah dilahirkan seorang pemimpin umat manusia yang merupakan rahmat bagi seluruh alam semesta. Beliau itu adalah junjungan kita dari kekafiran, kezaliman, kesewenang-wenangan dan perilaku jahiliyah lainnya. Melalui beliau Allah menunjukkan manusia menuju alam yang penuh dengan cahaya keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika bulan Rabiul Awwal itu kita jadikan sebagai sarana dan media untuk mengumpulkan kaum muslimin di masjid-masjid, majelis taklim dan tempat-tempat lainnya dengan beberapa tujuan diantaranya:

1. Menanamkan, memupuk dan menambah rasa Mahabbah atau kecintaan kita kepada Rasulullah SAW.
Tujuan tersebut dikarenakan Rasulullah SAW adalah penyampai risalah Rabbnya. Allah telah mensejajarkan dan menempatkan secara bersama-sama antara ketaatan kita kepada-Nya dan kepada Rasul-Nya. Sedang Nabi SAW lebih utama dari kita, sebagaimana yang difirmankan Allah SWT dalam surat Al-Ahzab ayat 6

Artinya: “Nabi itu lebih utama bagi orang-orang yang beriman dari diri mereka sendiri.”

2. Untuk mengungkap kembali sejarah kehidupan Rasulullah SAW kemudian untuk diteladani.
Bapak-bapak, Ibu-ibu, saudara-saudara dan hadirin hadirat sekalian yang dimuliyakan Allah SWT. Dengan peringatan kelahiran Rasulullah SAW ini kita dapat mengungkap kembali sebagian dari kehidupan Rasulullah SAW dan jihad perjuangannya di dalam menegakkan agama Islam. Selanjutnya mutiara-mutiara sejarah kehidupan Rasulullah SAW ini dapat kita jadikan pelita obor jihad perjuangan kita di masa kini.

Dalam menyambut dan memperingati mauled Nabi Muhammad SAW, marilah kita telusuri dan kita hayati perilaku hidup Rasulullah SAW, yang selanjutnya mari kita jadikan acuan di dalam berjuang di jalan Allah SWT dan di dalam aktivitas kita sehari-hari. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Al-Ahzab ayat 21

Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu contoh teladan yang baik bagimu, ialah bagi orang yang mengharapkan rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan ia banyak menyebut akan Allah (Q.S. Al-Ahzab: 21)

Dengan kelahiran beliau, kita umat manusia seluruh dunia mendapat rahmat yang tidak terhingga, yakni berupa cahaya iman dan hidayah yang dapat menembus kegelapan jahiliyah. Allah SWT berfirman dalam Q.S A-Anbiyaa’ ayat 107

Artinya: “Dan tidaklah kami mengutus engkau wahai Muhammad, melainkan menjadi rahmat bagi semesta alam.”

Kaum muslimin muslimat yang saya hormati,

Kalau kita baca secara teliti buku-buku sejarah, niscaya kita akan mengetahui adanya suatu perubahan yang nyata di dalam keadaan dunia sebelum diutusnya Nabi Muhammad SAW. Bila dibandingkan dengan keadaan dunia sesudah beliau diutus sebagai Nabi dan Rasul, minimal ada tiga perubahan yang sangat penting, yaitu:

1. Perubahan di bidang akidah
Sebelum Muhammad SAW, diutus sebagai Nabi dan Rasul, umat manusia pada umumnya dan bangsa Arab pada khususnya adalah penyembah patung, berhala dan lainnya yang dianggap mempunyai kelebihan dan kekuatan, bahkan lucunya lagi, mereka menyembah berhala yang mereka buat sendiri. Kemudian Nabi Muhammad SAW datang menghancurkan kepercayaan tersebut dan menyadarkan manusia bahwa patung-patung yang mereka sembah itu tiada lain hanyalah benda-benda mati yang tidak akan bisa memberikan manfaat kepada mereka ataupun mendatangkan bahaya yang menghancurkan mereka. Hanya Allah-lah satu-satunya yang menciptakan dan memelihara alam semesta dan seisinya. Hanya Allah-lah yang patut ditakuti, dimintai rizeki, dan segala bentuk pertolongan yang lainnya.

2. Perubahan di bidang social
Pada zaman jahiliyah (zaman sebelum diutusnya Rasulullah SAW), benar-benar telah terjadi ketidakadilan dan berbagai kepincangan di dalam masyarakat. Pada saat itu sangat menonjol sekali perbedaan ras, perbedaan kelas, yakni kelas tuan atau majikan dan kelas budak. Kelas budak diperlakukan bagaikan hewan, mereka dapat diperjualbelikan, diperas tenaganya, diinjak-injak martabatnya, sehingga mereka menjerit, menangis dan merintih, namun tidak ada yang menghiraukan ataupun melindunginya. Kemudian Rasulullah SAW datang mengubah segala kepincangan, ketidakadilan dan kebiadaban tersebut.

Beliau berdakwah kepada mereka bahwa manusia tidak ada bedanya antara satu dan lainnya, manusia mempunyai kedudukan yang sama di sisi Allah SWT. Kalaulah ada perbedaan, maka hal itu hanyalah diukur sesuai dengan tingkatan takwa mereka kepada Allah SWT. Beliau tanamkan di dalam diri mereka rasa persaudaraan, persamaan hak, perikemanusiaan dan perikeadilan social.

3. Perubahan di bidang politik dan ketatanegaraan
Pada masa jahiliyah sangat sulit mencari kebenaran dan keadilan, kehidupan di bidang politik betul-betul sangat mengkhawatirkan. Segala keputusan atau ketentuan hukum tidak didasarkan pada kebenaran atau hak, akan tetapi didasarkan pada kekuatan dan kekuasaan. Yang kuat dan berkuasa akan menindas yang lemah. Oleh sebab itu, setiap kabilah pada saat itu selalu berusaha untuk memperkuat posisinya, berusaha agar kabilahnya dapat menjadi semakian kuat dan semakin berkuasa dengan cara apapun juga, tanpa memperhatikan halal dan haram.

Begitu Muhammad SAW datang, maka diubahlah semuanya itu dengan sistem demokrasi, keadilan dan kebersamaan serta kebebasan. Segala perundang-undangan harus bersumber kepada wahyu Allah. Adapun yang belum ditentukan di dalam wahyu, maka akan dimusyawarahkan bersama. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S Asyuura ayat 38

Artinya: “ … sedang urusan mereka (diputuskan dengan musyawarah antara mereka.”

Sebagai penutup, saya mengharapkan mudah-mudahan dengan peringatan mauled Nabi Muhammad ini dapat menambah iman kita kepada Allah dan Rasul-Nya, mencintainya, dan membawa perubahan-perubahan positif di dalam segala bidang kehidupan kita, Amiin.

Wassalamualaikum Wr. Wb. 


Baca juga Contoh Pidato untuk Acara Keagamaan lainnya:
  1. Contoh Pidato Menyambut Tahun Baru Hijriah
  2. Contoh Teks Pidato Singkat tentang Amal Soleh 
  3. Contoh Pidato tentang Tolong Menolong Dalam Kebaikan 

Contoh Pidato untuk Acara Peringatan Hari hari Besar Nasional

Dalam setiap acara Hari Besar Nasional tentu setiap kepala instansi akan menyampaikan pidato ataupun sambutan.

Selain sebagai acara peringatan, biasanya pada kesempatan itu kepala instansi tersebut mencoba memaparkan kemajuan lembaga yang telah dipimpinnya.

Kurang lebih seperti ini contoh pidato singkat untuk menyambut hari besar nasional

Contoh Pidato Menyambut Hari Koperasi


Assalamualaikum Wr. Wb.

Saudara-saudara sekalian yang kami hormati.

Dengan mengucapkan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang atas rahmat dan hidayah-Nya yang diberikan kepada kita semua, sehingga kita dapat bertemu dan bertatap muka pada forum ini, yang mana tidak lain adalah untuk memperingati Hari Koperasi.

Ide Koperasi sudah lama muncul di Indonesia. Perumusan pasal 33 UUD 1945 tampak diwarnai dengan semangat para pemimpin pada waktu itu untuk menjadikan koperasi sebagai pilar utama perekonomian Indonesia.

Dewasa ini pemerintah telah menciptakan kesempatan yang cukup maksimal untuk pengembangan koperasi. Demikian besar dana, waktu dan perhatian yang telah dicurahkan untuk terciptanya kesempatan itu. Dan koperasi telah berkembang pesat. Orang bisa beranggapan sekarang ini, bahwa mendirikan koperasi adalah hal yang tidak sulit. Apalagi mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

Saudara-saudara sekalian yang kami hormati.

Terlepas dari hal tersebut di atas, yang penting bagi kita, terutama saudara-saudara yang sedang menangani koperasi maupun para pengurus koperasi serta anggota-anggotanya, dituntut untuk memiliki kesadaran dan solidaritas yang mantap serta kejujuran, sebagai sikap mental dan moral yang diperlukan bagi setiap penyelenggara koperasi yang baik.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana agar koperasi dapat dikelola secara professional oleh tenaga-tenaga terampil yang terdidik. Secara kualitatif kemampuan pengurus perlu ditingkatkan, terutama kemampuan manajemen, administrasi pengorganisasian usaha. Mereka harus cukup professional, di samping juga dibutuhkan kader-kader yang dedikatif dan professional yang akan berimplikasi terhadap produktifitas kerja.

Dengan profesionalisme yang tetap memperhatikan asas kekeluargaan, koperasi bisa cukup tangguh menghadapi suasana free fight competition dan akan menjadi wahana yang tangguh bagi golongan ekonomi lemah dalam bersaing dengan perusahaan yang mengandalkan kekuatan modal.

Akhirnya, marilah kita berharap semoga kehidupan perkoperasian kita ini akan mengalami masa kejayaannya, dalam usaha ikut membangun perekonomian bangsa. Dan semoga Allah membantu dan menolong kita semua. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb

Itulah Beberapa Contoh Pidato Singkat yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga bermanfaat dan semoga menjadi Amal ibadah bagi kita semua. Amiin

Untuk salam pembuka, silahkan pilih variasi di contoh pembukaan pidato

Untuk acara keagamaan, silahkan pilih tema-temanya di contoh pidato tentang agama

Daftar pilihan contoh pidato berbagi macam keperluan acara

No comments for "10 Contoh Pidato Singkat Berbagai Macam Jenis Acara"