Pengertian Biografi, Struktur Teks Biografi, dan Ciri-ciri Biografi

Pengertian biografi

 

Wawasan EdukasiPengertian biografi | Seringkali kita mencari tahu informasi-informasi mengenai idola atau tokoh yang sangat kita kagumi. Baik informasi pribadi maupun bagaimana tentang pendidikannya. Semua informasi dan detil megenai tokoh tersebut, bisa diartikan sebagai biografi, baik singkat maupun lengkap.

Berbicara mengenai biografi, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai penyusunan biografi. Untuk membantu tugas bahasa Indonesia kalian, yuk baca pelan-pelan mengenai pengertian, ciri, dan contoh biografi berikut ini.,

 

Pengertian Biografi

Biografi yang berasal dari bahasa Yunani, bios memiliki arti hidup dan graphien yang berarti tulis. Jika merujuk pada bahasa tersebut, bigrafi bisa diartikan sebagai tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang atau tokoh.

Biografi juga dapat diartikan sebagai riwayat hidup seseorang yang ditulis dalam sebuah buku. Biografi sendiri dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat saja, namun biografi tersebut dapat lebih dari 1 buku.

Biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya. Biografi panjang meliputi informasi-informasi yang bersifat penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.

Biografi merupakan sebuah buku yang menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang. Lewat biografi tersebut dapat ditemukan hubungan, keterangan arti dari sebuah tindakan tertentu atau sebuah misteri yang melingkupi hidup seseorang, dan juga merupakan sebuah penjelasan mengenai tindakan atau perilaku dalam hidupnya.

Biografi dapat bercerita mengenai kehidupan seorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Biografi seringkali bercerita mengenai tokoh sejarah, namun tak jarang juga mengenai orang yang masih hidup. Banyak biografi sekarang ini yang ditulis secara kronologis.

Biografi membutuhkan bahan-bahan utama serta bahan pendukung. Bahan utama dapat berupa benda-benda, misalnya buku harian, surat-surat, kliping koran, dan sebagainya. Bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku referensi, sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut dan sebagainya. Biografi adalah suatu kisah atau keterangan dari perjalanan kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan atau kisah nyata.

 

Ciri-ciri biografi

Ciri-ciri biografi

Berikut ciri-ciri biografi :

  1. Biografi memiliki struktur yang terdiri atas : orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.
  2. Biografi memuat berdasarkan informasi fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.
  3. Faktualnya (fakta) berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.

 

4 hal yang harus di cermati dalam teks biografi, yaitu :

  1. Judul biografi
  2. Hal yang menarik serta mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
  3. Kisah yang mengagumkan serta mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
  4. Perilaku atau kebiasaan yang dapat di contoh atau diteladani dari kehidupan tokoh.

 

Struktur teks biografi

 

Struktur teks biografi

Berikut struktur teks biografi yang terdiri dari orientasi, peristiwa dan masalah, reorientasi.

Orientasi

Orientasi merupakan bagian dimana menjelaskan tentang pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.

 

Peristiwa dan Masalah

Bagian peristiwa atau kejadian merupakan bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami, termasuk didalamnya memuat tentang masalah yang pernah dihadapinya dalam mencapai tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga diuraikan dalam bagian ini.

 

Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian penutup. Bagian ini berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bagian ini boleh ada atau tidak.

Itulah pengertian biografi, ciri-ciri biografi, dan struktur teks biografi.

 

Jenis-jenis Biografi

Berdasarkan sisi penulis

  1. Autobiografi, merupakan riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut. Autobiografi atau riwayat hidup seringkali kita temui pada skripsi, tesis, dan juga buku cetak.
  2. Biografi, adalah susunan kalimat yang berisi tentang kisah maupun cerita dari tokoh besar. Tentang kehidupan pribadi, sekolah, percintaan, dan apa saja yang menarik. Biografi ditulis oleh orang lain.

 

Biografi berdasarkan izin penulisan dibagi menjadi dua:

  1. Authorized biography, sebuah biografi penulisnya memperoleh izin dari tokoh yang bersangkutan untuk menerbitkan biografi tokoh tersebut.
  2. Unauthorized biography,yang terbit atau ditulis tanpa sepengetahuan dan izin dari tokoh yang ada dalam biografi tersebut. Unauthorized biography terjadi karena tokoh tersebut telah wafat.

 

Berdasarkan isinya

Biografi perjalanan hidup, berisi sebuah perjalanan hidup lengkap seorang tokoh atau diambil dari bagian-bagian yang dianggap mempunyai kesan.

Biografi perjalanan karir, berisi sebuah perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini atau bisa juga perjalanan karir dalam mencapai sebuah kesuksesan tertentu.

 

Berdasarkan persoalan yang dibahas

Biografi politik, penulisan cerita hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Biografi semacam ini mendapatkan bahan dari kumpulan berbagai riset. Akan tetapi, biografi politik biasanya tidak lepas atau sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang minta untuk ditulis.

Biografi intelektual, biografi ini hampir sama dengan biografi politik, persamaannya yaitu kumpulan bahannya yang didapatkan dari berbagai riset. Namun, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.

Berdasarkan jurnalistik, sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita.

 

Berdasarkan penerbit

Buku sendiri, sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Penulisan biografi ini bertujuan untuk laku dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.

Buku subsidi, penulisan biografi tokoh yang biaya produksinya ditanggung oleh sponsor. Biasanya biografi seperti jika dilihat dari segi komersil tidak akan laku ataupun jika laku harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

 

Unsur Kebahasaan Biografi

Kata Hubung

Kata hubung merupakan kata yang berfungsi untuk menyambungkan antara satu kata dengan kata lainnya dalam suatu tulisan. Kata hubung juga digunakan untuk menghubungkan kalimat satu dengan kalimat yang lain.

Kata hubung yang berfungsi sebagai penghubung kata salam satu kalimat, dinamakan sebagai konjungsi intrakalimat. Contoh kata hubung yang dapat digunakan diantaranya: dan, tetapi, lalu, kemudian.

Bila kata hubung digunakan untuk menyambung antara kalimat, dinamakan sebagai konjungsi antar kalimat. Contoh kata yang dapat digunakan untuk menyambung dua kalimat yaitu: oleh karena itu, akan tetapi, meskipun demikian, tidak hanya itu.

Baca juga: Pengertian konjungsi

 

Rujukan Kata

Rujukan kata merupakan suatu kata yang merujuk pada kata lain yang telah diungkapkan sebelumnya pada tulisan tersebut. Kata rujuk sendiri dikategorikan menjadi beberapa bagian seperti berikut:

  1. Kata rujuk benda atau hal. Contoh : ini, itu, tersebut.
  2. Kata rujuk tempat. Contoh : disini, disana, disitu.
  3. Kata rujuk orang. Contoh : dia, ia, beliau, mereka, -nya.

Peristiwa, Waktu dan Tempat

Dalam sebuah teks biografi, kita akan sering menjumpai suatu kalimat atau kata yang menunjukkan peristiwa, wkatu dan juga tempat yang pernah dialami oleh tokoh. Jadi gunakanlah kata-kata yang benar-benar sesuai dengan peristiwa, waktu dan juga tempat pada masa tokoh alami.

Kata Kerja

Kata kerja merupakan suatu kata yang digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang dilakukan oleh tokoh. Kata kerja itu sendiri dibedakan menjadi dua macam, Yakni berdasarkan bentuk dan berdasarkan jenisnya.

Kata berdasarkan bentuk

1. Kata kerja dasar

Kata kerja dasar adalah kata kerja yang masih dalam bentuk aslinya, yang berarti kata kerja ini belum mengalami pengimbuhan baik awalan, akhiran ataupun sisipan.

Contoh : Adil, ambil, ajak

2. Kata kerja berimbuhan

Kata kerja berimbuhan merupakan kata kerja yang sudah mengalami penambahan, baik berupa awalan, akhiran, maupun sisipan.

Contoh :

Mengambil. Awalan = me + ambil (kata kerja dasar)
Mengadili. Awalan = meng + adil (kata kerja dasar) + i (akhiran)

 

Baca juga “Kalimat Efektif

 

Contoh Teks Biografi

Berikut ini adalah beberapa contoh biografi singkat dari beberapa tokoh

 

Contoh Biografi Nabi Muhammad SAW

Biodata Nabi Muhammad SAW.

Nama : Muhammad bin Abdullah
Dikenal : Nabi Muhammad SAW, Rasulullah SAW
Lahir : Mekkah, Arab Saudi, Senin, 12 Rabiul Awal 570 M
Wafat : Madinah, Arab Saudi, 8 Juni 632 M
Orang Tua : Abdullah (ayah), Siti Aminah (ibu)

 

Biografi Singkat Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW berasal dari kabilah Quraisy, tepatnya keturunan Hasyim. Ayah beliau adalah Abdullah bin Abdul Muthalib, cucu Hasyim. Ibunda beliau adalah Aminah binti Wahb yang berasal dari keturunan Bani Zuhrah, salah satu kabilah Quraisy.

Nabi pamungkas para nabi lahir di bulan Rabi’ul Awal, tahun 570 Masehi di Mekkah menurut Caussin de Perceval dalam bukunya yang berjudul Essai sur l’Histoire des Arabes. Dan dengan kelahirannya itu, dunia menjadi terang-benderang.

Muhammad melewati masa kecil sebagai yatim piatu. Muhammad dibesarkan di bawah asuhan kakeknya Abdul Muthalib kemudian pamannya Abu Thalib. Beranjak remaja, Muhammad bekerja sebagai pedagang sehingga bertemu Khadijah yang pada akhirnya menjadi istrinya. Muhammad kadang-kadang mengasingkan diri ke gua sebuah bukit hingga bermalam-malam untuk merenung dan berdoa.

Pad usia ke-40, Muhammad didatangi Malaikat Jibril dan menerima wahyu pertama dari Allah. 3 tahun berselang,  Nabi Muhammad sudah memulai dakwahnya secara terbuka dan terang-terangan.

Nabi Muhammad menerima wahyu dari Allah SWT secara berangsur-angsur sampai menjelang kematiannya. Dalam penyebaran wahyu Allah, Nabi Muhammad mendapat berbagai macam tantangan dan rintangan khususnya dari kaum Quraisy.

Seiring penganiayaan yang terus berlanjut, Muhammad membenarkan beberapa pengikutnya hijrah ke Habsyah, sebelum Muhammad memulai misi hijrah ke Madinah pada tahun 622. Peristiwa hijrah menandai awal penanggalan Kalender Hijriah dalam Islam.

Di Madinah, Muhammad menyatukan suku-suku di bawah Piagam Madinah. Setelah delapan tahun bertahan atas serangan suku-suku Mekkah, Muhammad mengumpulkan 10.000 Muslim untuk mengepung Mekkah. Serangan tidak mendapat perlawanan berarti dan Muhammad mengambil alih kota dengan sedikit pertumpahan darah. Ia menghancurkan berhala-hala.

Pada tahun 632, beberapa bulan setelah kembali ke Madinah usai menjalani Haji Wada, Muhammad jatuh sakit dan wafat. Muhammad meninggalkan Semenanjung Arab yang telah bersatu dalam pemerintahan tunggal Islam dan sebagian besar telah menerima Islam.

Pada bulan Juni 632 M, dia mengalami sakit ketika tengah berada di rumah Maimunah namun kemudian meminta pindah ke rumah Aisyah. Setelah sebelumnya mengalami demam dan beberapa kali pingsan, dia meminta kepada Abu Bakar untuk menggantikannya mengimami jamaah. Diapun akhirnya meninggal dalam pangkuan Aisyah dan jenazahnya dikuburkan di rumah istrinya tersebut.

Itulah contoh singkat teks biografi tentang Nabi Muhammad SAW. Tentunya masih banyak lagi kisah yang belum tertuang di dalam tulisan tersebut. Bukan bermaksud apa-apa, hanya sekedar memberikan contoh mengenai teks biografi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *