Rumus Gerak Lurus Beraturan dan Berubah Beraturan

Wawasan Edukasi – Rumus Gerak Lurus Beraturan dan Berubah Beraturan. Gerak lurus adalah gerak suatu obyek dengan linatasan yang dilalui berupa garis lurus. Gerak semacam ini biasanya disebut sebagai gerak translasi beraturan. Dimana pada setiap rentanga waktu memiliki perpindahan yang besarnya sama.

Secara umum, gerak lurus dibedakan menjadi dua macam yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.

Gerak lurus beraturan
Gerak lurus beraturan (GLB) merupakan gerak yang objeknya memiliki kecepatan tetap karena tidak mengalami percepatan. Sehingga jarak yang ditempuh suatu benda bergerak lurus beraturan dapat ditentukan menggunakan persamaan kelajuan kali waktu. Ingat kenapa kelajuan? Baca lagi pada artikel Rumus kelajuan dan kecepatan rata-rata

    s = v ⋅ t

Dimana
    s = jarak tempuh (m)
    v = kecepatan (m/s)
    t = waktu (s)

Gerak lurus berubah beraturan
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) merupakan gerak lurus suatu benda atau obyek yang memiliki kecepatan berubah terhadap waktu. Semakin lama waktu tempuh maka semakin kencang laju dan kecepatan objek tersebut atau sebaliknya. Perubahan kecepatan ini disebabkan karena adanya percepatan pada obyek yang sedang melaju tersebut.

Karena benda memiliki percepatan, maka rumus yang digunakan untuk menghitung jarak tempuh tidak lagi menggunakan persamaan linier, melainkan menggunakan persamaan kuadratik seperti berikut ini.

    s = v0 ⋅ t + 1/2 a ⋅ t’ (note: tanda ‘ merupakan simbol kuadrat pada blog ini)

Dimana:
    v0 = kecepatan mula-mula (m/s)
    a = percepatan (m/s2)
    t = waktu (s)
    s = Jarak tempuh/perpindahan (m)

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *