Pengertian Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik

Wawasan Edukasi – Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai pengertian motivasi belajar. Secar singkat, pengertian motivasi dapat diartikan sebagai kesadaran dalam diri peserta didik yang muncul tanpa adanya paksaan untuk mau melakukan kegiatan belajar. Motivasi itu sendiri ada banyak jenisnya, beberapa diantaranya adalah motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.

Pada artikel kali ini, Wawasan Edukasi mencoba memberikan pemaparan seputar apa itu motivasi intrinsik dan apa itu motivasi ekstrinsik.

A. Motivasi Intrinsik

Mpengertian motivasi intrinsik

otivasi Intriksik adalah motif-motif yang aktif dengan sendirinya dan tidak memerlukan dorongan dari luar, karena dalam diri setiap individu pada hakikatnya sudah memiliki dorongan dan kemauan untuk melakukan sesuatu. Terkadang yang menjadi permasalahan adalah kemauan itu akan muncul bila itu adalah kegiatan yang disukainya. Bila itu bukanlah yang disukainya, maka dorongan itu akan sulit sekali muncul sehingga membuat indivu malas melaksanakannya. Contohnya adalah belajar, hampir semua dari peserta didik menganggap belajar adalah hal yang membosankan. Sehingga kebanyakan dari mereka tidak melakukan kegiatan belajar, baik di rumah maupun di sekolah.

Perlu diketahui bahwa individu yang memiliki motivasi instrik cenderung akan memiliki tujuan untuk menjadi orang yang lebih sukses bila dibandingkan dengan individu yang tidak memiliki motivasi intrinsik. Orang terdidik bukanlah orang yang selalu panda dalam segala mata pelajaran di sekolah.

Sebagai contoh motivasi intrinsik, bila salah satu peserta didik yang sangat termotivasi untuk menjadi seorang pilot atau dokter, mereka pasti akan dengan sendirinya mencari segala hal pengetahuan mengenai bagaimana menjadi pilot yang baik dan dokter yang baik. Dengan demikian, peserta didik tersebut akan menjadi rajin dalam belajar. Karena bila tidak ada usaha untuk belajar, tentu mereka tidak akan mengetahui segala tentang dunia penerbangan dan dunia kedokteran.

Dorongan yang muncul dan menggerakkan setiap individu untuk menjadi sesuai yang dia inginkan bersumber dari kemauan dirinya menjadi apa yang telah dicita-citakannya. Sehingga pada dasarnya memang motivasi sumbernya adalah dari diri setiap individu itu sendiri.

Berikut ini adalah pengertian motivasi intriksi dari beberapa ahli

  1. Motivasi intrinsik  adalah motivasi yang terbentuk di dalam diri saat kita melakukan sesuatu tanpa adanya reward dari lingkungan. Kita secara sederhana menikmati suatu aktivitas tertentu atau memandangnya sebagai sebuah kesempatan untuk mengeksplorasi, belajar, atau mengaktualisasikan potensi diri yang kita miliki (Coon & Mitterer, 2010).
  2. Motivasi intrinsik mengacu pada alasan mengapa kita melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk kepuasan dan kenikmatan yang muncul dari dalam diri. Kita juga dapat mengatakan melakukan sesuatu tersebut muncul sebagai suatu keinginan dengan sendirinya dari dalam diri kita (Brown, 2007).
  3. Syaiful Bahri (2002:115) motivasi intrinsik yaitu motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak memerlukan rangsangan dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu.
  4. Siti Sumarni (2005) menyebutkan bahwa motivasi intrinsik adalah motivasi yang muncul dari dalam diri seseorang
  5. Sobry Sutikno (2007) mengartikan motivasi intrinsik sebagai motivasi yang timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri

B. Motivasi Ekstrinsik 

Motivasi Ekstrinsik merupakan motif-motif yang aktif danpengertian motivasi ekstrinsik berfungsinya karena adanya rangsangan dari luar.

Sebagai Contoh Motivasi Ekstrinsik adalah ketika besok akan digelar ujian nasional yang menentukan kelulusan setiap peserta didik. Bagi peserta didik yang ingin lulus, mereka pasti akan belajar dengan sungguh-sungguh. Atau karena akan ada kenaikan gaji, maka seorang karyawan akan selalu berusaha menjadi karyawan yang berprestasi. Itu semua karena ada faktor lain yang membuat dirinya menjadi lebih bergairah.

Jadi bisa dikatakan bahwa peserta didik rajin belajar bukan karena dirinya menginginkan kepandaian, melainkan hanya ingin dapat lulus ketika ujian berakhir. Pada umumnya yang seperti ini tidak akan bertahan lama dalam ingatan.

Bila dilihat dari tujuannya, motivasi ekstrinsik merupakan kegiatan peserta didik yang tidak memiliki esensi dari apa yang telah ia lakukan.

Oleh karena itu motivasi ekstrinsik dapat juga dikatakan sebagai bentuk motivasi yang di dalamnya aktivitas belajar di mulai dan di teruskan berdasarkan dorongan dari luar yang tidak secara mutlak  berkaitan dengan aktifitas belajar. (Sardiman, A.M, 2001)

Sedangkan Rosjidan, et al (2001:51) menganggap motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang tujuan-tujuannya terletak diluar pengetahuan, yakni tidak terkandung didalam perbuatan itu sendiri. Sobry Sutikno berpendapat bahwa motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang timbul akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena ajakan, suruhan atau paksaan dari orang lain sehingga dengan keadaan demikian seseorang mau melakukan sesuatu.

Pencarian Populer

  • motivasi intrinsik dan ekstrinsik

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *